4 Tips Maksimalkan Pengiriman Barang Toko Online-mu

Halosis.co.id, Jakarta – Agar penjualan online lebih maksimal, kamu harus meningkatkan pelayananmu, salah satunya dalam hal pengiriman barang. Bagi online seller, hal pengiriman barang bukan jadi sesuatu yang asing lagi. Pasalnya, berjualan online sangat terkait dengan pengiriman barang. Inilah salah satu hal yang membedakan saat pelanggan berbelanja di toko fisik dengan berbelanja di toko online.

Saat berbelanja di toko online semuanya jadi lebih mudah, karena barang yang dipesan pelanggan akan diantarkan sampai tempat tujuan. Kamu harus tahu bahwa pelanggan memperhatikan hal ini. Toko online yang terpercaya tentu akan selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal dalam segala hal. Tak terkecuali dalam hal pengiriman barang.

Pengiriman barang bukan hanya berbicara tentang ketepatan estimasi waktu sampainya paket. Jauh sebelum hal tersebut, ada poin-poin yang harus kamu perhatikan agar pengiriman barang dari toko online-mu bisa maksimal. Nah, agar pengiriman barang jualanmu maksimal, yuk, simak tipsnya di bawah ini.


1. Prioritaskan Pengiriman Sesuai Pemesanan

Jika pelanggan yang berbelanja di toko online-mu lebih dari 10 orang setiap harinya, kamu harus lebih ekstra hati-hati. Kamu tentu tidak bisa menentukan kapan pelanggan akan melakukan pemesanan. Bisa jadi ada banyak pelanggan yang melakukan pemesanan dalam waktu yang bersamaan. Karena itu, kamu harus bisa mengatur prioritas pengiriman agar tidak ada pelanggan yang merasa kecewa karena barang terlambat sampai.

Utamakanlah pengiriman barang sesuai dengan urutan pemesanan pelanggan. Pelanggan mana yang memesan barang lebih dulu dibanding yang lain, maka pelanggan tersebutlah yang akan dilayani lebih dulu. Hal ini harus dilakukan agar pengiriman barang dari toko online-mu lebih maksimal.

Selain itu, pesanan pelangganmu tidak akan ada yang terlewat, karena kamu mengerjakannya sesuai dengan urutan pemesanan. Pengiriman barang pun jadi lebih teratur dan tidak memusingkan, karena sudah sesuai urutan prioritas. Jangan sampai kamu memilih untuk melayani pelanggan yang punya pesanan lebih banyak dibanding pelanggan yang membeli lebih sedikit terlebih dahulu, padahal pelanggan yang membeli lebih sedikit memesan lebih dulu.

Hal tersebut tidak boleh dilakukan, bukan hanya membuat pelanggan menunggu terlalu lama, tetapi juga karena kamu tidak menunjukkan profesionalisme toko online-mu. Berapa pun jumlah pembelian pelanggan, pengiriman barang harus tetap dilakukan sesuai dengan urutan pemesanan. Dengan begitu, kamu sudah berusaha memaksimalkan pengiriman barang dari toko online-mu.


2. Cek Dua Kali Sebelum Mengirim Paket

Sebelum pesanan pelanggan dikemas dan diberikan kepada kurir yang mengantar, pastikan bahwa pesanan pelanggan sudah benar. Cek kembali setiap informasi yang kamu cantumkan, seperti: nama lengkap penerima paket, alamat, nomor telepon, serta ongkos kirimnya. Begitupun dengan setiap detail pemesanan pelanggan, seperti: ukuran, warna, jumlah, serta model barang yang dipesan.

Jika kamu sudah mengecek semuanya, alangkah baiknya kamu melakukan satu kali lagi pengecekan untuk memastikan bahwa semua informasi dan detail pesanan sudah benar dan sesuai. Saat mengecek ulang, sebaiknya jangan terburu-buru, karena hal tersebut justru tidak akan maksimal. Mengecek secara perlahan dan teliti dapat meminimalisir terjadinya kesalahan.

Meskipun terkesan cukup memakan waktu, namun pengecekan dua kali ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan pelayanan toko online-mu lho. Karena hal tersebut bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi, dan bisa jadi membuat pelangganmu kecewa. Tentu, kamu tidak berharap mengecewakan pelangganmu bukan? Maka dari itu, kamu harus melakukan sedikit kerja ekstra.


3. Kemas dengan Baik dan Rapi

Setelah informasi dan detail pemesanan sudah sesuai dan kamu sudah yakin, maka kemaslah pesanan tersebut dengan aman dan rapi. Sebelum memasukkan pesanan ke dalam kardus, kamu bisa membungkusnya terlebih dahulu menggunakan plastik. Hal ini dilakukan agar pesanan pelangganmu lebih aman.

Selain menggunakan plastik, kamu juga bisa membungkusnya lagi dengan bubble wrap, tujuannya tentu untuk meminimalisir kerusakan barang pesanan pelangganmu. Apalagi, jika produk jualanmu adalah barang pecah belah, sudah pasti harus membungkusnya berlapis-lapis, agar pesanan pelanggan aman sampai tujuan.

Membungkus paket secara aman dan rapi juga bisa menambah nilai plus dari pelanggan untuk toko online-mu. Pelanggan jadi tahu bahwa toko online-mu begitu peduli akan keamanan pesanan pelanggan. Kemungkinan dengan nilai tambah ini, pelanggan akan melakukan repeat order di toko online-mu.

Terutama, saat kondisi pandemi COVID-19 ini, pelanggan akan mengutamakan keamanan paket pesanannya. Karena, selain rapi, paket harus aman dan steril. Harus dipastikan, bahwa pesanan pelanggan tersebut terbebas dari virus, sehingga pelanggan akan merasa lebih aman saat menerimanya.


4. Bekerja Sama dangan Jasa Ekspedisi yang Tepat

Setelah semua poin di atas, poin yang tidak kalah penting selanjutnya adalah memilih serta menggunakan jasa ekspedisi yang tepat. Saat ini, ada banyak sekali jasa ekspedisi, dan semuanya berbeda-beda, baik dari segi pelayanan, fitur, ataupun dalam hal rute serta jangkauan. Semuanya harus kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk bekerja sama.

Jika seandainya jasa ekspedisi yang kamu gunakan ternyata terlambat mengirim barang dan membuat pelanggan kecewa, tentu hal tersebut bisa mempengaruhi penilaian terhadap toko online-mu. Itu sebabnya, jika kamu tidak mau penilaian terhadap toko online-mu buruk, maka kamu harus pandai memilih jasa ekspedisi yang bisa dijadikan mitra.


Jika pengiriman barangmu maksimal, maka pelanggan pun akan senang. Hal tersebut bisa menjadi faktor pemicu pelanggan agar memberikan testimoni yang positif dan melakukan repeat order. Karena itu, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang dapat membuat paket terlambat atau salah kirim.

Gunakan aplikasi Halosis yang bisa membantumu memaksimalkan performa dan meminimalisir kesalahan berjualan online. Dengan aplikasi Halosis kamu bisa tak perlu hitung ongkir secara manual dan bisa cetak shipping label sesuai dengan pesanan. Fitur-fitur lain, seperti manajemen order 24 jam, laporan penjualan, buat promo otomatis dan lainnya juga akan sangat membantu kamu dalam berjualan online.

Cuma perlu 3 menit daftar aplikasi Halosis, kamu bisa nikmati kemudahan dalam berjualan online! Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek website Halosis atau hubungi kami lewat Instagram.

Leave a Reply