7 Manfaat Tidur Lebih Awal

Halosis.co.id, Jakarta – Tidur adalah cara alami mengistirahatkan tubuh agar kembali mendapatkan energi. Saat tubuh kembali segar, mengerjakan aktivitas pun jadi lebih bersemangat. Selain itu, setelah beraktivitas seharian, tubuh tentu akan lelah, itu sebabnya, tubuh butuh tidur. Karena jika dipaksakan bekerja padahal tubuhmu sudah lelah, hal itu tidak akan baik untuk kesehatan.

Tidur lebih awal ternyata memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk penjualan lho. Dengan tidur lebih awal, tubuh bisa lebih sehat dan fit, selain itu saat kamu bangun pagi, kamu tidak akan merasa kekurangan jam tidur, karena energimu sudah sepenuhnya pulih kembali. Ada banyak manfaat lain yang kamu dapatkan saat kamu tidur lebih awal, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini ya.


1. Bisa Menjaga Berat Badan

Saat tidur lebih larut atau bahkan begadang, kamu akan cenderung merasa lapar dan ingin makan di jam yang sudah larut. Makan di jam larut tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika kamu ingin menurunkan berat badan. Kamu malah akan mendapatkan hal sebaliknya, yaitu berat badan naik. Bukan hanya itu saja, fakta lainnya adalah jika kamu kekurangan waktu tidur akan berisiko mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan tidur mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat.

Saat tidur lebih awal, kamu sudah menjaga hormon yang membuat lapar (ghrelin) tetap seimbang dengan hormon yang membuat kenyang (leptin). Jika kamu begadang, kamu akan memicu hormon leptin menurun dan hormon ghrelin meningkat, kamu jadi kelaparan dan memungkinkan kecenderungan ingin makan. Padahal hal tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuhmu, karena makan lewat dari jam makan malam akan menyebabkan kalori tersimpan dalam tubuh. Itu berarti berkemungkinan menaikkan berat badan jika terus-menerus dilakukan.

Maka dari itu, tidur lebih awal bisa menjaga berat badan, bahkan bisa menjadi senjata menurunkan berat badan secara alami. Ini mungkin menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan namun tidak mau melakukan hal-hal yang terlalu sulit. Meskipun, hasilnya tidak akan secepat itu, tetapi setidaknya kamu juga sudah tetap menjaga kesehatan tubuhmu, selain kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup juga saat tidur lebih awal.


2. Lebih Produktif di Pagi Hari

Dengan tidur lebih awal, maka jumlah jam istirahatmu pun mungkin akan bertambah. Jika jumlah jam istirahatmu bertambah, berarti kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Saat waktu tidurmu cukup, kamu tidak akan merasa ngantuk atau kekurangan tidur saat bangun di pagi hari.

Waktu tidur yang cukup dan berkualitas akan menjadikanmu lebih produktif di pagi hari. Pasalnya, kamu sudah mengembalikan energimu sepanjang malam. Maka, saat pagi hari kamu bisa menjalani aktivitas dengan semangat, dan tentu akan mempengaruhi pekerjaanmu selama seharian. Jika di awal hari kamu sudah memiliki semangat yang tinggi, otomatis hal tersebut pun akan mempengaruhi pekerjaanmu di siang hari bahkan hingga selesai bekerja.

Tidur lebih awal bisa membuat penjualanmu maksimal juga, karena kamu jadi memulai start duluan untuk berjualan. Dengan waktu yang lebih panjang, kemungkinan jumlah orderan pun akan lebih banyak. Kamu jadi bisa melayani pelanggan lebih ekstra lagi, serta kamu bisa juga melakukan hal-hal lainnya, seperti membuat konten, mencari ide inovasi produk, dan melakukan hal-hal positif lainnya sambil berjualan online.


3. Jantung Lebih Sehat

Seperti yang diketahui, bahwa tidur lebih awal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjadikan jantung lebih sehat. Sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang tidur setelah lewat tengah malam diketahui memiliki pengerasan pembuluh darah dibandingkan mereka yang tidur lebih awal. Perlu diketahui, bahwa pengerasan pembuluh darah arteri adalah salah satu gejala awal penyakit jantung.

Itu sebabnya, jantung bisa lebih sehat saat tidur lebih awal. Karena, saat tertidur, tekanan darah akan menurun, hal ini tentu memberi kesempatan untuk jantung dan pembuluh darah agar beristirahat. Semakin kekurangan jam tidur, maka kerja jantung dan organ-organ lainnya pun akan semakin berat. Risiko jantung bermasalah pun akan meningkat saat kamu kekurangan jam tidur.


