10 Tips Kuasai Public Speaking Untuk Pebisnis

Public speaking adalah salah satu soft skill paling penting dalam membangun relasi bisnis.
Gambar: http://www.givingwings.co.za/product/public-speaking-and-presentation-skills-30-31-march-2018/

Halosis.co.id, JakartaPublic speaking adalah kemampuan yang sangat penting, yang harus dimiliki pengusaha. Kenapa? Karena seorang pengusaha harus bisa memperkenalkan brandnya, baik ke rekan usaha atau pun publik secara luas. Memang, kamu bisa meminta orang lain untuk menggantikanmu. Tapi mau sampai kapan? Pasti ada saatnya, kamu tidak bisa menghindar lagi untuk melakukan public speaking di depan orang banyak.

Masih sering kesulitan buat bicara di depan umum? Yuk, simak tips untuk kuasai public speaking ala Halosis berikut ini

1. Percaya Diri

Bisa atau enggak nomor dua. Nomor satunya percaya diri.
Gambar: https://www.success.com/4-bold-ways-to-be-a-confident-leader/

Hal pertama dan terutama yang harus kamu tanamkan supaya menguasai public speaking adalah percaya diri. Percaya diri adalah kunci dari penyampaian informasi yang baik. Dengan punya rasa percaya diri, kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan sesuatu dan menjalin komunikasi dua arah. Rasa percaya diri juga bisa membuat auramu terpancar lebih baik. 

Kepercayaan diri bisa dirasakan oleh orang lain. Lawan bicaramu akan mendapatkan energi positif darimu, saat kamu percaya diri. Sebaliknya, kalau kamu grogi, lawan bicaramu juga akan merasa tidak nyaman. Jangan pernah berikan ruang untuk rasa takut dan grogi saat melakukan public speaking.

2. Postur dan Bahasa Tubuh

Postur tubuh seseorang memperkuat imagenya.
Gambar: https://www.udemy.com/course/body-language/

Hal pertama yang harus kamu perhatikan pada saat berbicara di depan umum adalah postur tubuh. Baik dilakukan berdiri atau pun duduk, pastikan postur tubuhmu tegak dan mengarah ke audience. Kalau kamu berdiri, Dari cara buka kakimu sejajar dengan bahu. Jangan terlalu kecil ataupun terlalu lebar Supaya tidak merasa lelah dan tegang, kamu bisa berjalan perlahan sambil berbicara. Namun jangan berjalan terlalu cepat, karena akan mengganggu konsentrasi audience

Dalam menyampaikan sesuatu, kamu juga harus menggunakan bahasa tubuh yang baik. Penggunaan bahasa tubuh akan membuatmu tidak terlihat kaku, sekaligus bisa mengurangi rasa grogi. Namun kamu harus berhati-hati dalam penggunaan bahasa tubuh. Hindari memasukkan tangan ke dalam kantong celana, karena akan terlihat kurang profesional. Kalau kamu membawa alat bantu seperti pointer atau bolpoin, jangan dimainkan terlalu sering. Untuk kaum perempuan, hindari merapihkan atau bermain-main dengan rambut saat sedang melakukan public speaking.

3. Kenali Audience

Selum buat bahan, kamu harus tahu dulu, mau ngomong sama siapa.
Gambar: https://www.sxsw.com/film/2018/2018-sxsw-film-festival-announces-audience-awards-winners/

Sebelum mempresentasikan sesuatu, kamu harus mengenali dulu, siapa audiencemu. Dengan mengenali audience, kamu bisa menentukan, seperti apa kamu akan membawakan presentasi. Kalau kamu akan menyampaikan presentasi di depan orang-orang penting dan jauh lebih tua darimu, bawakanlah dengan lebih formal. Kalau kamu menyampaikan materi untuk orang-orang yang lebih muda darimu, kamu mungkin bisa bersikap lebih kasual. 

4. Eye Contact

Saat menyampaikan presentasi, jangan menatap ke langit-langit, karena yang mendengarkanmu ada di bawahnya.
Gambar: https://www.salesman.org/3-types-of-eye-contact-salesmen-need-to-know-to-close-the-deal/

Saat sedang melakukan public speaking, buatlah kontak mata dengan audience. Kontak mata sangatlah penting. Kontak mata dengan audience adalah tanda kalau kamu sedang berbicara dengan orang di depanmu. Kontak mata akan membuatmu terlihat lebih berwibawa dan percaya diri.

Hindari memandang ke sekeliling atau ke objek mati, karena akan mengurangi respek audience kepadamu dan mengurangi konsenterasimu sendiri. Dengan melakukan kontak mata, kamu juga secara tidak langsung membuat audience lebih fokus. Tanpa disadari, mereka akan merasa diundang untuk terlibat dan lebih aktif. 

