Halosis.co.id, Jakarta – Platform untuk berbagi foto yang sangat popular ini sudah ada sejak tahun 2010 dan sekarang telah memiliki lebih dari 700 juta pengguna secara global. Tahun 2016 lalu, Instagram mulai menawarkan kemampuan untuk beralih ke Bisnis Profil.
Konversi ke Profil Bisnis ini gratis dan berikut ini adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan setelah mengonversi akun Anda.
1 – Insight
Hal paling penting yang perlu diperhatikan setelah mengonversi akun adalah kemampuan untuk analisis posting, atau seperti Instagram menyebutnya, Insight. Insight memberi Anda berbagai statistic yang bias Anda gunakan untuk mengukur seberapa sukses sebuah posting atau cerita. Namun perlu dicatat bahwa Anda hanya bisa mendapatkan statistic pada posting yang Anda buat setelah mengubah akun menjadi Profil Bisnis, Anda tidak dapat mendapatkan informasi analitik pos sebelumnya.
Statistik yang bisa Anda lihat adalah:
Likes – Frekuensi posting yang telah disukai
Comments – Jumlah komentar yang ditulis di pos
Saved – Jumlah akun unik yang telah menyimpan pos
Impressions – Jumlah berapa kali pos telah dilihat
Reach – Jumlah akun unik yang telah melihat pos
Engagement – Jumlah akun unik yang menyukai, menyimpan, atau mengomentari sebuah pos
Dengan menggunakan profil bisnis, Anda dapat mengetahui seberapa baik pos Anda bekerja, dengan melihat jumlah impressions dan dibandingkan dengan jumlah engagement yang ada, Anda dapat melihat berapa kali pos Anda terlihat.
2 – Kontak pertama
Sebelum Profil Bisnis, satu-satunya cara bagi pengunjung untuk melakukan kontak adalah dengan memberikan URL ke situs web dan berharap mereka akan meluangkan waktu untuk mencari rincian kontakdi halaman web. Dengan Profil Bisnis, Anda bisa memberikan informasi kontak Anda secara langsung, termasuk alamat email, nomor telepon, dan alamat bisnis.
Ini juga merupakan fitur yang memungkinkan pengunjung untuk menghubungi Anda dengan mudah, sebatas menekan tombol.
3 – Promosi
Untuk dapat menjalankan promosi dan memunculkannya sebagai pos sponsor dalam feed orang lain, Anda membutuhkan Profil Bisnis. Setelahnya, Anda dapat memerikan langsung insight untuk pos promosi tersebut, untuk melihat seberapa sukses atau menariknya pos tersebut.
4 – Link Langsung ke Facebook
Anda bisa menghubungan halaman bisnis Facebook Anda dengan akun Instagram. Hal ini juga memungkinkan untuk berbagi pos Instagram langsung di halaman bisnis Facebook. Selain itu profil Instagram juga secara otomatis mengimpor kategori di halaman bisnis Facebook, jika halaman bisnis Facebook mengidentifikasi sebagai Clothing Shop, maka halaman profil Instagram Anda pun akan sama.
5 – Identifikasi sebagai Bisnis
Jika akun Instagram Anda ada untuk mendukung bisnis Anda, maka Anda harus mengidentifikasi diri sebagai bisnis. Seperti banyak layanan media sosial lainnya, sifat dari algoritma feed Instagram tidak dipublikasikan, namun profil bisnis dapat diharapkan berperingkat lebih tinggi.
Jika Anda memiliki bisnis fotografi dan ingin membantu menjual layanan menggunakan pos Instagram, biarkan konsumen tahu dari profil Anda bahwa Anda adalah bisnis dan cara menghubungi Anda.