Tips Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Secara Organik

Halosis.co.id – Indonesia adalah negara keempat yang memiliki pengguna Instagram terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, Brazil, dan India. Tidak hanya digunakan sebagai berbagi konten foto atau video saja, tapi Instagram juga marak digunakan untuk berjualan online.

Bagi yang baru mulai membuat usaha online lewat Instagram, mendapatkan followers memang penting untuk menjangkau calon pelanggan, dan meningkatkan nilai kredibilitas toko online Anda. Makanya, tidak sedikit jalur pintas yang tersedia, seperti membeli followers Instagram. Kali ini, Halosis akan memberikan tips meningkatkan jumlah followers Instagram secara organik, tanpa perlu membeli atau melalukan metode follow-unfollow.

 

Posting konten berkualitas

Pengikut Anda akan unfollow jika konten yang Anda upload tidak menarik atau tidak berguna. Konten yang Anda share sebaiknya informatif, berguna, dan terlihat jelas. Perhatikanlah kualitas foto atau video yang Anda upload, termasuk caption yang Anda tulis. Jika ingin melakukan konten promosi, sebaiknya tidak terlalu terlihat seperti iklan.

Jika konten Anda berguna dan informatif, pengikut Anda juga dapat memberikan likes, komentar, bahkan membagikan konten Anda kepada orang lain.

 

Promosi ke teman

Promosikan akun Instagram Anda ke keluarga atau teman-teman, minta mereka untuk follow akun online shop Anda. Selain itu, Anda juga bisa minta dipromosikan supaya followers mereka dapat mengenal brand atau produk Anda.

Pakai Hashtag

Dalam satu posting, Anda bisa memasukkan maksimal 30 hashtag. Hashtag yang dibuat sebaiknya sesuai dengan bisnis atau produk yang Anda jual, sehingga orang lain dapat menelusuri hashtag yang Anda gunakan, jika relevan mereka juga dapat memfollow akun Anda jika tertarik dengan produk yang dijual.

Di artikel sebelumnya, Halosis juga pernah membahas mengenai hashtag paling populer untuk bisnis online, jadi jangan sampai kelewatan ya!

 

Posting di waktu yang tepat

Gunakan akun Instagram for Business supaya Anda bisa mengetahui insights, sehingga Anda bisa mengidentifikasi kapan waktu terbaik untuk upload konten. Dengan tingginya engagement like dan komentar pada konten Anda, akun online shop Anda juga berpeluang untuk muncuk di tab explore Instagram, yang bisa dilihat oleh orang lain yang belum menjadi pengikut di Instagram.

Kalau Anda belum menggunakan akun bisnis di Instagram Anda, coba pelajari alasan mengapa Anda harus beralih ke bisnis profil di Instagram.

 

Berikan like dan comment

Kunjungi beberapa akun setiap harinya, berikan likes dan comment, sehingga akun-akun tersebut akan penasaran dan mengecek balik akun online shop Anda. Namun, hindarilah meninggalkan komen spam yang tidak relevan karena komen spam tidak disukai orang.

 

Mengadakan giveaway

Salah satu cara cepat yang cukup efektif adalah dengan memberikan hadiah untuk kuis atau perlombaan di Instagram. Buat aturan bahwa peserta giveaway wajib mengikuti akun online shop Anda, melakukan repost, atau memberikan engagement seperti likes atau comment di akun Anda.

 

Berikut adalah cara meningkatkan jumlah followers Instagram secara organik yang bisa Anda coba untuk akun online shop Anda. Semoga jumlah pengikut Instagram Anda akan terus bertambah yang akan turut meningkatkan kredibilitas toko online.

Leave a Reply