Cara Sukses Menjalankan Kampanye Influencer Marketing (bagian 2)

Halosis.co.id, Jakarta – Setelah beberapa tips untuk menjalankan kampanye influencer marketing, berikut ini adalah beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan.

 

4. Buat daftar influencer dan lakukan riset

Ketika membuat daftar makro atau mikro influencer Anda, tempat terbaik untuk memulai dari target potensial yang sudah terlibat atau berbicara tentang merek atau produk Anda.

Untuk menemukan pengguna ini, Anda bisa menggunakan proses yang mudah namun membutuhkan waktu dengan cara mencari nama merek Anda, hashtag, atau saluran fungsi pencarian.

Unsur penting lainnya untuk membuat daftar influencer adalah membuat kriteria yang Anda gunakan untuk menentukan influencer mana yang paling tepat untuk bisnis Anda. Yang biasa dicari adalah nama, username, link sosial media, jumlah pengikut, beberapa kategori bagus untuk ditambahkan dalam daftar Anda dapat termasuk:

  • Nilai keterlibatan berdasarkan persentase pengikut, yang akan memberi Anda indikasi seberapa terlibat pengikut mereka. Untuk menghitung ini, pilih posting terbaru dan ambil jumlah like atau komentar dibagi dengan jumlah pengikut
  • Rentang topik yang mereka bahas untuk menentukan apakah merek Anda akan menjadi koneksi logis. Misalnya, jika Anda mengelola kampanye untuk merek kecantikan, Anda mungkin tidak akan menargetkan individu yang berfokus terutama pada makanan
  • Bagaimana followers mereka bereaksi terhadap konten bermerek. Apakah mereka menerima atau memberi tanggapan negatif? Sebaiknya bekerja dengan pemberi pengaruh yang memiliki hubungan baik dengan pengikut mereka

 

5. Cantumkan hal detail

Ketika menjangkau influencer, ada gunanya jika promosi Anda bukan interaksi pertama yang pernah mereka lakukan dengan Anda. Sangat baik untuk secara teratur terlibat dengan pemberi pengaruh untuk membangun dan menjaga hubungan, sementara juga mencatat data influencer, sehingga ketika Anda siap dengan peluang konten, Anda akan tahu persis siapa yang harus ditargetkan dan bahwa mereka siap untuk ambil bagian.

Anda bisa melakukan pendekatan pertama melalui Direct Message Instagram, namun akan lebih baik jika dikirimkan melalui email.

Satu ukuran tidak bisa digunakan dengan seua influencer, jadi cobalahuntuk menyesuaikan suara supaya sesuai dengan pasar yang Anda targetkan. Gunakan nama influencer tersebut, sebutkan posting sebelumnya yang Anda sukai, dan mengapa Anda berpikir bahwa kerja sama ini sangat cocok untuk mereka dan followers mereka.

Penting untuk memastikan semua detail jelas dari awal. Anda tidak ingin influencer memposting terlalu awal, atau tidak menyertakan fakta yang benar. Oleh karena itu, hal-hal utama untuk disebutkan di lapangan Anda meliputi:

  • Hashtag kampanye dan username merek untuk disertakan dalam postingan: Ini penting untuk pemantauan / pengukuran, tetapi juga brand awareness
  • Tanggal kampanye: Kapan mereka dapat mulai memposting, kapan harus memposting
  • Pesan-pesan utama: Apa fakta utama tentang produk / layanan Anda yang ingin Anda sampaikan?
    Seperti apa tampilan konten Anda: Menawarkan beberapa pilihan di sini adalah penting, karena Anda tidak ingin semua konten influencer terlihat sama persis
  • Pembayaran: Seperti yang disebutkan di atas, kecuali Anda mendekati makro-influencer, kami sarankan untuk menunda kecuali mereka bertanya secara spesifik

Ketika Anda mulai mengkonfirmasi influencer yang tertarik, Anda dapat kembali ke daftar influencer Anda untuk mendokumentasikan proses: siapa yang telah mengonfirmasi, alamat mereka (jika diperlukan) untuk mengirimkan produk dan paket, hasil posting, dll.

Menjalankan kampanye pemasaran influencer dapat menjadi bagian yang sangat sukses dari setiap kampanye pemasaran digital. Bagian tersulit adalah mencari waktu untuk berinvestasi untuk menemukan influencer yang tepat untuk kampanye Anda, pastikan penawaran Anda kreatif dan dipesan lebih dahulu, buat dan kelola daftar influencer komprehensif untuk memastikan kampanye berjalan lancar dan, jika Anda bisa, terus terlibat dengan influencer tersebut secara terus-menerus sehingga merek Anda terus menuai manfaatnya.

Semoga tips-tips berikut bisa membantu Anda untuk menjalankan kampanye influencer! Selamat mencoba!

Leave a Reply