4 Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Online

Halosis.co.id – Kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk mempertahankan pelanggan. Menurut Livework Studio96% pelanggan yang merasa tidak puas tidak memberikan keluhan, namun 91% dari mereka akan pergi dan tidak pernah kembali. Jika Anda tidak mengukur tingkat kepuasan pelanggan, Anda tidak akan tahu cara untuk meningkatkannya.

Mengukur kepuasan pelanggan tidak semudah mengukur arus pendapatan atau pengunjung website, sehingga agak sulit untuk menetapkan sasaran yang jelas. Namun, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan online Anda:

 

1. Survei

Metode yang telah teruji untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan membuat survei online. Tanyakan hal-hal yang sangat penting mengenai pengalaman mereka saat menggunakan produk dan mendapatkan layanan Anda. Minta pelanggan untuk menjawab dengan jujur supaya hasil survei bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kelebihan: Dengan mengadakan survei, Anda bisa menanyakan pertanyaan detail mengenai hal-hal yang Anda khawatirkan. Anda juga bisa menawarkan insentif untuk pelanggan yang mengisi survei.

Kekurangan: Karena kebanyakan survei online diberikan insentif, terkadang motif pelanggan jadi terpengaruh, sehingga pelanggan asal mengisi dengan cepat tanpa banyak berpikir.

 

2. Loyalitas

Jika pelanggan melakukan beberapa pembelian dalam jangka waktu yang wajar, mudah untuk menduga bahwa mereka puas. Buatlah analitik mengenai pembelian rata-rata pelanggan.

Kelebihan: Sumber data yang bisa dipercaya.

Kekurangan: Jika Anda belum memiliki laporan yang dibuat, Anda perlu membuat analisis Key Performance Indicator (KPI).

 

3. Pemantauan Sosial Media

Media sosial memiliki dampak yang sangat besar pada hubungan antara bisnis dan pelanggan. Pelanggan dapat membagikan pengalaman belanja online mereka, entah baik atau buruk lewat social media mereka, mereka mengutarakan pengalaman kepada keluarga dan teman, bahkan hal ini juga memiliki potensi untuk menjangkau jutaan orang.

Karena itu, sosial media adalah tempat yang sempurna untuk mendengar apa yang sebenarnya pelanggan pikirkan tentang produk atau bisnis Anda.

Kelebihan: Lihat pendapat pelanggan tentang merek dan produk Anda di social media atau blog ketika mereka tidak diminta.

Kekurangan: Harus melakukan pengecekan secara berkala.

 

4. Review

Anda perlu memantau review online yang ditulis customer di website, toko online, atau sosial media bisnis Anda seperti Facebook atau Instagram.

Kelebihan: Lihat semua ulasan Anda di satu tempat. Sortir review dengan mudah, baik yang positif atau negatif. Anda dapat memahami apa yang dirasakan customer, sehingga dapat memprediksi penjualan dalam waktu dekat.

Kekurangan: Harus melakukan pengecekan secara berkala.

 

Semoga cara-cara di atas bisa langsung diaplikasikan ke bisnis online Anda supaya bisa melayani customer dengan lebih baik lagi. Gunakan HaloAdmin untuk bantuan pelayanan customer lewat jasa admin online.

Leave a Reply