7 Tips Merawat Smartphone Supaya Berumur Panjang

Smartphone saat ini sudah seolah-olah menjadi kebutuhan utama manusia.
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id, JakartaSmartphone adalah barang paling utama yang wajib dimiliki online seller. Smartphone digunakan dalam kegiatan berjualan online untuk banyak hal. Misalnya membalas chat, menggunakan kamera atau mengedit foto, mengupdate dan memproses order, dan masih banyak lagi. Mengakses marketplace pun kini sudah bisa dilakukan melalui smartphone

Sekarang bayangkan, kalau benda sepenting HP milikmu saat ini rusak, dan tidak bisa dipakai lagi. Pastinya kamu akan sangat kesal, karena banyak aktivitas yang terganggu karenanya. Untuk mencegahnya, kamu harus tau perawatan yang tepat untuk smartphone yang kamu gunakan sekarang. Ini dia beberapa tips dari Halosis, agar smartphone yang kamu miliki bisa awet.

1. Pakai Casing HP

Casing HP bisa disesuaikan dengan style yang kamu miliki.
Gambar: www.pexels.com

Perlindungan pertama yang harus kamu berikan pada smartphone adalah casing HP. Casing akan melindungi HP milikmu, kalau terbentur dengan benda keras atau semacamnya. Casing handphone juga, ada bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Secara umum ada dua jenis casing HP, yaitu hard dan soft. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kalau HP milikmu gampang panas, jangan gunakan softcase yang mudah menyerap panas. Tapi kalau kamu orang yang teledor dan sering menjatuhkan HP, jangan gunakan hardcase yang lebih mudah rusak. 

2. Pasang Anti Gores

Karena layar smartphone sangatlah sensitif dan mudah rusak, lindungilah dengan anti gores.
Gambar: https://erafone.com/artikel/lifestyle/alasan-antigores-harus-dicopot

Kalau keempat sisi HP milikmu sudah terlindungi oleh casing, maka lindungilah layar HPmu dengan anti gores. Anti gores berfungsi untuk memproteksi layar HP dari benturan, atau goresan. Layar HP merupakan salah satu bagian yang paling sensitif dari HP. Kalau rusak, penggantian LCD akan memakan biaya paling besar, jika dibandingkan dengan kerusakan bagian HP lainnya. 

3. Rutin Bersihkan HP

Jangan malas membersihkan HP, karena jutaan kuman dan bakteri melekat di sana.
Gambar: https://review.bukalapak.com/gadget/pembersih-hp-ampuh-107317

Membersihkan HP juga merupakan salah satu perawatan HP paling penting. Di smartphone melekat jutaan kuman dan bakteri. Bersihkanlah secara berkala, supaya kuman dan bakteri tersebut tidak menyerangmu. Selain itu, debu dan partikel-partikel kecil lain bisa dengan mudah masuk dan menumpuk di area-area tertentu, seperti di speaker dan kamera HP. Bersihkan area-area ini dengan menggunakan kapas atau kain fiber.

4. Atur Penggunaan Baterai

Jangan sampai, sedikit-sedikit kamu cari power bank.
Gambar: www.pexels.com

Baterai adalah salah satu bagian HP yang paling sering bermasalah dan rusak. Baterai kembung atau baterai bocor mungkin sudah sering kamu dengar atau bahkan alami sendiri. Kunci dari baterai yang awet adalah, kamu sendiri harus mengatur penggunaannya. Dalam mencharge HP, kamu tidak boleh terlalu lama. Chargelah HP ketika status baterai sudah berada di bawah 20% dan langsung hentikan, saat hampir terisi 100%.Bermain HP sambil melakukan charge juga sangat berpotensi membuat baterai HP mudah bocor. Karena itu, saat sedang mencharge, HP sebaiknya tidak digunakan.

5. Download Aplikasi Resmi


Mendownload aplikasi bajakan berpotensi besar merusak smartphonemu.
Gambar: https://www.liputan6.com/bisnis/read/2400301/transaksi-pemesanan-tiket-secara-online-tumbuh-subur-di-2015?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

Agar terhindar dari virus-virus yang ada di internet, gunakan aplikasi resmi yang tersedia untuk HPmu. Menggunakan aplikasi yang tidak original hanya menambah risiko HPmu terkena virus dan bisa mengakibatkan kerusakan. Karena itu, downloadlah aplikasi di toko resmi bawaan smartphone. 

6. Restart HP

Lakukan restart beberapa hari sekali untuk mengoptimalkan kinerja HP.
Gambar: https://www.apeaksoft.com/android-recovery-mode/restart-phone.html

Merestart HP sama dengan menyegarkan kembali seluruh sistem yang ada. Restart HP biasanya dilakukan saat HP sedang hang atau tidak bisa digunakan. Namun sebenarnya, merestart HP bisa juga kamu lakukan saat smartphone dalam keadaan normal. Lakukan restart secara berkala, supaya software HP senantiasa terbaharui. 

7. Rajin-rajin Buang Aplikasi dan Membersihkan Memori

Uninstall aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah kamu pakai, supaya tidak memenuhi memori.
Gambar: https://www.aggiornamentisociali.it/articoli/facebook-twitter-youtube-la-campagna-elettorale-vista-dai-social-media/

Selain baterai yang sering menjadi masalah smartphone adalah memori atau penyimpanan. Uninstall aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan, atau yang sangat besar memorinya. Selain itu rajin-rajinlah membersihkan memori, agar tidak gampang penuh. Hapuslah juga cache secara berkala


Itu dia beberapa tips untuk merawat smartphone agar bisa awet hingga bertahun-tahun. Jaga dan rawat HPmu dengan baik, karena itu adalah aset yang penting untuk keberlangsungan usahamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply