5 Tips Mengelola Usaha Sambil Kerja

Kamu harus terbiasa multitasking, kalau mau mengelola usaha sambil bekerja.
Gambar: https://www.nyaledarskapet.se/en/blogg/the-advantage-of-multitasking/

Halosis.co.id, JakartaMemiliki usaha sampingan, mungkin cukup sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Banyak orang yang berhasil membuktikan, kalau bekerja sambil berusaha bisa dilakukan. Bahkan banyak pebisnis yang menjadi sukses dari usaha sampingannya. Berikut ini Halosis ingin membagikan beberapa tips, untuk memudahkanmu mengelola usaha sambil bekerja.

1. Pilih Usaha yang Tepat

Jangan memulai usaha yang tidak familiar denganmu.

Apabila kamu baru mau memulai, pilihlah usaha yang tepat untukmu. Jangan jalankan usaha yang belum kamu mengerti. Mulailah dari hal-hal yang akrab atau memang adalah hobimu. Memulai usaha yang benar-benar baru, akan menguras lebih banyak tenaga, dan membuatmu tidak bisa fokus pada pekerjaanmu. Kamu bisa memulai dari usaha yang kecil, yang tidak memerlukan modal.

2. Ukur Kemampuan Diri

Jangan memaksakan diri.
Gambar: https://kellyyang.edu.hk/sw-standardized-tests/

Kalau kamu adalah orang yang baru memulai usaha, bulan-bulan pertama adalah waktu yang tepat untuk menguji kemampuanmu. Kalau kamu sudah mulai merasa tidak nyaman, lebih baik kamu mulai memikirkan Plan B dan jangan terlalu memaksakan diri. Kalau pekerjaanmu membuatmu stres terus menerus, kamu harus memmpertimbangkan untuk melepas salah satunya.

3. Mendisiplinkan diri

Disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan.

Mendisiplinkan diri merupakan suatu hal yang cukup sulit. Disiplin berarti  kamu bisa membuat batas, antara pekerjaan kantor dan pekerjaan usahamu. Jangan pernah mengerjakan usahamu di kantor tempatmu bekerja. Sebaliknya, kamu sebaiknya fokus pada usaha sampingan, ketika kamu sudah tidak di kantor. Berikan batasan, kapan kamu harus bekerja secara profesional, dan kapan kamu harus fokus pada usahamu.

4. Mengatur Waktu dengan Baik

Maksimalkan waktu luang yang kamu punya untuk mengurus usahamu.
Gambar: https://thetorchjfk.com/1055/goodtalks/1055/

Waktu adalah segalanya. Sebagai seseorang yang memiliki pekerjaan ganda, kamu harus bisa mengatur waktumu dengan baik. Biasakan membuat jadwal kerja secara spesifik. Misalnya jam 19.00-21.00 kamu gunakan, khusus untuk membalas chat order dari pelanggan. Kalau kamu sering lupa waktu, kamu bisa membuat to do list, untuk mengingatkanmu setiap saat.

5. Cari Partner

Bekerja dalam tim akan meringankan pekerjaanmu.
Gambar: https://www.biztalk360.com/partners/

Agar pekerjaanmu tidak semakin berat, carilah orang-orang yang dapat dipercaya, untuk menjadi partner usahamu. Kamu bisa menjadikan dia sebagai tangan kananmu, untuk mengambil keputusan jika kamu sedang tidak ada. Kalau usahamu sudah semakin berkembang, kamu bisa mencari partner-partner lain, sehingga pekerjaanmu akan semakin ringan.


Demikianlah tips dari Halosis, agar kamu bisa tetap bekerja sambil #berUsaha dengan hasil yang maksimal. Untuk kamu yang ingin memulai usaha sampingan tanpa modal, kamu sangat cocok untuk jadi Sahabat Halosis. Yuk gabung jadi Sahabat Halosis, dan dapatkan banyak sekali kemudahan dalam #berUSaha. Selamat mencoba!



Leave a Reply