5 Cara Jitu Bangun Brand Bisnis Online dengan Sosial Media.

Perhatikan 5 cara ini untuk memaksimalkan sosial media dalam membangun brand bisnis online mu!

HALOSIS.CO.ID, Jakarta – Kalau kamu membaca artikel ini, mungkin kamu sudah tahu mengenai branding. Mungkin juga kamu sudah mengetahui beberapa tips branding dari website lain dan cara-cara jitu dalam melakukan branding sebuah bisnis. Tapi untuk membangun brand dengan sosial media, mungkin apa yang akan kamu baca dibawah ini akan menjadi hal yang sederhana namun efeknya sangat bermanfaat untuk memaksimalkan sosial media bisnis online mu untuk membangun brand bisnis online mu!

Kamu pasti sudah baca artikel tentang cara membuat konten menarik untuk sosial media, cara menambah followers, mendapat likes, bahkan mengenai SEO (search engine optimization) untuk setiap postingan mu di sosial media bisnis online mu. Semua itu adalah hal pokok yang harus kamu ketahui dalam membangun brand melalui sosial media. Tapi tidak hanya itu, ada supporting things yang harus kamu ketahui agar setiap teknik yang kamu kerjakan benar-benar membawa efek positif untuk brand bisnis mu. Apa saja itu? Mari simak 5 cara memaksimalkan sosial media untuk membangun brand mu.

#1 – More and Better Social Profile.

Kalau kamu hanya menggunakan 1 atau 2 sosial media yang ada, mungkin kamu akan kehilangan banyak potensial customer dari bisnis online mu. Ada keuntungan dibalik banyaknya sosial media profile yang kamu miliki di berbagai sosial media platform. Kamu akan dapat mengkontrol brand mu dan mendapat ranking lebih baik dari search engine (better SEO). beberapa alternatif yang harus kamu coba misalnya Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Youtube. Jangan lupa saling menghubungkan profile bisnis mu di setiap platform karena ini akan jadi nilai tambah untuk brand mu pada search engine. Jangan lupa isi deskripsi profil bisnis mu secara seragam dan konsisten di berbagai platform. Deskripsi profil ini penting karena inilah apa yang akan pertama kali dilihat orang ketika membukan akun sosial media mu!

#2 – Pelajari Google Keywords dan Pastikan Deskripsi Profil Bio Mengandung Keywords Tersebut.

You know how SEO works right? Mencari keywords untuk bisnis online mungkin mudah, tapi menyelipkan keywords tersebut kedalam deskripsi/bio sebuah akun bisnis mungkin tidak mudah. Ketidakmudahan inilah yang akan membuat kamu belajar bagaimana menyusun rangkaian kalimat. Gunakan Google Search untuk membantu kamu menentukan keywords. Misalnya, Halosis yang memiliki tujuan untuk membantu para penjual online untuk jualan lebih banyak. Maka keywords yang sering dicari orang di Google Search adalah “Meningkatkan Penjualan di Instagram”, maka pada Bio akun Halosis akan ditulis “Tingkatkan Penjualan Olshop Instagram-mu dengan……:”. Dengan begitu pesan yang ingin disampaikan brand Halosis menyatu dengan keywords yang laris dicari orang di Google. Ini memang tidak secara langsung akan memberikan efek, semuanya perlu proses bersamaan dengan makin banyak dan baiknya konten posting di sosial media bisnis mu.

#3 – Perhatikan Kualitas Foto Profil dan Cover Foto.

Buat follower yakin dengan maksud dan tujuan dari bisnis online mu dengan menunjukan profil foto dan cover foto yang profesional. Jika kamu punya brand logo, gunakanlah. Jika tidak, buatlah profil picture yang menggambarkan toko online mu dan menunjukan identitas brand mu. Brand is in everything. Salah satu yang utama dilihat orang adalah foto profil mu.

#4 – Postingan Berkualitas dan Jangan Biarkan Mati.

Kamu tidak perlu keseringan posting. Ada kiasan, “lebih baik tidak punya akun sosial media daripada memiliki akun sosial media yang mati”. Kiasan ini benar, tapi bukan berarti secara hyper melakukan posting. Lakukan dengan perencanaan dan perhatikan kualitas posting. Kembali lagi pada konten, penentuan konten harus sejalan dengan identitas brand bisnis online mu.

#5 – Jadilah Berbeda.

Berbeda berarti orisinil. Berbeda disini bukan hanya berbeda dari orang lain atau akun sosial media lainnya, tentu kamu akan berbeda dengan yang lainnya. Berbeda disini lebih mengarah pada penggunaan sosial media platform itu sendiri. Setiap platform memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Misalnya Instagram baik untuk share picture, LinkedIn mungkin bukan tempat untuk berbagi foto. Jangan gunakan Youtube untuk membuat video kumpulan foto-foto dari Instagram. Kita harus memaksimalkan setiap kelebihan dari sosial media platform agar setiap konten dari platform yang ada memiliki arah yang sama tapi jenisnya berbeda. Akan sulit jika hanya dikerjakan oleh seorang, mengelola sosial media bukan hal yang enteng. Ingat tips nomor 4, perhatikan kualitas. Lebih baik posting sebulan 1-2x tapi memiliki kualitas konten yang berisi daripada postingan sama dan tidak berbobot. Cobalah fokus ke beberapa sosial media dimana target market mu berada lebih aktif. Dan nantinya ketika bisnis berkembang, kita bisa rekut orang lebih banyak untuk mengerjakan sosial media yang lainnya.

 

Sosial media menjadi hal yang wajib bagi setiap bisnis. Karena dengan sosial media, yang dikelola dengan benar dan terencana, dapat menjadi marketing tools yang sangat efektif dan efisien ketimbang harus mengeluarkan budget ditempat lainnya.

 

Menurut mu, mana tips yang paling akan berdampak jika dilakukan? 😉

Leave a Reply