Tarif Endorse di Instagram

Halosis.co.id, Jakarta – Endorse memang lagi hits banget belakangan ini di Instagram, tidak hanya melibatkan perusahaan besar atau figur terkenal, tapi banyak juga onlineshop yang baru berkembang dan ‘orang-orang biasa’ yang memiliki banyak followers di akun sosial medianya. Sebenarnya, berapa sih tarif endorse?

Tarif endorse sebenarnya beragam, mulai dari Rp 50,000 hingga puluhan atau ratusan juta rupiah tergantung dari figure atau akun yang di-endorse dan juga jenis produk atau jasa yang dipromosikan. Terkadang ada juga endorse yang bentuknya hanya barter dengan barang, biasanya dilakukan oleh pemula yang followers-nya belum terlalu banyak.

Paid promote (akun melakukan posting gambar atau materi yang telah disediakan oleh pihak brand) tarifnya lebih murah dibandingkan paid endorse (akun menggunakan atau memfoto produk kemudian posting di Instagram).

Pada umumnya posting endorse, terutama paid promote, memiliki batas waktu. Jadi setelah beberapa hari atau beberapa minggu, postinan akan dihapus.

Ada beberapa selebgram yang melakukan kerjasama dengan bantuan agency, dan ada juga yang milih untuk berhubungan langsung dengan brand.

Untuk kalangan selebriti, kabarnya tarif endorse Aurel Hermansyah bisa mencapai 3 jutaan per posting, Audi Marissa memiliki tarif 2 jutan, sedangkan Widi “VIerratale” 800 ribuan.

Sementara Sharena Delon, pemain FTV sekaligus selebgram memasang harga antara 2 hingga 3,5 juta untuk sekali paid endorse di akun pribadinya. Beberapa selebgram dan fashion blogger mematok harga 200 hingga 500 ribu per posting.

(Tarif setiap selebgram bisa berubah, tergantung penambahan followers, situasi dan kondisi.)

Bagaimana, mulai tertarik untuk meng-endorse di Instagram?

Leave a Reply