4. Tidak Mengalami Efek Kafein

Saat tubuh lelah, tapi dipaksakan untuk tetap bekerja karena ada hal penting yang masih harus diselesaikan, biasanya kebanyakan orang akan memilih untuk meminum kopi agar tetap terjaga. Sebenarnya tidak ada yang salah dari meminum kopi untuk mengatasi hal ini, tetapi saat tubuh lelah sebenarnya tubuh sedang mengirim sinyal untuk kamu agar beristirahat. Efek kafein pada kopi mampu membuat mata dan tubuh kita kembali segar, sehingga bisa mengerjakan kembali aktivitas.

Efek kafein sebenarnya tidak hanya terdapat dalam kopi saja, tetapi juga dalam teh, minuman bersoda, bahkan coklat. Perlu diketahui, efek kafein dalam jangka panjang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Kafein bisa membuat kulit kering, berat badan naik, juga bisa menyebabkan sakit kepala. Dengan tidur lebih awal, maka kamu tidak mengalami efek kafein ini, itu artinya kamu sudah menjaga tubuhmu dari risiko yang akan dialami akibat efek kafein ini.

Efek utama kafein terdapat pada otak, kafein akan menghambat fungsi adenosin, yaitu neurotransmiter yang berperan untuk meredam kerja sistem saraf pusat sebelum tidur, hal inilah yang menyebabkan kamu tidak mengantuk lagi. Bukan hanya itu saja, kafein juga meningkatkan kadar adrenalin darah, sehingga tubuh kembali segar. 


5. Mempertajam Ingatan

Kurangnya jam istirahat dan waktu tidur diduga bisa menyebabkan manusia cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa, saat sedang tidur, otak akan memproses, memperkuat, serta menggabungkan ingatanmu sepanjang hari. Jika kamu tidak tidur, maka ingatan-ingatan tersebut tidak dapat diproses dan tersimpan dengan baik dalam otak.

Saat ingatanmu bagus, hal ini tentu berdampak sangat baik, kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan mengandalkan ingatanmu. Selain itu, kerja otakmu pun akan lebih maksimal. Penurunan ingatan akan menyulitkan kamu dalam melakukan sesuatu. Maka dari itu, kamu harus memiliki waktu istirahat yang cukup agar otakmu bisa juga beristirahat dan tetap memiliki ingatan yang tajam. 


6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dibangun dari beberapa faktor, salah satunya waktu istirahat atau tidur. Saat waktu istirahat cukup, maka sistem kekebalan tubuh akan terbangun lebih kuat. Karena, saat tertidur, tubuh akan beristirahat dan melakukan pemulihan energi, sistem kekebalan tubuh pun akan semakin meningkat dengan waktu istirahat yang cukup.

Tidur lebih awal membuat sistem kekebalan tubuh terbangun, dan hal tersebut mengurangi resiko terserang penyakit. Resiko terserang penyakit akan jauh lebih tinggi saat kamu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. 


7. Meningkatkan Mood

Kurang tidur akan membuat kita lebih sulit untuk berkonsentrasi melakukan sesuatu, akibatnya kita jadi tidak sabaran dan mudah marah. Selain itu, tubuh akan kelelahan melakukan hal-hal yang dilakukan saat waktu tidur kurang. Jika kamu tidur lebih awal, hal-hal tersebut tidak akan terjadi, dan tentu saja suasana hatimu bisa tetap terjaga.

Saat suasana hatimu meningkat, maka kamu cenderung melakukan hal-hal yang positif. Hal tersebut tentu akan berdampak saat kamu mengerjakan sesuatu. Kamu jadi memiliki energi lebih untuk beraktivitas, dan tentunya kamu jadi lebih produktif. Hal-hal yang kamu kerjakan pun akan lebih berkualitas.

Saat kamu menghadapi pelanggan, kamu akan menyebarkan energi positif, dan tentu pelanggan bisa merasakannya. Atau ketika kamu mendapat komplain dari pelanggan, kamu bisa menghadapinya dengan lebih tenang dan berpikir positif.  


Jika waktu istirahatmu cukup, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Bukan hanya dalam hal kesehatan, tetapi juga kaitannya dengan penjualan online-mu. Mungkin, banyak target penjualan yang harus kamu capai, sehingga kamu tidak bisa memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak bisa tidur lebih awal.

Tidak usah khawatir karena sekarang kamu bisa tetap berjualan dengan maksimal dan tidur lebih awal kalau pakai aplikasi Halosis. Ada banyak fitur-fitur aplikasi Halosis yang mempermudah berjualan online, seperti manajemen order 24 jam, kelola stok otomatis, laporan penjualan, bahkan sampai membuat promo yang bisa disesuaikan oleh pelanggan. Jadi kamu tidak perlu lagi begadang atau tidur larut untuk berjualan online.

Gimana nih, kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, buat akun aplikasi Halosis segera!

Leave a Reply