Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Halosis.co.id, Jakarta – Dengan memiliki lebih dari 500 penjuta aktif setiap bulannya, Instagram merupakan tambang emas calon pelanggan. Percaya gak sih aplikasi ini baru beredar dari tahun 2010? Hanya kurang dari tujuh tahun saja, sekarang Instagram sudah menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan di dunia. Bahkan bisa dibilang Instagram sudah mengubah cara orang menggunakan gadget dikehidupan sehari-hari. Alasan terbesar untuk menggunakan Instagram untuk bisnis dikarenakan memiliki engagement yang mengalahkan media sosial lainnya.

Namun sayangnya pengguna Instagram biasanya tidak mendapatkan 70% posting dari akun yang mereka ikuti, jadi Anda tidak bisa bergantung pada upload foto yang banyak. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara meningkatkan penjualan di Instagram.

 

Buat Foto Yang Lebih Baik

Tentunya, di Instagram semuanya adalah tentang foto atau gambar, karena untuk itulah platform ini dibuat. Kalau Anda tidak member foto atau gambar dengan kualitas yang baik, maka ini adalah hal pertama yang harus Anda ubah. Sebenarnya Anda tidak harus menggunakan kamera profesional untuk mendapatkan gambar yang bagus, karena smartphone sekarang ini memiliki kualitas kamera yang lebih dari cukup. Beberapa tips penting yang bisa Anda coba adalah memilih tema untuk profil bisnis Anda, posting secara konsisten, ambil beberapa foto dan pilihyang terbaik, selain itu cobalah untuk menggunakan angle yang berbeda ketika mengambil foto.

 

Adakan Kontes

Kontes mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Paling tidak, hal ini bisa mendatangkan followers baru untuk Anda, pengenalan kepada brand, dan mendapat engagement yang tinggi. Ada beberapa jenis kontes yang bisa Anda coba: followers harus like atau comment dalam foto Anda, upload foto dengan hashtag tertentu, follow akun bisnis Anda, dll. Jika Anda bingung untuk membuat ide kontes, cobalah cari kontes yang dibuat oleh kompetitor Anda, dan jika mengadakan kontes dengan skala yang besar, gunakan bantuan content management supaya lebih mudah dilacak.

 

Gunakan Video atau Stories

Dengan adanya Instagram Stories, sekarang Anda bisa mengambil video dengan style Snapchat untuk dikirimkan kepada followers Anda. Berdasarkan riset dari Locowise, hanya 10.81% posting Instagram berformat video, namun posting tersebut mendapat 17.51% komentar! Beberapa tips yang bisa Anda coba adalah: seperti foto, ambillah video dengan penerangan yang baik, gunakan tripod jika diperlukan, ambil beberapa footage behind-the-scenes supaya followers merasa special, sebarkan foto atau video ketika produk Anda sedang digunakan terutama jika digunakan oleh pelanggan langsung.

 

Respon Komentar dari Followers

Ketika followers Anda memberi komentar, selalu balas komentar yang ada. Sebisa mungking balaslah dalam waktu kurang dari 24 jam, jika Anda membalas terlalu lama orang akan merasa tidak dianggap sebagai prioritas atau Anda tidak membaca komentar dari mereka. Namun, meski Anda membutuhkan waktu lama untuk membalas, lebih baik tetap membalas daripada tidak sama sekali.

 

Gunakan Hashtags

Berbeda dengan Twitter dan Facebook, yang dimana jika menggunakan lebih dari dua hashtags akan mengurangi engagement, di Instagram semakin banyak hashtags yang dipakai berarti lebih banyak engagement yang didapat! Kalau belum yakin dengan hashtags yang ingin digunakan, cobalah cari hashtags yang digunakan oleh kompetitor Anda.

 

Bertemanlah Dengan Influencers

Influencers merupakan salah satu cara untuk mendapatkan banyak followers dan meningkatkan penjualan di Instagram. Untuk bisnis baru dimana Anda belum bisa membayar influencer, coba tawarkan mereka produk gratis dan diskon untuk followers mereka. Dengan begitu Anda juga bisa tahu influencers yang tidak hanya memiliki banyak followers tapi juga memiliki engagement yang tinggi.

Leave a Reply