10 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah sifat utama yang harus dimiliki seorang pengusaha.
Gambar:https://www.lollydaskal.com/leadership/this-is-how-leaders-improve-their-self-confidence/

Halosis.co.id, JakartaSebagai seorang pengusaha, rasa percaya diri merupakan hal yang sangat penting. Percaya diri adalah sebuah modal, yang tanpanya, kamu dan usahamu akan sulit berkembang. 

Rasa kurang percaya diri akan membuatmu menjadi orang yang pesimis dan kalah dengan keaadaan. Ini tentunya bukan hal yang kamu inginkan dalam usahamu. Untuk tetap menjaga dan meningkatkan rasa percaya dirimu, simak beberapa cara di bawah ini.

1. Perbaiki Postur Tubuh

Penilaian pertama orang terhadapmu dilihat caramu berjalan, karena itu berjalanlah dengan postur yang baik.
Gambar:https://www.thedailystar.net/health/health-tips/are-you-standing-the-right-way-perfect-posture-1520164

Tanpa kita sadari, postur tubuh kita sebenarnya sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri. Kalau kamu terbiasa berjalan agak bungkuk, cobalah perbaiki postur tubuhmu. Biasakan berdiri, berjalan, dan duduk dengan tegak. Postur tubuh yang baik akan membuat rasa percaya dirimu semakin meningkat. Selain itu, orang lain juga akan melihatmu sebagai seseorang yang memiliki karisma.

2. Kenali Bakatmu

Kamu harus tau, kamu paling hebat melakukan apa.
Gambar: https://www.skillslagoon.com/ml/2018/01/24/australia-employer-sponsorship-update-january-2018/

Salah satu penyebab utama dari kurangnya percaya diri, adalah karena kamu tidak mengenali bakatmu. Kamu mungkin belum menemukan hal apa yang dapat kamu lakukan dengan sangat baik. Inilah yang memicu kamu menjadi minder dengan orang-orang yang sudah mengenal bakatnya sejak lama. Mungkin memang butuh waktu, sampai bisa benar-benar mengenali bakatmu. Tapi jangan pernah patah semangat, untuk mencari potensi terbaikmu.

3. Berpikir Positif

Pemikiran positif akan menghasilkan tindakan yang positif juga.
Gambar: http://thepositivelifeco.com/what-is-positive-thinking/

Hal lain yang harus kamu lakukan, agar rasa percaya diri tumbuh, adalah dengan berpikir positif. Berpikir positif akan membuatmu menjadi orang yang lebih optimis. Walaupun mengalami masalah atau tantangan, coba pikirkanlah, hal baik apa yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk dirimu sendiri. 

4. Jangan Terlalu Banyak Berasumsi

Terlalu banyak menduga-duga bisa bikin kamu stres sendiri.
Gambar: https://www.grammarly.com/blog/presume-assume/

Sifat lain yang bisa melunturkan rasa percaya diri adalah terlalu banyak berasumsi. Terlalu banyak berasumsi, tanpa alsan dan bukti yang jelas sangatlah tidak sehat. Kamu menghabiskan pemikiran dan emosimu secara sia-sia, tanpa tau apakah yang kamu asumsikan itu benar. Daripada berasumsi, lebih baik kamu bertanya langsung.

5. Jangan Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Jangan mau samakan dirimu dengan orang lain!
Gambar: http://chintanjain.com/journey/how-to-stop-comparing-with-others.php

Faktor lainnya yang sangat membuatmu hilang percaya diri, adalah karena sering membandingkan diri dengan orang lain. Kamu dan orang lain adalah individu yang berbeda. Masing-masing juga memiliki bakat yang berbeda-beda. Karena itu, stop bandingkan dirimu dengan orang lain.

6. Pilih pergaulan yang Sehat

Hindari bergaul dengan toxic people.
Gambar: www.unsplash.com

Dalam memilih pertemanan, kamu harus selektif. Bukan berarti kamu tidak bisa berteman dengan orang dari kalangan tertentu. Hanya saja, kamu harus memiliki lingkaran pertemanan yang sehat. Cari teman yang bisa memberikanmu feedback yang konstruktif

7. Belajar

Belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Gambar: http://reachinghighernh.org/2018/07/02/learning-growth-competency-portfolio/

Belajar merupakan proses seumur hidup. Semakin kamu banyak belajar, semakin terbuka jugalah pemikiranmu. Pemikiran yang terbuka juga bisa membuatmu semakin percaya diri. Memiliki banyak pengetahuan bisa mengurangi rasa takutmu. Jadi kamu bisa lebih fokus pada percaya diri.

8. Latihan Public Speaking

Cobalah dari yang sederhana, seperti menjadi yang pertama menjawab saat ada dalam diskusi.
Gambar: https://www.fearlesspresentations.com/public-speaking-course

Sebagai seorang pengusaha, tidak ada salahnya kalau kamu sering-sering berlatih public speaking. Latihan ini dapat sangat membantu kamu untuk melatih kepercayaan diri. Semakin sering kamu berlatih bicara di depan umum, maka semakin terlatih juga rasa percaya dirimu.

9. Banyak Bersyukur

Jangan selalu melihat apa yang tidak kamu punya, tapi syukuri apa yang kamu miliki.
Gambar: https://www.guideposts.org/faith-and-prayer/prayer-stories/power-of-prayer/5-ways-to-pray-like-peter-marshall

Cara yang berikutnya adalah kamu harus banyak bersyukur. Kamu harus bersyukur atas segala hal yang kamu punya, baik hal material maupun bakat yang kamu miliki. Banyak bersyukur akan menjadikanmu orang yang bisa tampil apa adanya dan percaya diri. Bersyukur juga akan menjadikan kamu orang yang kaya.

10. Katakan “Aku Pasti Bisa”

Yakinkan dirimu, kalau kamu bisa melakukannya.
Gambar: https://simcohr.com/news-room/microsoft-hr-exec-says-stop-following-popular-interview-advi

Yang terakhir, sebelum kamu melakukan aktivitas setiap hari, berkacalah dan katakan “Aku pasti bisa!” Motivasi dirimu setiap hari, kalau kamu bisa melakukan yang terbaik di hari itu. Kalau kamu percaya pada dirimu sendiri, maka kamu bisa meyakinkan orang lain untuk percaya padamu. 


Demikianlah 10 cara untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Sebagai pengusaha, kamu harus percaya pada dirimu sendiri, agar orang lain juga bisa yakin padamu. Percaya diri juga adalah salah satu modal untuk meraih kesuksesan. Tingkatkan selalu rasa percaya dirimu! Selamat #berUsaha!



Leave a Reply