10 Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online

Walau bermodal kecil, bisnis online bisa sangat menguntungkan.
Gambar: https://entrepreneurhandbook.co.uk/60-online-business-ideas/

Halosis.co.id, Jakarta – Bisnis online memang hanyalah satu dari sekian banyak model bisnis yang ada. Namun bisnis online banyak digemari, karena relatif mudah untuk dijalankan, dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan dari berbisnis online. Ini dia beberapa keuntungan, yang menjadi alasan, kenapa kamu harus mulai menjalankan bisnis online.

1. Modal Awal Yang Minim

Bahkan tanpa modal pun, kamu bisa menjalankan bisnis online.
Gambar: https://feinternational.com/blog/buying-internet-business-2015-year/

Memulai bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kantor, atau pun toko. Di masa-masa awal merintis bisnis, kamu juga tidak perlu banyak pegawai. Kamu mungkin hanya membutuhkan kuota internet untuk modal pemasaran. Kalau bisnis yang kamu lakukan mengharuskan untuk memiliki rekan kerja, cobalah ajak orang terdekatmu, seperti teman atau keluarga.

2. Risiko Tidak Terlalu Besar

Risiko menjalankan bisnis online tidak sebesar bisnis offline.
Gambar: https://cheekymunkey.co.uk/what-is-an-it-security-risk-assessment-strategy/

Dalam bisnis online, risiko yang kamu miliki tidak terlalu besar karena modal yang kamu keluarkan juga tidak besar. Banyak pilihan yang bisa kamu jadikan alternatif dalam usahamu. Misalnya, kalau kamu belum berani untuk memproduksi barang sendiri, kamu bisa mulai dengan menjual barang hasil produksi orang lain. Dengan menjalankan usaha reseller atau dropship, risiko yang kamu hadapi jauh lebih minim.

3. Biaya Operasional Rendah

Tidak membutuhkan banyak biaya operasional, kamu bisa menabung untuk memperbesar usahamu.
Gambar: https://www.formilla.com/blog/5-free-or-low-cost-customer-service-tools-for-small-business/

Selain modal awal yang rendah, biaya operasional bisnis online juga terhitung rendah. Biaya operasional dalam bisnis online biasanya meliputi modal, packaging, transportasi, dan biaya komunikasi. Pengeluaran ini tidaklah seberapa, kalau dibandingkan dengan biaya operasional bisnis yang tidak berbasis online. Karena pengeluaran yang lebih sedikit, kamu bisa memutar uang hasil keuntungan untuk memperbesar bisnismu.

4. Fleksibel

Sambil jalan-jalan pun, kamu masih bisa tetap memegang bisnismu.
Gambar: https://startupanz.com/3-online-jobs-can-start-today-make-great-money/

Keuntungan lain yang kamu dapatkan dengan berbisnis online adalah fleksibilitas. Kamu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Kamu tidak terhalang jarak dan jam bekerja. Kamu bisa bekerja dari rumah, kampus, sekolah, mall, dan lainnya. Karena tidak terpaku jam kerja seperti di kantor, kamu bisa mengatur sendiri waktu kerjamu, dan kapan kamu mau beristirahat.

5. Jangkauan Lebih Luas

Kamu bisa saja memasarkan produk sampai ke benua lain.
Gambar: https://content.lionbridge.com/entering-a-global-market-make-your-campaigns-translation-process-a-breeze/entering-a-global-market-v2_700x335-01/

Dengan berbisnis online, kamu bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Tidak hanya sebatas dalam negeri, kamu juga bisa memasarkan produk secara global. Pemasaran digital akan sangat membantumu untuk memasarkan produk dengan target pasar tanpa batas.

6. Lebih Mudah Memasarkan Produk

Pemasaran digital merupakan teknik pemasaran nomor satu saat ini.
Gambar: https://elitemarketer.id/productivity/tips-membuat-banner-iklan-yang-efektif-pada-website-anda/

Strategi pemasaran yang paling cocok dengan bisnis online adalah pemasaran digital. Untuk memulainya, kamu bisa mulai dari memanfaatkan media sosial yang sangat populer untuk pemasaran saat ini. Kamu juga bisa memasang iklan berbayar seperti facebook ads atau google ads untuk menunjang pemasaran. Kamu tidak perlu menggunakan melakukan metode pemasaran lama, misalnya membagi-bagikan brosur.

7. Kemudahan Bertransaksi

Banyaknya varian dalam bertransaksi akan sangat memudahkan pelanggan.
Gambar: http://bisnisukm.id/8-daftar-peluang-bisnis-online-rumahan-gratis-tanpa-modal/

Bertransaksi secara online sekarang sangatlah mudah. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan masalah pembayaran. Kamu juga bisa memberikan banyak pilihan transaksi, yang bisa dilakukan secara real time dan praktis pada pelanggan. Kalau kamu berbisnis online, kamu bisa menyediakan beragam pilihan transaksi, untuk memudahkan pelanggan dalam pembayaran.

8. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Nggak perlu takut dimarahi, karena bosnya kamu sendiri.
Gambar: https://cinemaforall.org.uk/the-boss-baby-2/

Kurang nikmat apa lagi, kalau kamu bisa jadi bos untuk dirimu sendiri? Kalau sebelumnya mungkin kamu bekerja pada orang lain, kamu harus bekerja sesuai dengan ekspektasi atasanmu. Namun dengan berbisnis online, kamulah yang menjadi bos untuk dirimu sendiri. Kamu tidak perlu memperhatikan ekspektasi orang lain, karena kamulah yang menentukan target untuk diri dan bisnismu sendiri. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk melatih skill leadership yang kau miliki. Akan tiba saatnya, di mana kamu akan menjadi bos untuk orang lain, jika bisnismu sudah berkembang pesat.

9. Memperluas Network

Tidak seperti di kantor, yang temannya itu-itu saja.
Gambar: https://dumielauxepices.net/networking-clipart/networking-clipart-business-enterprise

Dengan menjalankan bisnis online, kamu juga akan sangat memperluas network. Kalau sebelumnya kamu bekerja di suatu divisi perusahaan, kemungkinan untuk mengenal orang lain di luar dari kantormu semakin sedikit. Namun kalau kamu memiliki bisnis online, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Kamu bisa mengikuti komunitas belajar online, dan berkenalan dengan sesama pengusaha lainnya.

10.Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Tidak hanya menguntungkan buatmu, bisnismu juga bisa jadi sumber penghasilan untuk orang lain.
Gambar: https://freerangefuture.com/works/helping-hand-strategic-plan/

Dengan berbisnis online, kamu bisa menciptakan lapangan kerja baru. Kamu bisa memberdayakan orang-orang yang mungkin hanya bisa bekerja paruh waktu, karena memiliki kesibukan lain. Kamu bisa menciptakan peluang-peluang kerja secara online untuk orang-orang ini. Selain itu, kamu juga bisa turut membantu membuka lapangan pekerjaan dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga.


Demikian beberapa alasan, kenapa kamu harus memulai bisnis online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin mendorong kamu untuk memulai berbisnis online. Untuk kamu yang masih bingung, mau berbisnis online apa, kamu bisa mencoba jadi Sahabat Halosis. Selamat #berUsaha!



Leave a Reply