7 Tips Membuat Nama Olshop Menarik

Nama adalah salah satu komponen paling penting dalam branding produk
Gambar: https://www.thoughtco.com/what-to-know-about-german-names-1444327

Halosis.co.id, JakartaMemberi nama sebuah online shop mungkin terlihat seperti hal yang mudah. Namun kenyataannya, memilih pemberian nama untuk olshop cukup sulit dan membutuhkan kreativitas tinggi. Nama online shop memiliki peran yang cukup besar. Selain harus memiliki filosofi, nama yang olshop juga bisa mempengaruhi minat pembeli. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memberikan nama untuk toko online milikmu.

1. Merepresentasikan Barang Jualanmu

Jangan berikan nama yang sama sekali tidak berkaitan dengan barang jualanmu.
Gambar: https://www.shopfabfindz.com/shop/educational-word-spelling-game/

Dalam memberikan nama toko online, pastikan kalau nama tersebut berkaitan dengan produk yang kamu jual. Sehingga ketika orang mendengar nama tokomu, bisa langsung mengasosiasikannya dengan barang yang kamu jual. Jangan buat nama toko yang tidak berhubungan dengan produkmu. 

2. Singkat dan Jelas

Usahakan agar nama olshopmu tidak lebih dari sepuluh suku kata.
Gambar: https://www.bbc.co.uk/newsround/45639056

Usahakan agar nama olshopmu tidak lebih dari sepuluh suku kata.
Gambar: https://www.bbc.co.uk/newsround/45639056

Penamaan toko online sebaiknya jangan terlalu panjang. Buatlah nama yang sederhana, singkat, tapi jelas. Semakin panjang nama yang kamu pilih, akan semakin sulit untuk diingat. Buatlah nama yang tidak terlalu panjang, agar mudah diingat orang. 

3. Mudah Diucapkan

Hindari penggunaan konsonan yang bisa membuat pengucapan yang ambigu.
Gambar: https://marketingland.com/talk-human-time-brands-get-real-145728

Selain harus singkat dan jelas secara tulisan, nama tokomu juga sebaiknya mudah untuk diucapkan. Semakin sulit cara mengucapkannya, maka semakin sulit untuk customer mengingat nama tokomu. Hindari penggunaan huruf asing yang memiliki pengucapan berbeda, untuk meminimalisir kesalahan dalam menyebutkan nama tokomu. Hindari juga konsonan-konsonan yang memiliki bunyi yang aneh, ketika diucapkan sebagai satu kesatuan. 

4. Unik

Nama yang unik akan menjadi nilai plus untuk tokomu.
Gambar: http://www.artisanowlmedia.com/creating-an-unstoppable-brand-your-unique-brand-perspective/

Salah satu yang terpenting dalam pemberian nama toko online adalah keunikan. Keunikan nama toko akan membuat orang semakin mudah untuk mengingat nama tokomu. Selain itu, nama yang unik juga bisa memberikan daya tarik tersendiri, sehingga orang yang baru pertama kali mendengar penasaran, dan ingin membeli produk jualanmu. 

5. Hindari Penyingkatan

Usahakan untuk tidak membuat nama toko dari penyingkatan nama owner.
Gambar: https://www.osageschools.com/families/commonly-used-education-acronyms

Hindari menyingkat-nyingkat kata dalam pemberian nama. Penyingkatan kata-kata akan membuat nama tokomu terlihat tidak profesional. Hindari juga penyingkatan dari beberapa nama (misalnya namamu dan orang tua), yang kemudian digabung menjadi satu.

6. Pastikan Belum Pernah Digunakan

Cara termudah untuk memastikan nama tokomu original, adalah dengan mencarinya di mesin pencarian otomatis.
Gambar: https://annecohenwrites.com/stop-googling-people-first-dates/

Setelah membuat nama, pastikan kalau nama itu belum pernah digunakan sebelumnya. Kamu bisa mencarinya di mesin pencarian otomatis seperti google. Kalau ternyata nama yang kamu buat sudah pernah dipakai oleh orang lain, lebih baik kamu mengganti nama. Karena kalau nama yang sudah ada tersebut dari perusahaan besar, kamu bisa dituntut karena menjadi plagiat,

7. Buatlah beberapa Pilihan

Buat list beberapa alternatif nama untuk tokomu.
Gambar: http://www.ashley-bovan.co.uk/words/wordlists.html

Dalam membuat nama, pastikan juga kamu membuat beberapa pilihan. Ini akan memudahkanmu, memilih nama terbaik untuk olshopmu. Jangan hanya berfokus pada satu nama, tapi carilah banyak nama yang bisa digunakan dan sesuai dengan nilai usaha yang kamu pegang. 


Demikianlah beberapa tips membuat nama yang menarik untuk online shop yang kamu kelola. Pastikan agar nama yang kamu buat unik dan mudah diingat. Nama toko merupakan aspek paling penting dalam branding. Jadi jangan sampai kamu asal-asalan memberi nama untuk tokomu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha. 



Leave a Reply