Cara Edit Foto Jualan di Instagram

Halosis.co.id, Jakarta – Untuk pemilik toko online, kepercayaan pelanggan adalah kunci utama kesuksesan, jika pelanggan memiliki kepercayaan akan produk yang dijual, maka tidak ada lagi keraguan untuk membeli produk yang dijual online shop. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, pemilik online shop harus melakukan berbagai macam cara, salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik. Namun selain itu, ternyata konten di akun online shop juga sangat berpengaruh, salah satu hal yang paling diperhatikan oleh konsumen adalah foto, oleh sebab itu keahlian dalam mengedit foto juga sangat dibutuhkan dalam bisnis online.

Sebenarnya mengambil gambar yang bagus tidak diharuskan untuk menggunakan kamera DSLR yang mahal, bahkan menggunakan smartphone saja sudah cukup, hanya saja karena Instagram adalah platform yang sangat visual, harus dipastikan untuk mengunggah gambar bagus dan tidak sembarangan. Berikut ini adalah tips yang harus diperhatikan jika Anda fot menggunakan smartphone:

 

Cahaya

Karena kamera smartphone Anda tidak sesensitif kamera DSLR, maka diperlukan sumber cahaya yang cukup terang ketika memfoto produk, usahakan untuk menggunakan cahaya matahari yang alami karena hasilnya akan lebih bagus dibandingkan memakai cahaya lampu.

 

Hindari Zoom

Zoom yang berlebihan akan membuat hasil foto menjadi tidak tajam dan akan menurutnkan resolusi foto. Dibandingkan zoom, lebih baik ambil foto dari jarak dekat. Jangan lupa untuk menyisakan ruang kosong di bagian sisi produk apabila foto butuh dipotong nantinya.

 

Styling

Sebelum memulai styling, tentukanlah tema foto, siapkan properti sesuai tema yang diinginkan dan tentukan angle yang akan digunakan

 

Stabilitas

Peganglah smartphone dengan stabil, jika memungkinkan gunakan tripod

 

Beberapa aplikasi gratis untuk edit foto

Snapseed

Tune Image: fungsinya untuk menambah atau mengurangi brightness, contrast, saturation, ambience, shadows, highlight, dan warm foto secara keseluruhan

Selective: menambah atau mengurangi brightness, saturation dan contrast dari bagian foto yang diinginkan mulai dari -100 sampai dengan +100. Ukuran yang akan diedit juga bisa disesuaikan.

 

Brush: memiliki fungsi yang hampir sama dengan Selective, namun pengaplikasiannya dengan cara mengusap bagian yang akan diedit dan pilihan edit sudah dibatasi, contoh: untuk exposure hanya ada pilihan -1, -0.7, -0.3, 0.3, 0.7, dan 1.

Healing: fungsinya menutup spot yang tidak diinginkan, misalnya pada background papan kayu ada noda cat, maka noda cat bisa dihilangkan dengan menarik bagian warna papan yang gelap ke noda cat tersebut.

 

VSCO Cam

Sharpen: menambah ketajaman pada foto

Vignette: membuat efek lebih gelap atau terang di bagian tepi foto sehingga memberikan penekanan pada produk yang ditampilkan

Leave a Reply