5 Tips Menawarkan Produk Apapun


Penjualan berhasil disebabkan penawaran yang berhasil.
Gambar: https://syedbalkhi.com/lessons-i-learned-from-selling-a-multi-million-dollar-wordpress-plugin-business/

Halosis.co.id, Jakarta – Saat berjualan, menawarkan produk memiliki tantangan tersendiri. Ada kalanya, sulit sekali untuk menjual, bahkan hanya satu produk saja. Berikut ini Halosis ingin membagikan tips jitu agar laris menawarkan produk apapun.

1. Fokus Pada Keunggulan Produk Sendiri

Tidak perlu merendahkan produk kompetitor, untuk menonjolkan produkmu.
Gambar: https://hbr.org/2017/10/does-engaging-with-customers-on-facebook-lead-to-better-product-ideas

Agar sukses menjual, kamu harus mengenali betul keunggulan produkmu dan memahami 100% cara penggunaannya. Pada saat menawarkan produk, fokuslah pada keunggulan produk sendiri, dan jangan menjelekkan produk lain di depan pelanggan. Hal ini akan membuat citramu buruk, dan membuat pelanggan kehilangan kepercayaannya padamu. Tetap fokus pada produk yang kamu jual dan tidak usah mengungkit produk kompetitor.

2. Berikan Pelayanan Terbaik


Memprioritaskan kepuasan pelangggn sama dengan berinvestasi.
Gambar: https://www.salesforce.com/ca/blog/2017/02/improve-customer-service.html

Saat sedang menawarkan produk pada pelanggan, pastikan kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Senyum, salam, sapa, atau 3S harus kamu lakukan, ketika kamu menawarkan produk. First impression menjadi kunci kesuksesan dalam penjualan. Kamu juga bisa menerapkan 3S melalui chat, dengan bersikap ramah ke pelanggan. Dalam menawarkan, bersikaplah sopan pada pelanggan. Selalu prioritaskan kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Pelayanan yang kurang baik hanya akan membuat pelanggan kabur dan beralih ke produk lain.

3. Berikan Promosi


Promo menarik akan membuat pelanggan ketagihan.
Gambar: https://www.eurostop.com/news/harnessing-your-data-to-drive-successful-retail-promotions/

Dalam memasarkan apapun, penting sekali untuk memberikan promosi, apalagi jika produk belum terlalu dikenal. Dengan promo, pelanggan yang mungkin kurang tertarik, akan berpikir dua kali untuk menolaknya. Namun kamu harus memastikan, promo yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan pelangganmu. Perhatikan juga akan ada kondisi finansial tokomu. Jangan sampai kamu bangkrut karena terlalu banyak membuat promo.


4. Berikan Kemudahan dalam Pembayaran

Terima setiap pembayaran, cash maupun tidak.

Gambar: https://www.doofinder.com/en/blog/sell-on-social-networks

Sebelum kamu menjual produk, pastikan kamu telah siap dengan semua metode pembayaran. Jangan sampai, pelanggan tidak jadi membeli, hanya karena kamu tidak bisa memberikan kemudahan dalam pembayaran. Ada orang yang lebih suka dengan pembayaran tunai, dan ada yang lebih suka pembayaran digital. Kamu harus siap menerima keduanya, jika kamu mau pelanggan dimudahkan.


5. Percaya Diri

Gimana mau jualan laku, kalau kamu aja nggak pede?
Gambar: https://blog.hotmart.com/en/pricing-digital-product/

Dalam menawarkan produk apapun, kamu harus percaya diri. Ini adalah salah satu kunci utama keberhasilan penjualan. Baik face to face maupun secara virtual, pelanggan bisa merasakan kalau kamu ragu-ragu menawarkan produk. Jangan berpikir bahwa produk yang kamu tawarkan masih banyak kekurangan. Tanamkan, bahwa setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jangan terlalu memusingkan kekurangan, karena kalau kamu bisa kehilangan kepercayaan diri dengan segera.


Itulah beberapa tips yang bisa dibagikan Halosis agar sukses dalam menawarkan produk. Apakah kamu sudah semangat untuk menawarkan jualanmu lagi? Selamat #berUsaha!



Leave a Reply