Mencari Produk Bagi Pemula Untuk Jualan Online Dengan Modal Sedikit.

HALOSIS.CO.ID, JAKARTA – Banyak orang bertanya, “bisnis apa ya?” atau “jualan apa ya untuk tambahan penghasilan?”. Sebetulnya pertanyaan yang lebih tepat adalah “Bagaimana cara mencari produk yang tepat dijual Online?”. Soal ada modal atau tidak ada modal, sebenarnya tidak masalah karena mencari produk untuk dijual online kuncinya bukan ada tidaknya modal tapi ada tidaknya niat untuk mencari.

Ada 2 jenis orang yang biasanya mencari produk untuk dijual.

  1. Orang yang langsung tau mau jualan apa. Bisa jadi orang ini hobi atau kreatifitasnya dapat dikomersilkan.
  2. Orang yang sudah mencari kemana-mana tapi tidak dapat menemukan produk untuk dijual secara online. Bisa jadi hobi orang ini tidak bersifat komersil seperti tipe orang yang pertama.

Nah.. untuk tipe orang pertama, mungkin anda dapat menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini untuk mengevaluasi ide produk anda sebelum masuk ke bisnis online, apakah produk anda layak atau tidak untuk dijual.

  1. Apakah produk anda bersifat jasa atau barang? Siapa pembeli anda? Sudahkan anda membuat segmentasi produk anda?
  2. Apakah anda akan menjual beberapa macam produk atau fokus ke satu produk tertentu?
  3. Apakah anda memproduksi sendiri? Jika ya, maka anda mungkin perlu mengevaluasi kemampuan modal anda, lokasi penyimpanan barang, mencari supplier untuk bahan dasar. Sudahkah anda mempertimbangkannya?
  4. Bagaimana produk anda akan dikirim? Apakah dapat dikirim melalui internet seperti foto tinggal di download, atau harus menggunakan jasa pengiriman?
  5. Bagaimana anda akan mempromosikan produk anda? Lewat sosial media? Atau bagaiamana?
  6. Apakah anda akan bekerja sendiri atau anda akan membutuhkan tim? Sudahkah anda coba listing orang-orang yang berpotensi membantu bisnis anda dan sudahkah anda bicarakan ke mereka mengenai ide anda?
  7. Dan yang paling penting, sudahkah anda melakukan survey ke orang-orang sekitar anda, ke online market yang sudah ada, pesaing2 anda, apakah produk anda memang dibutuhkan atau ada trend yang mengarah pada produk anda?

Kalau anda tipe orang pertama, dan anda sudah dapat menjawab 90% pertanyaan diatas, maka sudah waktunya anda untuk menguji langsung bisnis online anda. Mulailah berjualan dan eksekusi ide anda dengan skala kecil. Tidak ada jaminan anda akan berhasil tapi berusahalah dan temukan cara-cara menuju kesuksesan.

Tapi bagi anda orang tipe kedua.. Jangan khawatir, HaloSis akan jabarkan beberapa langkah awal untuk pemula agar menemukan produk untuk dijual dengan modal atau tanpa modal.

Sebetulnya hanya ada 3 proses yang perlu dilakukan dalam pencarian produk untuk dijual secara online.

  1. Cari jenis produk untuk dijual. Apa produknya?
  2. Mencari supplier-nya. Siapa suppliernya?
  3. Dan yang penting adalah menganalisa apakah produk tersebut akan laku terjual di pasar. Adakah peminatnya?

Kecuali anda berniat menjual produk yang memang sudah banyak peminatnya seperti gadget dan laptop.

Mari kita kupas lebih dalam 3 proses untuk mencari produk untuk dijual.

Ide Produk.

Ambil kertas dan pulpen atau lakukan di laptop anda, kemudian jawablah pertanyaan dibawah ini.

  • Apa masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang sekitar anda?
  • Apa hobi orang lain yang membuat anda kagum?
  • Pelatihan apa saja yang anda dapat selama sekola dan kuliah? Adakah yang bersifat komersil? Artinya dapat dijadikan sebuah produk baik jasa maupun barang.
  • Apakah ada teman anda yang berbisnis? Bagaimana bisnis modelnya? Mungkinkah untuk di tiru?
  • Bagaimana trend masa kini yang sedang naik daun?
  • Apa yang sering di beli orang ketika berpergian keluar kota?
  • Apa keeahlian atau apapun miliki anda yang banyak orang kagumi?

