5 Manfaat Evaluasi Diri Setiap Hari

Mengevaluasi diri setiap hari akan menjadikanmu orang yang lebih baik.
Gambar:https://www.freeagent.com/guides/self-assessment/learn-the-lingo-key-self-assessment-terms-explained/

Halosis.co.id, Jakarta – Di akhir menjalani rutinitas hari, apakah kamu pernah mengevaluasi dirimu selama satu hari itu? Mulai dari apa yang sudah kamu kerjakan, apa yang menurutmu baik dan buruk?

Setiap orang mungkin memiliki caranya masing-masing untuk introspeksi diri. Ada yang selalu meluangkan 30 menit sampai satu jam untuk diam dan mengingat kembali, apa saja yang sudah dilakukan hari itu. Aa juga yang mungkin lebih senang untuk menulisnya di sebuah jurnal atau diary. 

Apapun metode yang kamu gunakan, evaluasi diri adalah sangatlah penting. Dengan mengevaluasi diri, kamu bisa dapat banyak manfaat untuk dirimu sendiri. Apa saja sih, manfaat dari melakukan evaluasi diri? Yuk, simak manfaatnya di bawah ini.

1. Tahu Apa Saja Yang Kamu Lakukan Dalam Sehari

Mungkin kamu jadi sadar, kalau ternyata banyak pekerjaanmu yang belum selesai.
Gambar: https://www.indiatoday.in/magazine/leisure/story/20170828-deep-thinking-garry-kasparov-ibm-chess-player-1030163-2017-08-19

Dengan mengevaluasi diri di akhir hari, kamu jadi tahu, apa saja yang sudah kamu lakukan dalam sehari. Dari sini kamu bisa menilai, apakah dirimu sudah produktif di hari tersebut. Kalau kamu merasa belum produktif, kamu bisa menggali lagi alasan kamu kurang produktif di hari itu. Ini bisa kamu jadikan pembelajaran, agar besok kamu jadi lebih produktif. Sebaliknya, banyak hal penting yang mungkin kamu tidak sadari, sudah lakukan. Jangan lupa juga untuk mengapresiasi diri sendiri atas kerja keras yang telah kamu lakukan selama satu hari.

2. Mengambil Yang Baik, Membuang Yang Buruk

Sepanjang hari, pasti ada yang baik dan kurang baik. Jadikan ini sebagai pelajaran.
Gambar: https://medium.com/@joelstockstill/why-do-we-have-good-and-bad-in-life-121b67a1e0e0

Sepanjang hari, pasti banyak sekali hal yang terjadi. Hal itu bisa jadi sesuatu yang membuatmu senang, atau bangga. Namun bisa juga menjadi sesuatu yang memalukan, menyedihkan, memuakkan, atau hal-hal lain yang kurang menyenangkan. Kalau kamu flashback dalam satu hari itu, kamu bisa mengambil pelajaran hidup yang baik dan yang buruk. Apa yang bisa membuatmu senang dan bangga di hari itu, lakukanlah lagi esok hari. Namun apa yang membuatmu malu dan sedih, jangan melakukannya lagi.

3. Membuat Rencana Untuk Hari Esok

Jangan sampai kamu memulai hari tanpa rencana.
Gambar: https://www.pinterest.com/pin/65443000813112068/

Banyak orang yang gagal merencanakan apa yang mau ia kerjakan besok, karena tidak tahu apa yang sudah ia kerjakan. Karena itu, evaluasi diri sendiri di satu hari sangatlah penting, supaya kamu tahu bagaimana harus membuat rencana. Jadi, besok kamu sudah punya gambaran, apa saja yang mau kamu lakukan.

4. Belajar Dari Orang Lain

Banyak pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan dari orang lain.
Gambar: https://tinybuddha.com/blog/when-helping-someone-you-love-becomes-unhealthy/

Sebagai makhluk sosial, setiap hari, kita pasti melakukan kontak dengan manusia lainnya. Ada baiknya kamu mengingat-ngingat, apa yang sudah dilakukan orang lain untukmu dalam satu hari. Ambil dan ingatlah pelajaran berharga dari orang lain, yang bisa kamu aplikasikan di hidupmu. Jangan biarkan pelajaran berharga itu berlalu begitu saja.

5. Jadi Lebih Bersyukur

Mensyukuri hidup akan membuatmu memiliki kualitas hidup yang lebih baik.
Gambar: https://aleteia.org/2017/10/12/why-do-we-fold-our-hands-during-prayer/

Dengan mengevaluasi diri, kamu jadi bisa lebih bersyukur. Bisa jadi, sebenarnya kamu tidak sadar, kalau ada kejadian yang benar-benar membuatmu bersyukur di hari itu. Namun, karena kamu tidak melakukan evaluasi diri, dan tidak mengingatnya kembali, hal tersebut jadi terlihat biasa saja. Dengan merenungkan apa yang sudah terjadi sepanjang  hari, kamu akan jadi orang yang lebih bisa bersyukur


Itulah dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, kalau kamu melakukan evaluasi diri setiap hari. Introspeksi diri sendiri sangatlah penting, supaya kamu tahu bagaimana harus mengembangkan dirimu sendiri. Jangan takut untuk menilai diri sendiri, karena setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap orang juga pasti punya hari yang berat dan hari yang menyenangkan. Keduanya akan jadi sangat berharga, kalau kamu bisa memaknainya dengan baik. Kalau kamu belum mencoba mengevaluasi dirimu setiap hari, cobalah sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berusaha.



Leave a Reply