5 Tips Mencari Rekan yang Tepat untuk Usahamu

Menemukan rekan kerja yang tepat adalah sesuatu yang krusial dalam perjalanan bisnismu.
Gambar:https://www.liputan6.com/bisnis/read/2566269/5-cara-cepat-ingat-nama-rekan-kerja-di-kantor 

Halosis.co.id, JakartaMenemukan rekan yang tepat sangatlah penting dalam menjalankan sebuah usaha. Rekan usaha yang baik dan cocok denganmu akan membawa dampak yang besar dalam usahamu. Sebaliknya kalau rekan bisnismu kurang bisa diandalkan, maka akan sangat sulit untuk bisnismu bisa berkembang. Sebenarnya apa saja yang perlu diperhatikan dalam mencari rekan bisnis? Simak beberapa tipsnya di bawah ini

1. Bisa Dipercaya

Kalau sudah tidak bisa dipercaya, tidak ada lagi yang bisa kamu harapkan dari rekan usahamu.
Gambar: https://blog.meteor.com/using-promises-on-the-client-in-meteor-fb4f1c155f84 

Kriteria pertama dan paling penting dalam memilih rekan usaha, adalah bisa dipercaya. Seseorang yang akan kamu jadikan rekan haruslah seseorang yang bisa kamu percaya. Kalau dari awal sudah tidak ada kepercayaan satu sama lain, maka akan sulit untuk kamu dan rekanmu bekerja sama.. Kepercayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dan sangat sulit untuk didapatkan. Karena itu, pilihlah untuk bekerja sama dengan orang yang bisa kamu percaya.

2. Punya Visi dan Misi yang Sama

Beda pendapat boleh saja, tapi jangan sampai visi dan misi berbeda.
Gambar: https://blog.42courses.com/home/2016/12/18/the-difference-between-idea-vs-vision 

Selain harus bisa dipercaya, kamu dan rekan kerjamu juga harus punya visi dan misi yang sama. Coba bayangkan, kalau kamu dan rekan punya visi dan misi yang berbeda? Pastinya bisnis kalian pun akan terombang-ambing, sebentar ke sini dan sebentar ke sana. Pada saat pertama kali mengajak rekan usaha, kamu sudah harus memberitahukan visi dan misimu dalam menjalankan sebuah bisnis. Kalau orang yang kamu ajak kemudian setuju, baru kamu bisa menjalankan bisnis dengannya. Jangan sampai kamu bekerja sama dengan orang yang bisa kamu percaya, tapi tidak memiliki visi misi yang sama

3. Punya Kemampuan di Bidangnya

Kemampuan rekan bisnis itu penting. Jangan sampai kamu harus mengajarkan rekanmu dari nol.
Gambar: https://www.franchiseindia.com/education/how-is-skill-development-transforming-the-future-of-india.12138 

Pertimbangan lainnya yang harus kamu masukkan, saat mencari rekan usaha adalah kemampuannya. Pastikan rekan kerjamu memiliki kemampuan yang mumpuni di salah satu aspek dalam usaha kalian. Akan lebih baik lagi, kalau kamu mencari rekan usaha yang menguasai kemampuan yang tidak kamu kuasai. Misalnya, kamu sangat menguasai masalah teknologi dalam usahamu, sedangkan rekanmu menguasai masalah keuangan. Pastikan kalau kalian bisa saling melengkapi.

4. Punya Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik dalam usaha.
Gambar: https://www.emotivebrand.com/employee-experience/ 

Aspek selanjutnya yang harus kamu perhatikan dari calon rekanmu adalah pengalaman. Apalagi kalau kamu adalah seorang yang baru saja memulai bisnis online, kamu harus memiliki tandem yang sudah punya pengalaman. Pengalaman rekanmu boleh jadi juga tidak terlalu banyak, tapi setidaknya, dia memiliki bayangan akan apa yang dia kerjakan. Memulai bisnis tanpa bayangan yang jelas adalah sesuatu yang sangat berisiko.

5. Bisa Bekerja dalam Tim

Teamwork sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha.
Gambar: https://aura.tabloidbintang.com/tip-n-trik/read/112546/ketika-muncul-konflik-dengan-rekan-bisnis-apa-yang-harus-dilakukan 

Yang terakhir, rekan kerjamu haruslah seseorang yang bisa bekerja dalam tim. Ada dua tipe orang dalam bekerja. Ada yang lebih suka bekerja sendirian dan tidak mau diganggu, dan yang lebih suka bekerja dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mencari rekan kerja yang lebih suka bekerja sama dengan orang lain, dibandingkan bekerja seorang diri. Sangat penting untuk memastikan, kalau rekanmu adalah orang yang bisa kamu ajak kerja sama. Akan sangat sulit untuk bekerja dengan orang yang individualis. 


Itulah dia beberapa tips dalam mencari rekan bisnis yang tepat ala Halosis. Jangan pernah memulai kerja sama dengan orang yang tidak bisa kamu percayai. Kamu juga harus memahami, kalau menjalankan usaha dengan orang lain berarti menyatukan dua hal yang mungkin sangat berbeda. Menekan ego masing-masing mungkin akan sangat diperlukan dalam berbisnis dengan rekanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat #berUSaha!



Leave a Reply