Etika Berjualan Online di Tengah Pandemi COVID-19

Halosis.co.id, Jakarta – Etika merupakan hal yang sangat penting dalam setiap hal, tanpa kecuali juga dalam dunia bisnis. Jualan online juga ada etikanya, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini.

Dalam situasi seperti ini, berbelanja online memang menjadi pilihan aman untuk memenuhi kebutuhan karena bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus membuat kontak dengan banyak orang. Karena itu, sebagian besar online seller pasti sedang kebanjiran order saat ini.

Namun sayangnya, banyak online seller yang emanfaatkan keadaan ini untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperhatikan etika dalam berjualan online. Bahkan ada banyak yang tak segan melakukan penipuan dan merugikan pelanggan dengan iming-iming bisa menyediakan masker ataupun handsanitaizer yang saat ini sedang sangat dicari.

Kamu pastinya tidak mau menjadi online seller yang seperti itu kan? Jadi , apa saja etika berjualan online yang harus kamu perhatikan saat pandemi COVID-19 seperti ini? Simak selengkapnya di bawah ini:


1. Memberikan Harga yang Wajar

Orderan yang terus berdatangan pasti membuat stok barang yang kamu punya lebih cepat habis. Sebagian online seller memanfaatkan situasi ini untuk menaikkan harga barang. Tentu saja hal ini bukanlah tindakan yang benar.

Dengan menaikkan harga secara tidak wajar, kamu tidak hanya merugikan pelanggan tapi dirimu sendiri. Kepercayaan dan empati pelanggan akan kredibilitas toko online-mu akan menurun drastis atau bahkan hilang. Setelah Pandemi Corona berakhir, kamu mungkin akan kehilangan sebagian besar pelangganmu karena merasa telah dirugikan dengan harga yang tidak wajar.

Selain itu, saat ini banyak marketplace yang memberikan sanksi untuk toko-toko yang menaikkan harga secara tidak wajar. Kamu nggak mau kan toko online-mu diblokir marketplace? Kalau begitu, tetap berikan harga yang wajar dan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Dengan begini, kamu tidak hanya memberikan dirimu pemasukan, tapi juga membantu banyak orang melewati krisis akibat Pandemi Corona dengan menyediakan kebutuhan mereka dengan harga yang wajar.


2. Hindari Jual Borongan

Tidak cuma menjual dengan harga wajar, kamu juga harus menghindari jual barang secara borongan. Kamu mungkin adalah orang yang jujur dan tetap memberikan harga yang wajar untuk pelanggan, tapi orang lain belum tentu. Jangan berikan celah untuk orang-orang yang kurang bertanggung jawab mengambil banyak stok darimu, lalu menjualnya lagi dengan harga yang tidak wajar.

Barang-barang seperti masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, dan sebagainya saat ini sedang sangat sulit untuk dicari. Bagi kamu online seller yang menjual barang-barang tersebut dan masih memiliki banyak stok, sebaiknya tetap menjual produk tersebut secara ecer atau lakukan pembatasan jumlah stok saat pelanggan meng-order. Dengan begini, kamu membantu orang-orang yang benar-benar membutuhkan untuk tetap dapat membeli produk yang kamu jual.


3. Jujur dalam Menjual Barang

Etika yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah kejujuran. Kamu tidak boleh menipu pelanggan dari foto maaupun deskripsi barang. Pelanggan yang berbelanja online tidak bisa melihat barang secara langsung, sehingga mereka mempertimbangkan untuk membeli produkmu dari foto dan deskripsi yang kamu cantumkan.

Sudah banyak kasus toko online dengan barang yang tidak sesuai dengan gambarnya, tentu hal tersebut membuat pelanggan kecewa dan berujung pada kritik negatif mereka pada toko online-mu. Dalam kasus yang lebih ekstrim, baru-baru ini ada online seller yang bahkan tega mengirimkan masker bekas pakai pada pelanggannya. Padahal dari gambar dan deskripsi, masker yang dijual adalah masker disposable baru. Jangan jadi online seller yang seperti ini. Sesuaikanlah gambar denga produk asli yang kamu jual.

Selain itu, kamu harus memperhatikan juga deskripsi. Tulislah deskripsi barang yang memang sesuai dengan kenyataannya. Pelanggan akan merasa puas jika barang yang diterimanya sesuai dengan deskripsi barang yang ada, terutama di masa ini, pelanggan ‘dipaksa’ berbelanja online untuk memutus rantai penyebaran virus, tentu ini saat yang tepat bagi kamu untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan pada toko online-mu. 


4. Packing Barang dengan Rapi dan Jaga Kebersihannya

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana kamu mengemas produkmu hingga sampai ke tangan pelanggan dengan aman. Sangat penting untuk mempacking barang dengan rapi, selain untuk menjaga barang tetap aman dan tidak rusak. Pelanggan akan mudah percaya kalau barang kamu bagus jika kamu mengemasnya dengan baik.

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan kebersihannya tetap terjaga apalagi di masa pandemi ini. Pastikan produkmu bersih dan aman. Jangan lupa untuk mencuci tangan agar tetap steril sebelum membungkus paket yang akan kamu kirim. Bila diperlukan, kamu juga bisa menyemprotkan desinfektan ke produkmu agar bersih dari virus apa pun.


Nah, itu dia tadi etika berjualan online yang harus diperhatikan saat pandemi COVID-19 ini. Gimana, kamu sudah menerapkannya belum? Kalau kamu sudah tetap lanjutkan ya, tapi kalau belum, sekarang saatnya kamu terapkan poin-poin di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply