Lakukan 5 Hal Ini Saat Tidak Mudik Lebaran!

Halosis.co.id, Jakarta – Lebaran tahun ini akan menjadi lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena situasi negara kita yang belum pulih dari pandemi COVID-19. Pemerintah menghimbau masyarakat tidak mudik sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Walau tahun ini tidak bisa berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman, masih banyak kegiatan-kegiatan positif yang bisa kamu lakukan sebagai pengganti mudik. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya bisa kamu lakukan seorang diri, tapi juga bersama dengan keluarga yang saat ini tinggal bersamamu.

Supaya momen lebaran tahun ini tetap terasa bermakna dan menyenangkan, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:


1.  Halal Bihalal Bareng Keluarga Besar

Meskipun tidak bisa berkumpul bersama dengan keluarga besar saat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, namun kamu masih bisa halal bihalal melalui video call. Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi video call conference seperti: whatsapp, google hangouts, zoom, atau juga skype. Dengan begitu, silaturahmi pun masih tetap terjaga dan masih tetap bisa berbagi kebahagiaan. 

Jika biasanya kamu mungkin tidak sabar menunggu Hari Raya Idul Fitri datang untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, mungkin saat ini jadi berbeda karena tidak bisa mudik, tetapi setidaknya dengan melakukan video call dengan keluarga bisa sedikit melepas rindu. Saat berkomunikasi dengan keluarga pasti ada kehangatan tersendiri yang dirasakan dan tidak mengurangi makna Hari Raya Idul Fitri. 


2. Kirim Parcel

Salah satu yang khas dari lebaran adalah mengirim parcel. Walau tidak bisa bertemu dan memberikan parcel secara langsung, kamu masih bisa mengirimkannya sebagai bentuk perhatianmu pada keluarga, kerabat, atau kolegamu. masih tetap bisa mengirim parcel lebaran kepada keluarga serta kerabatmu.

Ada banyak sekali jenis parcel yang bisa kamu berikan. Mulai dari yang berisi makanan serta minuman, perlatan masak, bahkan hingga skincare. Semua isi parcel tersebut dapat kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan orang yang akan kamu beri.

Untuk meminimalisir berpergian keluar rumah, kamu bisa memesan parcel di toko online. Kamu bisa mengirimnya langsung ke alamat yang ingin dituju, jadi kamu tidak perlu repot mengirimkannya sendiri. Jangan lupa untuk memastikan kepada toko online yang kamu beli agar pesanan kamu sudah tidak ada label harganya, karena akan langsung ditujukan untuk orang lain.  


3. Berburu Diskon Online

Bulan Ramadhan terkenal dengan bulan yang penuh berkah. Berkah tidak hanya untuk kamu yang berjualan online, tapi juga tentunya untuk pelanggan karena banyaknya promo yang bertebaran di bulan ini. Promo ini bisa berlangsung mulai dari sebelum Ramadhan, bahkan hingga hari H lebaran. Belanja online saja ini menjadi salah satu opsi kegiatan yang bisa kamu lakukan meskipun tidak mudik.

Namun, tetap perhatikan budget yang kamu keluarkan dan miliki ya, karena di masa sulit seperti sekarang ini, kamu harus bisa bijak dalam menggunakan uang. Meskipun begitu, tidak salah juga kalau kamu mau berbelanja untuk membeli baju baru agar tetap merasakan nuansa merayakan hari raya Idul Fitri meskipun tidak keluar rumah, karena supaya imun kita tetap terjaga kita harus tetap senang dan memiliki pikiran yang positif. 


4. Masak Hidangan Lebaran 

Agar kamu tetap merasakan kebahagiaan Ramadhan, kamu bisa mencoba memasak hidangan lebaran bersama keluarga. Kalau kamu adalah anak kost, kamu bisa mengajak teman sekost-mu yang tidak mudik juga untuk belanja bersama dan membuat masakan lebaran. Jika kamu belum pernah mencoba masak hidangan lebaran, kamu bisa mencari resep-resepnya melalui aplikasi resep masakan atau tutorial masak di youtube dengan menggunakan kata kunci terkait, seperti: masakan lebaran atau tutorial masakan lebaran. 

Selain itu, kamu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan secara online, untuk mengurangi berpergian dan memutus rantai penyebaran virus corona. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berbelanja keperluan masak secara online


5. Jualan Online

Agar semakin melengkapi kegiatan di rumah saja karena tidak bisa mudik, kamu bisa juga berjualan online lho. Dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kamu bisa mulai membuka usahamu. Kegiatan ini bukan hanya positif, tapi juga memberikan kamu penghasilan.

Selain itu, berjualan online bisa memudahkan pelanggan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Kabar baik lainnya, kamu juga bisa berjualan online dengan mudah lho. Dengan menggunakan aplikasi halosis, berjualan online jadi praktis, karena aplikasi halosis punya banyak fitur yang dapat meringankan pekerjaan kamu, seperti chatbot, mengelola stok barang, bahkan sampai mengelola promo, dan tentunya masih banyak lagi. Gimana, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftarkan dirimu segera di aplikasi Halosis


Nah itu dia tadi, 5 hal yang bisa kamu lakukan meskipun tidak mudik lebaran. Tidak mudik lebaran bukan berarti tidak bisa bersilaturahmi ya, kamu masih bisa menjalin komunikasi dengan keluarga juga kerabatmu dengan memanfaatkan sebaik mungkin teknologi yang ada. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply