Keuntungan Menjalankan Bisnis dengan Keluarga

Lebih mudah bekerja sama dengan orang yang sudah mengenalmu, bahkan sejak kamu lahir.

Halosis.co.id, Jakarta – Menjalankan sebuah bisnis merupakan suatu hal yang tidak main-main dan membutuhkan dedikasi tinggi. Mungkin kamu mengalami kesulitan untuk mencari partner usaha yang memiliki satu visi dan misi denganmu. Terlebih lagi, untuk mencari orang yang dapat kamu percayai.

Pertanyaan untukmu, kenapa kamu tidak mencoba memulai bisnis dengan orang yang terdekat denganmu, yaitu keluarga? Menjalankan bisnis dengan keluarga sendiri memiliki banyak keuntungan. Ini dia beberapa keuntungan menjalankan bisnis dengan keluarga.

1. Lebih Bisa Dipercaya

Pasti kamu lebih percaya sama sepupumu, daripada temanmu.

Kepercayaan merupakan suatu hal yang mahal dan susah didapatkan. Akan sulit untuk membangun rasa percaya dengan orang yang baru kita kenal. Karena itu, keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan partner dalam berbisnis. Kamu pastinya sudah mengenal karakter dan kepribadian keluargamu dengan baik, sehingga kamu bisa lebih mempercayainya. Menjalankan bisnis pun akan lebih mudah, karena masing-masing sudah memiliki rasa percaya satu sama lain. Rasa saling percaya ini nantinya akan meminimalisir kecurigaan-kecurigaan dalam menjalankan bisnis, misalnya dalam masalah keuangan usahamu.

2. Memperkuat Relasi keluarga

Kamu bisa makin akrab sama istri atau anak-anak kakakmu.

Berbisnis dengan keluarga tidak hanya menguntungkan untuk bisnismu, tapi juga untuk keluargamu. Tingginya intensitas bertemu dan berkomunikasi akan membuatmu semakin akrab dengan keluargamu. Tidak dapat dipungkiri, kalau nantinya mungkin saja kamu akan menghadapi masalah dalam bisnis. Namun dengan menghadapi masalah bersama-sama, bonding keluarga akan semakin kental. Apabila dijaga dengan baik, mungkin keluargamu akan selalu akrab hingga generasi-generasi berikutnya.

3. Membuat Citra yang Lebih Baik

Nama baik keluarga akan mengangkat namamu juga.
Gambar: https://www.bbc.com/news/uk-44839803

Banyak pengusaha di Indonesia yang namanya melambung, bukan karena usahanya, melainkan karena nama keluarganya. Hal ini menunjukkan bahwa nama keluarga sangat mempengaruhi citra bisnis yang dijalankan. Bisnis keluarga yang sudah dijalankan secara turun temurun, memiliki citra yang sangat baik di masyarakat. Selain itu, karena membawa nama keluarga, biasanya seseorang juga akan lebih bertanggung jawab dalam pekerjaannya.

4. Lebih Bebas Berinovasi

Dalam bisnis keluarga, kamu akan lebih leluasa mengeksplor idemu.

Kalau kamu berbisnis dengan keluarga, ide dan kreativitasmu tidak akan dibatasi. Kamu bisa dengan lebih leluasa mengutarakan inovasi-inovasi yang kamu buat pada keluargamu. Walaupun tentunya tidak boleh sembarangan, tapi dalam usaha keluarga, birokrasi akan terasa lebih sedikit. Karena itu, kamu tidak akan terhambat oleh birokrasi yang rumit, seperti, jika kamu bekerja dengan orang lain. Kalau kamu bekerja dengan orang yang bukan keluargamu, pastinya kamu tidak akan sebebas bila dengan keluarga, dalam berinovasi dan berkreasi.

5. Mengurangi Biaya untuk Pegawai Ahli

Nggak perlu menggaji staf ahli yang gajinya besar banget.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan berbisnis dengan keluarga, adalah kamu tidak perlu mencari tenaga ahli. Ini akan sangat menghemat biaya. Kamu hanya perlu mengajarkan partner kerjamu atau keluargamu ini, bagaimana melakukan, apa yang sudah kamu lakukan selama ini. Kamu juga bisa mewariskan ilmunya, hingga ke keturunan-keturunan berikutnya. Kalau kamu dan partnermu juga masih baru dalam usaha ini, kalian bisa  bisa belajar bersama. Saling support adalah kunci untuk kemajuan bisnis keluargamu.


Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, kalau kamu menjalankan bisnis dengan keluargamu. Selain lebih dapat dipercaya, sesama keluarga biasanya akan cenderung lebih dapat menerima diri dan cara kerjamu dengan apa adanya. Untuk kamu yang masih bingung mau mulai usaha dengan siapa, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat #berUsaha dan tetap semangat.



2 comments

  1. 5 Tips Mencari Rekan yang Tepat untuk Usahamu – Halosis Blog

    […] Kriteria pertama dan paling penting dalam memilih rekan usaha, adalah bisa dipercaya. Seseorang yang akan kamu jadikan rekan haruslah seseorang yang bisa kamu percaya. Kalau dari awal sudah tidak ada kepercayaan satu sama lain, maka akan sulit untuk kamu dan rekanmu bekerja sama.. Kepercayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dan sangat sulit untuk didapatkan. Karena itu, pilihlah untuk bekerja sama dengan orang yang bisa kamu percaya. […]

Leave a Reply