5 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Dalam dunia #Usaha, kesalahan besar lebih sering terjadi pada pemula.
Gambar: https://news.efinancialcareers.com/it-en/294683/lbs-emotions-at-work-sc

Halosis.co.id, Jakarta – Dalam menjalani sebuah usaha, masa-masa awal merupakan masa-masa paling sulit dan krusial. Apalagi untuk seorang pemula, bulan-bulan pertama merupakan penentu masa depan usahanya. Namun banyak pemula yang melakukan kesalahan pada masa awal karirnya. Ini dia beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula.

1. Perencanaan yang Tidak Matang

Jangan ambil risiko, tapi rencanakan #Usahamu dengan matang.
Gambar: https://atlantachallenge.com/event-planning-tips/

Dalam sebuah usaha, perencanaan dapat diibaratkan sebagai sebuah pondasi. Semakin kurang matang perencanaan yang dilakukan, maka akan semakin besar pula risiko yang kamu miliki sebagai seorang #pengUsaha.

Banyak pengusaha pemula yang terlalu cepat memulai, tanpa memikirkannya dengan matang setiap detail rencananya. Akibatnya akan terasa saat terjadi hal-hal yang tak terduga. Kamu akan mengalami kesulitan, karena belum pernah memikirkan langkah antisipasi atau penanggulangannya. Setiap aspek dalam usaha harus diperhitungkan beserta risikonya.


2. Terlalu Cepat Ekspansi

Jangan melakukan ekspansi terlalu cepat, kalau tidak mau bangkrut.
Gambar: https://www.universal-translation-services.com/guide-to-business-expansion-and-the-pivotal-role-of-translation-services/

Ekspansi atau perluasan usaha sebenarnya sebuah hal yang baik. Namun ekspansi sebaiknya dilakukan, saat kamu sudah benar-benar settle dengan usaha yang kamu jalani sekarang. Saat kamu belum memiliki keuntungan stabil, akan sangat berat, jika harus mengeluarkan biaya operasional dua kali lipat. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah kebangkrutan. Lakukanlah perluasan usaha, saat usahamu sudah memiliki pemasukan yang konsisten.

3. Tidak Memprioritaskan Konsumen

Pelayanan yang buruk akan membuat pelanggan kabur.
Gambar:https://www.salesforce.com/ca/blog/2016/11/train-customer-service-team.html

Hal yang berikutnya yang sering sekali berakibat fatal, adalah tidak memprioritaskan konsumen. Kamu hanya berfokus pada keuntungan usahamu, tanpa memikirkan pelanggan. Ada banyak pelanggan yang mungkin tidak puas dengan service yang kamu berikan. Atau mungkin ada konsumen yang merasa apa yang kamu tawarkan tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Kamu harus bisa menerima masukan sebanyak-banyaknya dari pelanggan. Dengan mengetahui yang dirasakan pelanggan, kamu bisa terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas usahamu.

4. Marketing yang Gagal

Marketing yang berhasil adalah yang tepat sasaran.
mbar: https://envoc.com/think/content-marketing-is-the-only-marketing-that-matters

Hal lain yang juga sering terjadi pada pengusaha pemula adalah marketing yang gagal. Kesalahan ini bisa terjadi, karena yang kamu tawarkan tidak tepat sasaran atau salah dalam memilih teknik marketing. Mungkin juga kamu terlalu banyak memberikan promosi, tanpa mempedulikan, apakah promosi tersebut berhasil. Atau mungkin juga marketing yang kamu lakukan sudah ketinggalan zaman.

5. Terlalu Banyak Utang

Saat berutang, kamu juga mewariskannya pada keturunanmu.
Gambar: http://www.goldtelegraph.com/the-world-is-drowning-in-debt/

Untuk sebuah usaha yang besar, memang diperlukan modal yang besar juga. Tidak jadi masalah berapapun yang harus kamu keluarkan untuk usahamu. Namun pastikan, kalau uang yang kamu jadikan sebagai modal adalah uangmu sendiri. Apabila terpaksa meminjam, jangan pernah meminjam uang dalam jumlah yang besar. Memiliki utang sangatlah beresiko bagi seorang pemula. Kamu yang baru saja terjun ke dunia usaha mungkin sulit untuk memperkirakan, usahamu ini akan berhasil atau tidak. Maka dari itu, hindarilah mengutang banyak untuk modal usaha.


Demikian beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula. Pastikan kamu menghindari dari kesalahan-kesalahan ini, agar usahamu bisa terhindar dari masalah di kemudian hari. Kalau kamu tidak memiliki modal, mungkin kamu bisa mencoba usaha tanpa modal ala Sahabat Halosis. Selamat #berUsaha!



2 comments

Leave a Reply