7 Mentalitas Seorang Entrepreneur

Seorang entrepreneur haruslah berkarakter dan memiliki mental yang kuat.

Halosis.co.id, JakartaMenjadi seorang entrepreneur tidak hanya membutuhkan skill dan pengalaman, tapi juga mentalitas. Sebelum bisa memimpin orang lain, seorang entrepreneur harus selalu tampil energik dan memiliki mentalitas seorang pemimpin.  Berikut ini adalah mentalitas yang harus dimiliki seorang entrepreneur.

1. Punya Kemauan Kuat

Kemauan yang kuat menghasilkan motivasi yang kuat juga.

Untuk dapat mewujudkan segala mimpi yang dicita-citakan, seorang entrepreneur muda harus memiliki kemauan yang kuat. Tanpa kemauan yang kuat, semuanya hanya akan menjadi angan-angan yang tidak pernah terwujud. Kemauan yang kuat bukanlah kemauan yang datang dan pergi secara terus-menerus, tapi yang berakar di dalam hati. Kemauan yang kuat juga akan terus memotivasi kamu untuk maju, apabila kamu sedang merasa dalam kondisi terpuruk.


2. Disiplin

Mendisiplinkan diri sendiri berarti berkomitmen terhadap sebuah target.

Selain memiliki kemauan yang kuat, untuk jadi seorang entrepreneur yang berhasil, kamu juga harus disiplin. Disiplin berarti taat dan patuh sepenuhnya terhadap sebuah nilai yang sudah ditetapkan. Disiplin juga berarti membuat target dan mengusahakannya agar tercapai. Kedisiplinan harus selalu dimulai dari diri sendiri. Ketika kamu disiplin, kamu akan semakin mudah mengatur waktu, dan mengusahakan agar target tercapai. Selalu tanamkan kedisiplinan setiap hari.

3.Berani Ambil Risiko

Keluar dari zona nyaman akan membuatmu tahu batas kemampuanmu.

Menjadi seorang entrepreneur berarti kamu harus mengambil risiko. Seberat apapun itu, kamu harus mengambilnya, kalau mau maju. Berani mengambil risiko juga berarti berani keluar dari zona nyaman. Ketika berada di zona nyaman, kita cenderung tidak tahu akan potensi dan kemampuan terbaik yang kita miliki. Semua kemudahan membuat kita terbuai dan menjadikan kita malas. Keluarlah dari zona nyaman, dan terus berikan tantangan pada diri sendiri.

4. Tidak Takut Perubahan

Perubahan bisa terjadi kapan saja, secepat kilat.

Zaman terus menerus berubah dan trend juga senantiasa berganti. Apabila kamu tidak mengikuti perubahan, kamu akan tertinggal. Jangan takut untuk berubah, karena berubah adalah tanda, kalau kamu bisa beradaptasi. Tidak takut akan perubahan juga berarti kamu tidak takut untuk mengubah dirimu, atau beradaptasi pada masa yang sangat berbeda dengan masa di mana kamu tumbuh.

5. Pantang Menyerah

Hati manusia tidak diciptakan hanya untuk menyerah.

Menjadi seorang entrepreneur harus pantang menyerah. Kalau kamu mudah menyerah, maka kamu akan sulit untuk mencapai kesuksesan. Pantang menyerah juga menunjukkan kegigihan dan tekad yang sangat kuat. Pantang menyerah berarti bangkit, berdiri tegak kembali, setelah jatuh untuk kesekian kalinya. Pantang menyerah mendorong kita untuk keluar dari keadaan yang sulit.

6. Kreatif

Kreativitas merupakan kemampuan mengubah situasi menjadi peluang.

Menjadi seorang entrepreneur menuntut kreativitas yang tinggi. Untuk dapat menghasilkan sesuatu yang remarkable, kamu harus memiliki ide-ide dan pemikiran yang brilian. Kreativitas juga akan membuatmu berkembang. Kreativitas akan menghasilkan inovasi, dan inovasi akan menjadi jalan untuk sebuah perubahan. Seorang yang kreatif, adalah seseorang yang bisa mengubah keadaan apapun menjadi peluang.

7. Tahan Banting

Tahan banting akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih kuat.

Menjadi seorang entrepreneur harus memiliki sikap tahan banting. Tahan banting berarti, tidak cengeng, dan tidak kalah dengan situasi. Tahan banting juga berarti bisa menerima dan menyikapi kritik dengan baik. Terkadang banyak hal tidak menyenangkan dan tidak terduga, yang terjadi. Tapi dengan mental yang tahan banting, kamu pasti bisa melewatinya.


Itulah 7 mentalitas yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Apakah kamu sudah punya semua mentalitas di atas? Kalau belum, semoga seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa memiliki semuanya. Selamat #berUsaha!



1 comment

Leave a Reply