Kompetisi Jualan Untuk SMK: Saya Jago Sales

Presiden Jokowi memberikan Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016 kepada Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk melaksanakan revitalisasi SMK guna meningkatkat kualitas dan daya saing SDM di Indonesia. Dalam rangka mendukung kebijakakan Presiden tersebut, Direktorat Pembinaan SMK bekerjasama dengan organisasi praktisi di bidang penjualan yaitu KOMISI (Komunitas Sales Indonesia) dan SDI (Sales Director Indonesia) dan didukung oleh Astra Otoparts, Aspira, Mobile One Technology, Jakarta Sales Academy, Innophoenix mengadakan kompetisi dengan mengusung tema “Astra SMK Sales Awards 2018” dengan slogan kegiatan “Saya Jago Sales”.

Dengan menggunakan tema kegiatan “Saya Jago Sales”, panitia berusaha memotivasi, mengedukasi, dan memfasilitasi siswa/i SMK supaya bisa lebih mengenal profesi sales dan tahu bagaimana cara menjual dengan benar sehingga peserta kegiatan ini bisa Jago Sales atau jago menjual produk dan jasa.

Berdasarkan data dari KOMISI dan SDI, saat ini ada ribuan perusahaan yang masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan lulusan SMK yang kompeten untuk bisa berjualan. Kesulitan ini terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah keraguan dari pihak industry tentang kualitas lulusan SMK di bidang pemasaran.

Program ini diharapkan untuk memberikan beberapa keuntungan bagi siswa/i SMK dan juga industri:

  • Siswa/i dapat membuktikan kompetensi yang dimiliki melalui kompetisi yang dilakukan secara real
  • Siswa/i bisa mendapatkan bimbingan langsung dari para praktisi penjualan yang akan berguna untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk masuk ke dunia kerja nantinya
  • Industri bisa mempekerjakan lulusan siswa/i yang siap bekerja dan lebih kompeten dalam menjual

Kegiatan ini bisa diikuti oleh SMK yang membukti Kompetensi Keahlian Pemasaran seluruh Indonesia dengan kriteria peserta adalah 5 siswa/i kelas XII secara berkelompok.

Diharapkan, kegiatan ini bisa mendapat sambutan baik dari para siswa/i SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah sehinga bisa menjadi ilmu dan pengalaman untuk terjun di dunia kerja yang nyata.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi https://www.sayajagosales.co.id/

Leave a Reply