4 Kelebihan Personal Selling

Sebelum mulai berjualan, kamu harus tahu, teknik penjualan seperti apa yang paling sesuai denganmu.

Halosis.co.id, Jakarta – Dalam berjualan, ada banyak sekali teknik yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah personal selling. Personal selling dapat diartikan sebagai teknik penjualan kepada pelanggan yang dilakukan dengan pertemuan tatap muka. Personal selling masih menjadi salah satu teknik penjualan yang sangat diandalkan. Berikut ini beberapa kelebihan dari personal selling menurut Halosis.

1. Hubungan yang Lebih Akrab

Kamu dan pelanggan akan menjadi seperti teman akrab.
Gambar: https://homebusinessmag.com/businesses/how-to-guides-businesses/4-ways-make-great-impression-first-ever-client-meeting/

Kelebihan personal selling yang pertama adalah, kamu bisa memiliki hubungan yang lebih akrab dengan pelanggan. Dengan personal selling, kamu tidak sekedar menjual barang, tapi berkomunikasi dengan pelanggan. Interaksi yang kamu lakukan dengan pelanggan merupakan upaya untuk mengenal pelanggan lebih dekat. Jika kamu mengenal pelanggan lebih dekat, kamu bisa lebih mudah untuk memenangkan hati pelanggan.

2. Lebih Mudah Mengenalkan Produk

Dengan personal selling, kamu lebih leluasa untuk menceritakan produkmu.
Gambar: https://www.thegolfclub.info/related/personal-selling-techniques.html

Dengan personal selling, penjual akan lebih mudah untuk mengenalkan produk. Biasanya seorang yang melakukan personal selling, akan membawa sampel dari produk yang ditawarkan. Dengan sampel, kamu dapat menunjukkan secara langsung keunggulan atau hal-hal yang diunggulkan dari produkmu. Dengan sampel, pembeli pun akan lebih mudah mengingat produk yang kamu jual.

3. Lebih Mudah Mendapatkan Feedback

Feedback akan membantumu meningkatkan performa penjualanmu.
Gambar: https://talentadore.com/feedback-promotes-growth/

Kalau kamu melakukan personal selling, kamu bisa mendapatkan feedback dengan lebih mudah. Karena bisa mencoba sampel, pelanggan juga bisa langsung memberikan penilaian, sesuai dengan seleranya. Mendapatkan feedback dari pelanggan akan membantumu untuk lebih memahami selera pasar, sesuai dengan segmentasinya. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kualitas produk yang kamu jual, dan service yang kamu berikan.

4. Lebih Persuasif

Dengan teknik personal selling, kamu bisa.
Gambar: https://getcrm.com/blog/persuasive-techniques/

Personal selling merupakan salah satu teknik jualan yang paling persuasif. Karena itu, personal selling sangat cocok dilakukan, kalau kamu mau menjadikan seseorang menjadi pelanggan tetap. Nantinya, setelah menjadi menjadi pelanggan tetap, kamu bisa coba mengajak mereka untuk join dengan usaha yang kamu miliki.


Demikianlah 4 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari personal selling. Kalau kamu menyukai teknik penjualan seperti ini, mungkin kamu bisa mencobanya. Mulailah dari usaha kecil, dan perluas usahamu melalui teknik personal selling. Kalau kamu belum tahu mau memulai usaha apa, kamu bisa mencoba jualan tanpa modal, dengan jadi Sahabat Halosis. Selamat #berUsaha!



Leave a Reply