Pertanyaan ini mungkin tidak mudah dijawab karena anda tidak akan langsung dapat menjawabnya. Tapi nikmatilah proses pembentukan ide ini.

Sebetulnya mudah saja menemukan produk yang sedang trend di pasaran. Anda tinggal memilih satu dua produk lalu masuk ke Google Trend dan perhatikan bagaimana trend dari produk tersebut? Jika naik, maka produk ini berpotensi.

Lalu kenapa harus mulai dari pertanyaan-pertanyaan diatas? Agar anda menemukan produk yang benar-benar cocok dengan anda, bukan sekedar menemukan produk untuk dijual.

Menemukan produk untuk dijual secara online ini bagaikan seni. Banyak cara mendapatkan keindahan suatu lukisan, tapi anda harus bersabar sambil terus melukis canvas demi canvas.

Analisa Pasar.

Bagi pemula, ketika mencari produk untuk dijual secara online, analisa pasar mungkin terdengar mengerikan. Namun sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu cara paling mudah adalah menggunakan google trend yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya.

Cara lainnya untuk mengetahui trend, anda dapat melakukan cek ke pasar online (marketplace), anda dapat mengikuti berita seputar ide produk anda.

Atau lebih konvensional lagi, anda dapat bertemu kenalan dekat anda mulai dari keluarga, sahabat dan kolega lainnya dan menanyakan soal ide produk anda.

Jika feedback yang diberikan adalah positif, maka produk anda memiliki potensi.

Kadang orang terlalu yakin dengan ide produk mereka sehingga buta akan pendapat orang lain. Anda harus hati-hati karena biasanya orang yakin dengan idenya sendiri padahal dimata orang lain, idenya itu tidak menarik.

Cari Supplier.

Setelah menemukan produk yang anda yakini, saatnya anda mencari supplier. Langkah paling mudah dalam mencari supplier adalah menggunakan Google.

Anda tinggal masukan kata kunci dari produk anda dan boom, anda pasti akan menemukan beberapa supplier yang sudah ada di database Google.

Supplier yang baik tentunya mereka yang berada di top list google search. Anda dapat mulai mempelajari calon supplier anda dengan berinteraksi, tes pembelian, dan baca-baca testimoni dari pembeli lainnya.

Cara konvensional untuk mencari supplier produk, anda dapat mencari apakah ada supplier disekitar tempat tinggal anda. Misalnya di kota anda tinggal, anda harus meluangkan waktu untuk melakukan survey.

Beberapa jenis produk furniture bahkan harus meluangkan waktu untuk survey ke pengrajin di sekitar pulau Jawa untuk menemukan supplier yang berkualitas. Anda tentu harus mengluarkan effort (usahalah) untuk mendapat supplier yang baik.

Selain cara lokal diatas, anda juga mungkin dapat mencari supplier ke luar negeri. Sekarang ini ada penjual online yang mendapatkan barang mereka dengan titip kenalan mereka yang sering bolak balik Jakarta luar negeri. Tentunya ini berisiko jika sewaktu-waktu teman anda tidak lagi mau dititipkan. Untuk awalnya mungkin bisa dalam skala kecil, bertahap anda sendiri yang harus mengurus bisnis anda, bukan orang lain.

Jualan dimulai !

Setelah semua proses diatas anda selesaikan, berarti anda sudah memiliki produk dan siap berjualan.

Sesuaikan channel penjualan anda dengan produk anda. Misalnya apakah anda akan menggunakan website sendiri, atau numpang jualan di pasar online (marketplace), atau hanya berjualan lewat sosial media dan chat messenger.

Tentukan yang paling sesuai dengan anda dan produk anda.

Kunci sukses dari berjualan adalah mendapatkan pelanggan yang dapat mendatangkan pelanggan baru bagi bisnis anda.

Oleh karena itu, hargai dan jagalah interaksi anda dengan pelanggan anda, bahkan ketika mereka tidak jadi beli !

Hehehe

Bagaimana ? Berhasilkah kamu menemukan produk andalanmu?

Ternyata gak cuma pencarian cinta yang sulit, namun pencarian produk andalan pun tidak mudah yaa.. 😉

Selamat mencoba dan semoga segera mulai berjualan ya !

Leave a Reply