5. Menguasai Materi dengan Baik

Jangan sampai kamu cuma ngecap di depan audience.
Gambar: https://myventurepad.com/points-related-dissertation-writing/

Sebelum kamu berdiri dan menyampaikan materi, pastikan kamu sudah menguasai materinya dengan baik. Luangkan waktu semalam sebelumnya untuk mengulik lebih dalam, akan apa yang ingin kamu sampaikan. Bahkan kalau bisa, mulailah pikirkan, pertanyaan-pertanyaan apa yang kira-kira akan disampaikan padamu, setelah kamu selesai berbicara. Pikirkan juga jawaban yang ingin kamu sampaikan nantinya. 

Untuk membantumu dalam presentasi, buatlah catatan kecil berupa poin-poin materi secara urut. Ini akan membantumu memahami betul apa yang mau kamu sampaikan. Jangan hafalkan materi. Paham dan mengerti adalah yang perlu kamu miliki. Jangan dikte semua yang mau kamu katakan, karena itu hanya akan membuatmu terpaku pada teks nantinya

6. Gunakan Bahasa Yang Sederhana

Tidak perlu pakai kosakata keren. Yang penting bisa dimengerti.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=MDO6myZyc80

Dalam menyampaikan materi, pastikan kamu menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dimengerti. Sekalipun kamu berada dalam situasi formal, hindari penggunaan bahasa yang tidak familiar di telinga audience. Yang terpenting dalam public speaking adalah agar orang lain mengerti apa yang kamu sampaikan, bukan untuk menonjolkan dirimu. Menggunakan kosa kata yang tidak biasa tidaklah membuatmu terlihat keren.

7. Jangan Overthinking

Makanya jangan kebanyakan mikir!
Gambar: https://iheartintelligence.com/signs-of-overthinking/

Hal lain yang mungkin tidak sadar kamu lakukan adalah overthinking. Terkadang overthinking adalah sesuatu yang menghambatmu untuk maju. Berhenti berpikir atau bertanya pada dirimu “gimana kalau nanti…” “kalau begini…” Jauhi pikiran-pikiran negatif yang bisa mempengaruhi mood sebelum melakukan public speaking.

8. Jangan Takut Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan, tapi kebanyakan nanya, jadi nggak jalan-jalan.
Gambar: https://www.the1thing.com/blog/the-one-thing/steps-to-consider-when-asking-big-beautiful-questions/

Public speaking bukanlah interaksi yang terjadi secara searah, tapi dua arah. Setelah selesai menyampaikan sesuatu, pasti ada beberapa pertanyaan yang akan ditujukan padamu. Dari pertanyaan-pertanyaan ini mungkin ada yang tidak kamu mengerti. Jangan segan untuk bertanya balik pada audience untuk menjelaskan apa yang dia maksud. Kamu memang adalah pembicaranya, tapi kamu bukan superhero yang bisa membaca pikiran orang lain. Sebelum kamu salah menjawab, lebih baik kamu pastikan maksud audience bertanya.

9. Siapkan Humor-humor Kecil

Meski bukan stand up comedian, tapi kamu masih bisa membuat audience tertawa.
Gambar: https://medium.com/@richardamoran/when-they-laugh-at-you-8e7b53accaad

Saat sedang melakukan public speaking, terkadang humor itu penting. untuk mencairkan suasana. Jangan segan untuk melemparkan jokes ringan dan bisa dimengerti oleh audience. Namun kamu harus berhati-hati dengan selera humor. Jangan sampai kamu menyampaikan lelucon yang menyinggung satu golongan atau pun orang secara personal

10. Sering Berlatih

Kalau kata pepatah, bisa ala biasa.
Gambar: https://www.ted.com/playlists/574/how_to_make_a_great_presentation

Yang terakhir dan yang paling penting adalah sering-seringlah berlatih. Seorang public speaker yang baik lahir dari jam terbang yang tinggi. Kalau kamu belum punya banyak jam terbang, cobalah untuk lebih sering mencari kesempatan. Buatlah sebuah target. Misalnya dalam tiga bulan, kamu harus melakukan public speaking selama 20 jam.

Dalam berlatih pun kamu harus serius. Kamu bisa mengimprove skill dengan sering berlatih di depan kaca. Evaluasilah dirimu sendiri, apakah kamu sudah terlihat baik, percaya diri, dan meyakinkan? Saat sebelum mulai public speaking, kamu juga bisa melakukan senam wajah, agar bisa lebih rileks dalam membawakan materi. 


Itu dia 10 tips untuk bisa kuasai public speaking dengan baik ala Halosis. Teruslah berlatih dan jangan malas untuk evaluasi diri sendiri, agar skillmu semakin matang. Jadilah pengusaha yang punya image atau citra yang baik di masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha. 



Leave a Reply