E-Commerce & Marketplace Yang Compatible Dengan Smartphone

Halosis.co.id, Jakarta – Ramainya penggunaan smartphone di Indonesia membawa dampak positif di berbagai kategori bisnis, terutama bisnis online. Makanya ada banyak pemain e-commerce yang meluncurkan aplikasi mobile untuk menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna, dan juga menarik lebih banyak pendapatan.

Beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, OLX, Zalora, BukaLapak, Kaskus, Blibli, dan Elevenia awalnya hanya menyediakan layanan untuk desktop saja, hingga akhirnya membuat aplikasi mobile. Tapi sekarang ini ada beberapa marketplace yang justru memfokuskan diri untuk melayani konsumen di perangkat mobile, seperti:

Carousell

Setelah menerima pendanaan US$ 6 juta (sekitar Rp 78,9 miliar), startup asal Singapura ini memperluas bisnis mereka ke Indonesia pada bulan Desember 2014. Mereka terus berusaha untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengguna tanah air, seperti mengadakan event offline di mana penjual bisa memamerkan barang bekas mereka.

Shopee

Platform social commerce ini fokus melayani pelanggan lewat aplikasi mobile, baik perangkat Android dan iOS. Untuk menarik minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja menggunakan Shopee, startup milik perusahaan game ini memberlakukan bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

SaleStock

Dengan memiliki lebih dari enam ribu pilihan produk dengan harga murah sebagai andalannya, SaleStock berusaha menembus dominasi e-commerce besar di tanah air. Oleh sebab itu, mereka juga menghadirkan pengalaman berbelanja yang nyaman untuk mobile, serta menggunakan gaya komunikasi yang unik dengan memanggil konsumen mereka “sista”.

Lyke

 

Platform ini mengandalkan konsep social commerce, dan berhasil mendapatkan 30,000 transaksi setiap bulannya. Dengan prestasi tersebut, mereka berhasil mendapatkan investasi seri A senilai US$ 4 juta (atau sekitar Rp 53 miliar) pada bulan Agustus 2016 lalu.

Leave a Reply