6 Tips Agar Tubuh Selalu Prima Saat Berjualan dari Rumah

Halosis.co.id, Jakarta – Sangat penting untuk menjaga kondisi tetap prima di tengah pandemi COVID-19 ini, terutama bagi kamu online seller yang tetap berjualan online seperti biasa. Saat kondisi tubuhmu tetap fit, maka kamu bisa berjualan dengan tenang.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tubuhmu tetap prima, seperti memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat dan memperhatikan asupan makanan. Selain itu masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kesehatan tubuhmu.

Untuk lebih jelas lagi, yuk, simak tips-tips berikut ini!


1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi dengan Makanan Bergizi

Tubuhmu akan tetap fit jika kebutuhan nutrisimu tercukupi dengan makanan yang tepat. Cukupilah kebutuhan nutrisi tubuhmu dengan makanan yang bergizi, seperti daging dan telur yang mengandung protein, sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, serta kacang-kacangan yang mengandung zat besi.

Sebaiknya kamu menghindari makan makanan cepat saji (fast food) karena dampaknya tidak baik untuk tubuhmu. Terlalu banyak mengkonsumi makanan cepat saji bisa membuatmu rentan terhadap penyakit.


2. Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Hal yang penting selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih yang cukup agar tubuhmu tetap sehat. Jumlah cairan yang dibutuhkan perhari berkisar antar 2 sampai 3 liter, tergantung aktivitas yang kamu lakukan.

Minum air putih secara rutin akan membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat dan mencegah terjadinya dehidrasi saat sedang beraktivitas. Selain itu minum air putih juga bisa membantu kamu untuk tetap fokus saat menjalankan kegiatan.


3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi di saat ada pandemi COVID-19 ini, sistem kekebalan tubuh sangat penting. Agar tidak terserang virus corona, kamu bisa meningkatkan sistem imun dengan mengkonsumsi vitamin c.

Kamu bisa mengkonsumsi vitamin c yang banyak dijual di pasaran atau kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin c seperti : jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya dan stroberi. 


4. Berolahraga Secara Rutin

Untuk menjaga tubuhmu tetap bugar, rutinlah berolahraga. Kamu tidak perlu pergi ke pusat kebugaran, cukup melakukan olahraga ringan di rumah. Luangkanlah setidaknya 30 menit per hari untuk kamu tetap berkeringat.

Dengan olahraga, kamu tidak hanya menjaga stamina, tapi juga bentuk tubuhmu. Kamu juga tidak akan mudah lelah karena otot dan sendi-sendi tubuhmu digerakkan secara rutin.


5. Istirahat Secukupnya

Setelah melakukan aktivitas seharian, tubuh kamu juga perlu istirahat. Saat kamu tidur, sebaiknya matikan handphonemu agar waktu istirahatmu tidak terganggu. Waktu tidur yang cukup akan membuatmu fresh kembali untuk melakukan kegiatan. Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, kamu membutuhkan setidaknya 6-8 jam. 

Perlu kamu perhatikan juga, walau sedang berada di rumah saja, pastikan kamu tidak terlalu banyak tidur. Terlalu banyak tidur bisa membuat tubuhmu mudah lelah dan kurang fit. Jadi pastikan kamu tidur atau beristirahat dengan waktu yang normal.


6. Tetap Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan juga tidak kalah penting dengan poin-poin sebelumnya lho. Terutama di masa pandemi COVID 19 ini, kita sangat dituntut untuk menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan sekitar kita. Untuk kebersihan diri, kamu bisa memulainya dengan mandi minimal 2 kali sehari, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas, mengurangi mengusap wajah.

Untuk kebersihan lingkungan sekitar, kamu bisa memulainya dengan membersihkan barang-barang yang ada di sekitarmu, menyapu rumah, mengepelnya dengan cairan karbol minimal sekali sehari, dan menyemprotkan disinfektan pada paket pesanan pelanggan agar tetap steril dan terhindar dari bakteri. 


Nah, itu dia tips tubuh selalu dalam kondisi prima saat berjualan dari rumah. Gimana, sekarang kamu jadi tahu kan tips biar tubuhmu tetap dalam kondisi fit saat berjualan dari rumah? Yang terpenting kamu harus memperhatikan kebutuhan tubuh dan tetap menjaga kebersihan ya. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply