5 Cara Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

PAP uang sisa lebaran.
Gambar: https://nasional.kompas.com/read/2018/10/23/15212001/tak-hanya-uang-palsu-uang-mainan-juga-ada-sanksi-pidananya

Halosis.co.id, Jakarta – Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim di dunia. Merayakan lebaran selalu identik dengan berkumpul bersama keluarga besar. Sebelum perayaan, tentunya kamu sudah melakukan berbagai macam persiapan, yang butuh biaya tidak sedikit. Misalnya untuk membeli baju lebaran, tiket mudik (buat kamu yang anak rantau), dan pastinya bagi-bagi THR. Semua pengeluaran-pengeluaran ini tentunya bikin dompetmu kering saat lebaran. Bahkan, bisa saja tabunganmu selama beberapa bulan kerja ludes dalam sekejap mata di lebaran tahun ini. Berikut ini Halosis bagikan beberapa cara untuk memulihkan kembali kondisi keuangan pasca lebaran.

1. Rekap Seluruh Pengeluaran Saat Lebaran

Baru keliatan deh, kalau biaya parkir di mall bisa 45 ribu seharian.
Gambar: https://www.lostateminor.com/2017/11/13/judge-orders-man-write-144-nice-things-ex-punishment/

Sebelum kamu bisa memulihkan kondisi ekonomi, kamu harus tau dulu, ke mana saja uangmu selama lebaran ini. Rekap seluruh pengeluaranmu selama lebaran dengan detail. Catat mulai dari tanggal kamu melakukan pengeluaran, jumlahnya, dan untuk keperluan apa. Jangan sampai ada yang tertinggal, sekalipun itu cuma biaya parkir. Rapikan semuanya dalam satu buku atau file. Merekap seluruh pengeluaran akan membuatmu sadar akan kebutuhanmu yang paling banyak atau paling sedikit memakan biaya. Kamu bisa sekaligus mengevaluasi kebiasaanmu dalam berbelanja. Dengan begini, kamu akan semakin bijak dalam mempergunakan uang. Kalau tahun ini pengeluaran terbesarmu adalah membeli baju lebaran, mungkin tahun depan kamu bisa menggunakan baju yang sudah kamu miliki, untuk mengurangi pengeluaran.

2. Cek Sisa Uang

Kalau perlu, sekalian cetak buku tabunganmu.
Gambar: https://reading-writing-results.com/2017/05/17/how-to-read-a-scientific-paper/

Setelah membuat rekapan pengeluaran, jangan lupa untuk periksa berapa jumlah uang yang kamu miliki saat ini. Jumlah uang ini termasuk seluruh uang cash yang kamu pegang, dan semua saldo di bank. Mengetahui sisa uang akan memudahkan kamu untuk membuat perencanaan finansial selama beberapa bulan berikutnya. Kesadaran akan kondisi keuanganmu juga bisa memacu diri untuk bekerja lebih giat.

3. Batasi Pengeluaran Sehari-hari

Tahan diri untuk membeli hal-hal yang kurang penting.
Gambar: https://www.today.com/food/best-time-go-grocery-store-worst-t108655

Kalau kamu sudah tahu seluruh saldo yang kamu miliki, mulailah membuat perencanaan keuangan selama beberapa bulan ke depan. Dalam membuat perencanaan, batasilah pengeluaran sehari-hari. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil. Misalnya, kalau biasanya kamu makan di luar atau nonton film seminggu sekali, kurangilah jadi dua minggu sekali. Atau kalau terbiasa naik mobil ke kantor, cobalah beralih ke transportasi umum, untuk mengurangi pengeluaran bensin dan parkir tiap bulan. Tahan diri dari banyaknya sale yang bertebaran di mall. Pembatasan-pembatasan ini tentunya akan sangat membantu kamu untuk memulihkan kembali kondisi keuanganmu.

4. Menabung Kembali

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya.
Gambar: http://www.astaga.com/news/7-tips-menabung-tanpa-celengan

Selain mulai berhemat untuk keperluan sehari-hari, kamu juga harus mulai menabung kembali. Hasil penghematan sehari-hari jangan digunakan untuk membeli barang baru, atau menghadiahi dirimu dengan sesuatu yang mahal. Tabunglah uang itu, bila perlu, belilah celengan untuk menabung. Dengan menabung, kamu secara perlahan sedang mengembalikan kembali masa-masa kejayaan saldo yang ada di rekening bank milikmu.

5. Cari Pemasukan Tambahan

Sahabat Halosis, bisnis online yang aman dan PASTI untung.

Kalau kamu merasa keempat cara di atas masih kurang, carilah pemasukan tambahan. Tidak hanya untuk memulihkan kondisi keuangan pasca lebaran, cara ini juga bisa kamu lakukan seterusnya. Salah satu cara cepat untuk mendapatkan penghasilan sampingan, adalah dengan berbisnis online. Rekomendasi bisnis online yang paling mudah dan tanpa modal adalah reseller atau dropship. Selain tidak banyak waktu yang diperlukan, usaha ini juga fleksibel, tapi tetap menguntungkan.


Demikianlah beberapa cara untuk memulihkan kembali dompetmu setelah lebaran. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang banyak tanpa ribet dengan menjadi Sahabat Halosis. Semoga informasi ini bermanfaat, dan dompetmu bisa terisi kembali dengan cepat.  Selama #berUsaha!



Leave a Reply