Cara Membuat Iklan di Instagram Stories

Halosis.co.id, Jakarta – Apakah Anda beriklan di Instagram? Tahukah Anda kalau Anda bisa beriklan di Instagram lewat Instagram Stories? Iklan Instagram Stories muncul di antara Stories lainnya dan mengambil layar penuh, sehingga pengalaman menonton pun jadi berbeda. Dalam artikel ini, Anda akan dipandu untuk membuat iklan di Instagram Stories.

 

Apa itu Instagram Stories?

Instagram meluncurkan iklan layar penuh untuk Instagram Stories untuk 30 merek tertentu pada Januari 2017 lalu, dan sekarang jenis iklan Instagram Stories digunakan ke semua bisnis secara global.

Iklan Instagram Stories adalah jenis iklan pertama yang menampilkan iklan secara visual dalam layar penuh 9:16. Iklan akan muncul di antara Stories lain dalam transisi dan tanpa batas, dengan ditandai label “Sponsored”. Pengiklan dapat menyertakan satu foto atau video berdurasi 15 detik. Anda bisa menambahkan link pada iklan tersebut.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika meluncurkan iklan Instagram Stories:

1. Rencanakan Desain Iklan Anda

Pengguna memiliki pilihan untuk melewati iklan Instagram Stories, sehingga foto atau video yang Anda gunakan untuk iklan harus dapat segera menarik perhatian. Untuk mendesain iklan, Anda bisa bekerja sama dengan desainer profesional atau biro iklan yang memang memahami iklan Instagram Stories, atau Anda bisa menggunakan alat desain visual utuk membuat iklan sendiri.

Pastikan Anda menggunakan gambar berkualitas tinggi, kemudian tulis teks sederhana namun bermakna di atas gambar atau video. Iklan gambar tidak akan berlangsung lebih dari 10 detik, sehingga pesan yang Anda buat harus mudah dimengerti.

Facebook merekomendasikan untuk menggunakan gambar berukuran 1080 x 1920 dengan rasio aspek 9:16. Jika Anda mau menggunakan video, pastikan format video dalam .MOV, .MP4, atau .GIF dan durasinya tidak lebih dari 15 detik. Ukuran video bisa mencapai hingga 2,3 GB dengan resolusi minimal 720p.

 

2. Buat Iklan Anda

Anda bisa menggunakan Facebook Ads Manager atau Power Editor untuk membuat iklan Instagram Stories. Jika sebelumnya Anda belum pernah iklan lewat Instagram, Anda perlu menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook Anda.

Ketika membuat iklan, langkah pertama adalah memilih tujuan iklan, seperti jangkauan, klik situs web, konversi web, dll.

Anda dapat menggunakan Pengelola Iklan Facebook atau Power Editor untuk membuat iklan Cerita Instagram Anda. Jika sebelumnya Anda belum beriklan di Instagram, pertama-tama Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda.

Ketika Anda membuat iklan Anda, langkah pertama adalah memilih tujuan untuk kampanye Anda. Saat ini, Jangkauan adalah satu-satunya sasaran yang dapat Anda pilih untuk jenis kampanye ini. Namun, Facebook mengatakan bahwa dalam waktu dekat, tujuan lain akan tersedia seperti Klik Situs Web, Konversi Web, Pemasangan Aplikasi Seluler, dan banyak lagi.

Kemudian tentukan audiens untuk iklan Anda, lalu atur biaya dan jadwal tayang. Pilih format iklan yang ingin digunakan, bisa berupa foto atau video, kemudian upload file iklan. Setelahnya, Anda bisa review kembali contoh iklan yang akan ditayangkan, dan Anda sudah siap untuk meluncurkan iklan Instagram Stories!

 

Dengan menggunakan Instagram, Anda bisa mempromosikan bisnis online dengan berbagai pilihan periklanan, mulai dari iklan foto, iklan video, iklan carousel, dan iklan Stories. Stories adalah cara yang bagus meningkatkan branding dan menambah engagement. Apakah Anda akan mencoba menggunakan iklan Instagram Stories untuk online shop Anda?

Leave a Reply