5 Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Halosis.co.id, Jakarta – Nggak terasa nih, Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bagaimana persiapan jualan online-mu untuk Ramadhan kali ini? Bulan Ramadhan kali ini pasti akan terasa berbeda karena kita masih berjuang melawan pandemi COVID-19.

Namun kamu nggak boleh patah semangat dong! Saat ini kegiatan berbelanja online terus meningkat karena sebagian wilayah Indonesia sedang memberlakukan PSBB. Karena itu, di Ramadhan tahun ini kegiatan jualan online pastinya akan meningkat lebih drastis lagi.

Tentu banyak yang harus kamu siapkan untuk meningkatkan performa jualan online-mu saat puasa kali ini. Mulai dari konten bernuansa Ramadhan, strategi pemasaran, dan masih banyak lagi. Nah, biar penjualan online-mu semakin meningkat di Bulan Ramadhan, yuk, intip strategi ampuhnya di bawah ini!


1. Membuat Konten Nuansa Ramadhan

Ramadhan merupakan momen besar yang ditunggu-tunggu sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai sebuah brand atau pun pemilik toko online, sudah selayaknya kamu menunjukkan empati terhadap momen ini dengan membuat postingan yang bertema Ramadhan. Dengan melakukan cara ini, kamu bisa menyentuh hati lebih banyak pelanggan.

Namun tidak hanya itu, dengan membuat konten Ramadhan, kamu juga membantu toko online-mu lebih mudah dicari dan ditemukan di mesin pencarian. Cara ini juga bisa membantu kamu lebih efektif dalam mendapatkan engagement dari pelanggan.

Bentuk konten Ramadhan tidaklah harus terlalu kompleks. Sebagai contoh, kamu bisa bermain dalam desain, misalnya dengan menambahkan elemen-elemen khas Ramadhan, seperti : bulan sabit, ketupat, lentera maroko, atau juga bisa dalam penggunaan warna, misalnya warna hijau yang identik dengan bulan Ramadhan.

Selain itu, kamu bisa juga membuat konten edukasi yang berkaitan dengan Ramadhan. Misalnya seperti bagaimana menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa, atau juga bisa quotes dengan kata-kata yang dapat memberikan semangat untuk pelanggan yang sedang menjalankan ibadah puasa.


2. Kontrol Stok Barang

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan supaya jualan online-mu meningkat, adalah stok barang. Kenapa demikian? Untuk menghindari kehabisan stok, lebih baik jika kamu memperbanyak stok barang sebelum bulan Ramadhan tiba. Tujuannya tentu agar pelanggan tidak kecewa dengan stok barang jualanmu yang sudah habis.

Selain itu, agar menjaga penjualanmu meningkat di bulan Ramadhan, tentu dibutuhkan stok barang yang tidak sedikit bukan? Itulah sebabnya penting untuk kamu memperhatikan stok jualanmu. Jika kamu mengetahui banyaknya jumlah stok barangmu, maka hal tersebut juga akan memudahkan kamu untuk melakukan promosi. Kamu akan lebih tahu barang mana yang harus dipromosikan terlebih dahulu dan yang lebih sering dipromosikan.


3. Tambah Jam Operasional

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menambah jam layanan jualan online. Kalau biasanya kamu hanya melayani saat jam kerja saja, cobalah untuk menambahnya di jam. Hal ini dikarenakan justru akan banyak orderan masuk ketika menjelang jam berbuka puasa dan sahur.

Hal tersebut efektif meningkatkan penjualan online di bulan Ramadhan, pasalnya pesanan dari pelanggan akan semakin banyak, tentu kamu harus menambah jam layanan toko online-mu. Kita juga dapat melihat dari apa yang dilakukan oleh beberapa gerai supermarket saat Ramadhan, mereka menambah jam layanan tokonya, jika biasanya toko tutup di jam 21.00, saat bulan Ramadhan toko akan tutup sekitar jam 23.00.


4. Pasang Iklan

Menjelang bulan Ramadhan, kamu harus mempersiapkan dengan matang strategi pemasaran. Strategi pemasaran sangat penting dan berpengaruh dalam proses jual-beli online. Karena itu, selain menyiapkan konten bertema Ramadhan, kamu juga harus mulai memikirkan untuk memperluas jangkauan pelangganmu dengan iklan.

Di bulan Ramadhan biasanya waktu menjelang berbuka puasa dan sahur adalah wkatu-waktu terbaik untuk memasang iklan di media sosial. Pada jam-jam ini traffic di media sosial sedang berada di puncak. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk beriklan di jam-jam ini.

Jaga interaksimu dengan pelanggan melalui konten-konten yang kamu buat dan tentunya kamu juga bisa menarik perhatian calon pelanggan. Perbanyaklah konten yang berkaitan dengan Ramadhan supaya strategi pemasaranmu lebih efektif.


5. Berikan Promo

Sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran, promo adalah hal yang paling sering ditunggu-tunggu pelanggan saat bulan Ramadhan. Promo tidak hanya bisa menaikkan engagement, tapi lebih jauh lagi pemberian promo sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Ada banyak promo yang bisa kamu adakan saat bulan Ramadhan. Beberapa contoh promo yang paling sering dibuat pada saat Ramadhan adalah promo buy 2 get 1, product bundle, diskon, cashback. Kamu juga bisa melakukan giveaway, yang mampu menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan traffic pengunjung toko online-mu.


Nah itu dia, 5 strategi ampuh yang bisa meningkatkan penjualan online-mu di bulan Ramadhan. Mana strategi yang sudah kamu mulai coba jalankan untuk Ramadhan kali ini? Jangan lupa untuk membuat konten-konten yang berhubungan dengan Ramadhan ya agar engagement-mu bisa meningkat dan membuka peluang pelanggan untuk membeli produkmu. 

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply