5 Tips Jitu Laris Jualan di Facebook

Facebook sekarang memiliki banyak fitur untuk membantu kamu yang mau jualan.
Gambar: https://thenextweb.com/facebook/2018/04/17/facebook-says-it-wants-to-give-you-control-over-your-data-but-it-wont/

Halosis.co.id, JakartaFacebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook mencapai 130 juta pada tahun 2018. Tak heran, Facebook menjadi salah satu tempat jual beli online yang banyak dipakai orang. Saat ini, fitur-fitur dari Facebook semakin canggih dan mempermudah pengguna yang ingin berjualan melalui Facebook. Berikut ini beberapa tips agar jualan laku di Facebook.

1. Menambah Teman yang Mau Dijadikan Target Penjualan

Kalau mau jualan laris, harus punya banyak teman.
Gambar: https://foodforfaith.org.nz/2015/02/fff-fbook/

Setelah membuat akun Facebook dan melengkapi profil, kamu harus menambah teman sebanyak-banyaknya. Semakin banyak temanmu, semakin banyak yang melihat produk yang kamu jual. Tambahkan teman yang ingin kamu jadikan target pasar dari produk. Untuk tahap awal, kamu bisa menjadwalkan untuk menambah 50 teman dalam sehari, 10 di pagi hari, 20 siang, dan 20 di malam hari. Dengan ini, kamu akan terbiasa menambahkan teman setiap hari.


2. Posting Seperti Makan Obat

Bukan cuma minum obat yang harus 3 kali sehari, update status juga loh.
Gambar: https://www.allamericanspeakers.com/blog/event-planning-facebook/posting-on-facbook/

Kalau ingin jualan laris manis di Facebook, postinglah sesuatu, paling tidak 3 kali dalam sehari. Semakin sering kamu memposting, maka semakin sering kamu muncul di beranda teman-temanmu. Kamu bisa membuat beragam postingan, mulai dari foto hingga video. Facebook memiliki fitur upload foto dengan resolusi paling baik, dibandingkan dengan media sosial lainnya. Kamu bisa mengupload foto dengan resolusi tinggi, tanpa takut resolusi gambarnya berkurang. Kamu juga bisa mengupload video dengan durasi yang cukup panjang di Facebook. Selain itu kamu bisa mengirimkan artikel ataupun link terkait ke Facebook jualanmu.


3. Manfaatkan Grup dan Fanpage

Group & Fanpage tempatnya menjaring massa.
Gambar: https://billionairecoach.co.id/fb-ads/fanpage-untuk-facebook-ads

Agar dapat menjaring lebih banyak calon pembeli, kamu harus masuk ke dalam grup. Kamu bisa mencari grup-grup jualan terbuka, lalu postinglah barang-barang jualan. Kamu juga bisa memanfaatkan grup untuk menambahkan teman-teman tertarget. Kamu juga bisa membuat grup tertutup dengan teman-temanmu, untuk memperkenalkan produk yang kamu jual. Selain itu, agar terlihat lebih meyakinkan, buatlah Fanpage Facebook. Jangan sia-siakan fitur ini, karena Fanpage dapat menampung member tidak terbatas. Kunci keberhasilan sebuah fanpage terletak pada interaksi yang terjadi. Postinglah konten-konten yang menarik dan bermanfaat, agar kamu mendapatkan banyak respon.

4. Coba Facebook Marketplace

FB Marketplace, khusus untuk jualan.
Gambar: https://digitalairstrike.com/blog/explained-in-60-seconds-facebook-marketplace-for-auto-dealerships/

Fitur terbaru dari adalah Marketplace yang memang ditujukan untuk berjualan di Facebook. Tampilan fitur ini juga mirip dengan e-commerce pada umumnya. Terdapat nama penjual, gambar produk, deskripsi produk, harga, dan lokasi. Kamu juga bisa negosiasi harga lewat chat dengan calon pembeli. Fitur ini semakin memudahkan kamu untuk berjualan di Facebook.

5. Gunakan Facebook Ads

Modal dikit dong, supaya bisa ngiklanin produkmu.
Gambar: https://www.techwyse.com/blog/internet-marketing/merge-facebook-ads-and-your-content-for-larger-roi/

Facebook Ads merupakan fitur iklan berbayar dari Facebook. Apabila kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperluas pemasaran. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan di Facebook sangat bervariasi, tergantung target pasarnya. Rata-rata biaya iklan grafis di Facebook berkisar Rp. 13.500 untuk 1000 view. Iklan dalam bentuk video tentunya lebih mahal lagi. Pastikan kamu punya modal yang besar, kalau ingin memasang iklan di Facebook.


Demikian 5 tips jitu laris jualan di Facebook ala Halosis. Apakah kamu sudah pernah coba semuanya? Semoga bermanfaat dan selamat #berUsaha!



3 comments

  1. 10 Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online | Halosis Blog

    […] kamu bisa mulai dari memanfaatkan media sosial yang sangat populer untuk pemasaran saat ini. Kamu juga bisa memasang iklan berbayar seperti facebook ads atau google ads untuk menunjang pemasara…. Kamu tidak perlu menggunakan melakukan metode pemasaran lama, misalnya membagi-bagikan […]

Leave a Reply