6 Tips Jitu Jualan Laris di Instagram

Kembangkan #Usahamu lewat media sosial Instagram

Halosis.co.id, Jakarta –  Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tidak hanya tempat berbagi foto dan video, Instagram juga tempat sangat populer dalam berjualan online.

Selain karena penggunanya yang banyak di Indonesia, Instagram tidak berbayar, dan mudah digunakan. Tampilannya yang sederhana dan fitur-fitur yang menarik juga menjadikan Instagram sangat pas untuk berjualan online. Berikut ini 7 tips jitu jualan laris di Instagram ala Halosis.

1. Buat Akun Bisnis Instagram Khusus Jualan


Pantau terus traffic instagrammu dengan fitur insight

Saat ini instagram memiliki dua pilihan akun, yaitu personal dan bisnis. Halosis sangat merekomendasikan kamu untuk membuat akun bisnis khusus untuk jualan. Dengan memiliki profil bisnis, kamu akan mendpatkan banyak keuntungan, salah satunya dengan fitur insight yang hanya ada pada akun bisnis.

Melalui fitur ini, kamu bisa memantau traffic IGmu dengan lebih jelas. Kamu bisa tahu, siapa audience akun instagram tokomu, jam-jam akunmu ramai, postingan yang menghasilkan engagement bagus, dan lainnya. Semua ini bisa membantu kamu untuk lebih mengenali dan membangun relasi dengan pelanggan, serta membantu untuk menciptakan konten-konten baru yang menarik bagi followers akunmu.

2. Buat Feeds Instagrammu Semenarik Mungkin


Feeds yang menarik nggak susah dibuat kok!
Gambar: https://www.hipwee.com/travel/7-langkah-simpel-bikin-feed-instagram-kamu-rapi-follower-pun-akan-berdatangan-tanpa-henti/

Tampilan feeds Instagram merupakan penarik perhatian paling utama, saat orang membuka profil instagram yang kamu miliki. Agar dapat membuat orang tertarik dengan produk yang kamu jual, kamu harus memiliki tampilan feeds yang bagus. Jadi, sebelum kamu mengupload foto-foto produkmu, pastikan kamu sudah memiliki konsep untuk feeds instagrammu.

Selain itu, kamu juga harus rutin mengupload foto. Semakin banyak yang dapat dilihat di profilmu, maka akan semakin menarik bagi pengguna Instagram. Jangan malas untuk mengedit foto agar tampilan Instagrammu semakin kece.

3. Tambah Terus Followers Instagram

Interaksi dengan followers menjadi kunci dalam membangun relasi dengan pelanggan.

Jumlah followers secara memberikan citra tersendiri terhadap tokomu. Selain terlihat lebih profesional, kamu juga bisa menjaring lebih banyak pembeli baru, jika kamu memiliki banyak followers. Ada banyak cara untuk menambah jumlah followers, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Kamu hanya perlu mencari metode yang sesuai dengan budget kantongmu.

4. Buat Promo Kreatif

Promo harus menguntungkan pembeli dan penjual.

Untuk meningkatkan penjualan tokomu di Instagram, sesekali kamu perlu membuat promosi. Promosi yang dapat kamu lakukan memang ada banyak, mulai dari memberikan diskon, giveaway, gratis ongkir, cashback, dan lain-lain. Kalau kamu ingin mencoba promo dengan cara baru, kamu juga bisa mencoba promosi melalui direct message (DM).

Untuk meningkatkan penjualan tokomu di Instagram, sesekali kamu perlu membuat promosi. Promosi yang bisa kamu lakukan ada banyak, misalnya memberikan diskon, potongan harga, giveaway, gratis ongkir, cashback, dan lain-lain. Kalau kamu ingin mencoba promo dengan cara baru, kamu juga bisa mencoba promosi melalui direct message (DM).

Saat membuat promo, pastikan agar promo yang kamu buat tidak hanya menguntungkan pelanggan, tapi juga menguntungkan buatmu. Cobalah pikirkan promo yang bisa mempopulerkan akun Instagram tokomu. Misalnya dengan membuat potongan harga, kalau pembelimu share promo yang sedang berlangsung ke 10 orang temannya. Pakailah kata-kata promosi yang menarik perhatian pelanggan.

5. Jangan Melulu Jualan!


Soft selling sangat cocok dilakukan dalam berjualan di media sosial.
Gambar: https://krmangalam.edu.in/blog/effective-marketing-management-can-help-to-raise-the-overall-value-of-a-business/

Agar tidak membosankan, isilah Instagram tokomu dengan konten-konten lainnya yang dapat menambah wawasan. Hal ini dapat kamu lakukan agar customer tokomu tidak bosan. Kamu dapat memposting fakta-fakta menarik yang masih berkaitan dengan produk yang kamu jual. Atau, kamu juga bisa membuat konten-konten menarik, yang tidak menampilkan barang jualanmu, tapi tetap “menjual” dengan teknik soft selling. Selain itu, kamu dapat memposting hari-hari penting nasional, maupun internasional, atau berita-berita yang sedang menjadi trending topic.

6. Gunakan Tagar dan Caption yang Sesuai

#caripakaihashtag lebih efektif.
Gambar: https://postcron.com/en/blog/hashtags-on-instagram/

Dalam memposting produk, kamu harus selalu menyertakan caption dan tagar (#hashtag) yang sesuai. Dalam caption, kamu bisa memberikan deskripsi produk, seperti ukuran, bahan, harga, dan kontak. Informasi-informasi ini akan mempermudah pelanggan dan menghemat waktumu untuk membalas pertanyaan-pertanyaan seputar produk.

Selain caption, #tagar juga tak kalah penting. Dengan #tagar yang tepat, akan semakin banyak orang terhubung ke akunmu. Pencarian melalui #tagar adalah salah satu teknik pencarian yang efektif dan banyak dilakukan. Karena itu, jangan buang kesempatanmu untuk menjangkau pelanggan baru!


Itu dia beberapa tips jitu jualan laris di Instagram yang bisa Halosis bagikan untuk membantumu #Usahamu. Dengan penggunaan yang tepat, Instagram bisa membawa keuntungan yang besar untuk #Usahamu. Tetap #berUsaha dan selamat mengeksplor Instagram!



2 comments

Leave a Reply