Cara Sukses Jual Barang Online

Halosis.co.id, Jakarta – Dulu memang tidak banyak yang menjalankan bisnis online karena mengira prospeknya sempit dan tidak memiliki masa depan, padahal kalau serius dijalankan bisnis online bisa memberi penghasilan yang lumayan. Tapi untuk bisa sukses untuk jual barang secara online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

 

Fokus dengan Produk Unggulan

Supaya Anda dan pelanggan tidak bingung dengan barang jualan, fokuslah pada satu kategori produk saja. Jika Anda berjualan baju wanita, janganlah dicampur dengan tas, aksesoris, baju anak, atau makanan yang sama sekali tidak ada hubunganya dengan baju.

 

Kuasai Semua Informasi Produk

Ketika menjual produk, tentunya Anda harus tahu semua informasi mengenai produk. Jika Anda menjual makanan, maka Anda wajib mencoba semua makanan yang dijual. Kalau berjualan gadget, Anda perlu tahu apa keunggulan dan perbedaan masing-masing produk. Sehingga jika ada pelanggan yang bertanya, Anda bisa menjawab pertanyaan dengan lancar.

 

Gunakan Produk Sendiri

Jika Anda menjual makanan tapi tidak suka dengan rasa makanan tersebut, bagaimana dengan pelanggan? Apabila Anda menjual baju fashion namun tidak fashionable, produk Anda tidak akan dipercaya oleh pelanggan. Tonjolkanlah produk Anda dengan menggunakannya sendiri.

 

Tonjolkan Keunggulan Produk

 

Buatlah broadcast message supaya pelanggan lebih mengenal produk Anda, tapi jangan tulis terlalu panjang karena orang akan malas membacanya. Sebisa mungkin, buatlah broadcast yang singkat dengan menuliskan beberapa keunggulan produk.

 

Kumpulkan Testimoni Pelanggan

Supaya makin terpercaya, kumpulkanlah foto dan testimoni pelanggan, jangan lupa untuk menambahkan watermark dengan nama toko supaya tidak terlihat seperti testimoni curian atau malah dicuri online shop lain.

 

Terima Masukan

Ada beberapa online shop yang tidak menerima saat dikritik, malah ada juga yang menyalahkan pelanggan. Tindakan terbaik saat dikritik adalah menjawab dengan cara damai, karena bagaimanapun itu penting untuk kemajuan bisnis online Anda.

 

Jangan Memaksa Pelanggan Untuk Membeli Produk

Tidak ada yang menyukai penjual yang memaksa pembeli untuk membeli produk, nanti produk Anda malah dikira tidak laku. Daripada memaksa, gunakan teknik mendesak secara perlahan dan implisit. Sehingga pelanggan bisa sedikit cemas dan cepat menyelesaikan pesanan, dengan teknik ini akan terlihat bahwa produk Anda sangat disukai dan cepat habis.

 

Bekerjasama Dengan Online Shop Lain

Berkolaborasi dengan penjual lain juga bisa dilakukan dengan cara saling mempromosikan satu sama lain.

 

Selalu Promosi

Kalau belum ramai pembeli, jangan mudah menyerah, tingkatkanlah promosi supaya orang tahu bahwa online shop Anda terpercaya.

Leave a Reply