4 Tips Jitu Biar Pelanggan Kasih Testimoni Positif

Halosis.co.id, Jakarta – Testimoni adalah salah satu hal penting dalam menjaga reputasi sebuah toko online. Namun sebenarnya testimoni tidak hanya bisa dijadikan tolak ukur kepuasan pelanggan, tapi juga bahan evaluasi untuk toko online-mu. Dengan adanya testimoni, kamu dapat memperbaiki apa saja kekurangan toko online-mu yang mungkin selama ini tidak disadari. Melalui kacamata pelanggan, kamu bisa menjadikan toko online-mu semakin lebih baik lagi.

Selain itu, testimoni juga bisa dijadikan sebagai alat promosi lho. Jika kamu ingin menarik kepercayaan calon pelanggan, kamu bisa menggunakan testimoni positif dari pelanggan sebagai alat promosi. Biasanya, calon pelanggan akan lebih percaya saat melihat testimonial langsung dari pelanggan lain, karena ada bukti nyata orang yang sudah menggunakan atau membeli produkmu.

Testimoni tersebut biasanya bisa didapat karena keinginan pelanggan memberikan testimoni, atau bisa juga karena kita memintanya. Ada banyak faktor yang membuat pelanggan mau memberikan testimoni untuk sebuah produk atau toko online. Nah, biar pelanggan toko online-mu mau memberikan testimoni yang positif, yuk, simak tipsnya di bawah ini.


1. Meminta Testimoni Secara Langsung dari Pelanggan

Tidak semua pelanggan mau memberikan testimoni, meskipun bukan karena mereka tidak puas akan produkmu. Bisa saja pelanggan tidak memberikan testimoni karena lupa. Itu sebabnya, tidak ada salahnya untuk meminta testimoni secara langsung kepada pelanggan. Namun jangan lupa untuk bersikap ramah dan menggunakanlah bahasa yang baik saat meminta testimoni.

Kamu bisa memulai percakapan dengan menanyakan pada pelanggan, apakah mereka sudah menerima barang yang dipesan dengan baik. Lalu, setelahnya kamu bisa mulai masuk untuk menanyakan tanggapan mereka mengenai produkmu. Kamu bisa meminta saran juga kepada pelanggan, kira-kira menurut mereka hal apa yang perlu diperbaiki, apakah kualitas barang, atau cara pengemasan, atau bahkan pelayanan toko online-mu.

Meskipun kamu tidak bisa mendapatkan testimoni yang sepenuhnya positif, tetapi kamu setidaknya bisa memperbaiki kekurangan toko online-mu. Lebih baik lagi, jika pelanggan memberikan testimoni yang positif, tetaplah pertahankan hal-hal tersebut, karena pelanggan puas berbelanja di toko online-mu.


2. Pastikan Sudah Memberikan Pelayanan Terbaik

Agar mendapat testimoni positif dari pelanggan, perhatikanlah bagaimana pelayananmu terhadap pelanggan. Jika pelayananmu sudah baik, maka pelanggan pun akan merasakannya dan senang dengan hal tersebut. Pastikan hal-hal yang sudah kamu lakukan untuk pelanggan tidak mengecewakan mereka.

Misalnya dalam hal yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan online seller yaitu membalas chat pelanggan. Pelanggan akan senang jika berbelanja di toko online yang membalas chat dengan cepat dan ramah. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama balasan chat darimu, jangka waktu maksimalnya adalah 20 menit. Selain itu, selipkan emoji senyum dalam setiap percakapan untuk memberikan kesan ramah terhadap pelanggan.

Selain itu juga, kamu harus memperhatikan keamanan paket yang kamu kirimkan untuk pelanggan serta estimasi waktunya. Jangan sampai orderan pelanggan melebihi estimasi waktu yang sudah ditentukan. Lebih cepat lebih baik, hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi toko online-mu di mata pelanggan. Jadi, kamu juga harus memastikan jasa ekspedisi yang kamu gunakan adalah mitra yang terpercaya.


3. Buat Pelanggan Terkesan dengan Packagingmu

Sebelum pelanggan menerima produkmu, pasti pelanggan akan melihat packagingmu terlebih dahulu. Maka dari itu, kamu bisa menarik perhatian pelanggan melalui packagingmu. Kamu bisa memberikan sedikit sentuhan kreatifitas saat membuat packaging.

Misalnya, kamu bisa menggunakan kardus warna-warni untuk packagingmu, atau menyisipkan sebuah kartu ucapan terimakasih untuk pelanggan menggunakan namanya, agar terkesan lebih personal. Selain itu, kamu juga bisa mempercantik pengemasanmu dengan menambahkan berbagai ornamen seperti pita, bunga kering, atau sticker. Itu semua bisa disesuaikan dengan branding toko online-mu dan kesesuaian dengan produkmu.

Tentunya, kamu harus tetap menjaga kerapian serta keamanannya juga ya, karena yang paling terpenting dari sebuah packaging adalah fungsinya untuk melindungi produkmu. Selain itu, pelanggan juga senang menerima paket yang pengemasannya rapi, hal tersebut bisa menunjukkan profesionalitasmu sebagai online seller juga lho. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah memberikan testimoni yang positif untuk toko online-mu.


4. Maksimalkan Value Produkmu

Alasan terakhir dan menjadi alasan utama pelanggan mau melakukan pembelian di toko online-mu adalah karena kualitas produkmu. Itu sebabnya, value produkmu menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Kamu harus tahu faktor-faktor pendukung apa saja yang bisa meningkatkan value produkmu, karena dengan begitu pelanggan akan puas dengan produkmu.

Misalnya, kamu bisa memulainya dengan meningkatkan kualitas produkmu. Kualitas produk menjadi salah satu point penilaian pelanggan terhadap toko online-mu. Jika kualitas produkmu bagus, pelanggan akan senang, dan menjadi percaya terhadap toko online-mu, hal ini juga tidak menutup kemungkinan pelanggan akan melakukan repeat order, bahkan berlangganan di toko online-mu.

Selain kualitas produk, kamu bisa juga terus melakukan inovasi terhadap produkmu. Tidak perlu mengganti produkmu untuk bisa melakukan sebuah inovasi, kamu cukup menambahkan keunikan di produk yang sama. Sebagai contoh, kamu bisa membuat paket product bundle, misalnya kamu menjual alat makeup, kamu bisa membuat paket “fairy makeup look” dengan menggabungkan beberapa makeup yang sesuai dengan paket tersebut. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik membeli produkmu, dan berkemungkinan untuk memberikan testimoni yang positif.


Ada perjuangan yang harus kamu lakukan agar bisa mendapat testimoni positif dari pelanggan. Meskipun kelihatannya hanyalah sebuah kata-kata ulasan dari pelanggan, tetapi pada kenyataannya hal tersebut bisa sangat mempengaruhi citra toko online dan kemajuannya.

Untuk membantu kamu dalam berjualan dan mengelola toko online, kamu bisa menggunakan aplikasi Halosis. Ada banyak fitur-fitur yang bisa bikin jualan online-mu lebih praktis seperti manajemen order 24 jam, kelola stok otomatis, laporan penjualan, dan masih banyak lagi. Kamu jadi bisa punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan jualanmu karena kelola toko online lebih mudah dengan aplikasi Halosis. Yuk, daftar sekarang juga aplikasi Halosis

Leave a Reply