23 Simbol Penting pada Packing dan Artinya (I)

Halosis.co.id, Jakarta – Sebagai online seller, kamu pasti sering sekali melihat simbol-simbol yang sering ditempel di luar kemasan atau paket. Masing-masing simbol yang tertera memiliki arti yang berbeda-beda dengan tujuan untuk mempermudah kurir dan penerima mengetahui isi paket tersebut.

Setiap paket tentunya membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda saat dikirimkan. Contohnya barang yang terbuat dari kaca tentu sangat rentan pecah. Dengan adanya simbol pada paket, maka kurir akan bisa lebih berhati-hati saat membawanya agar barang sampai ke tangan penerima dengan utuh. Lain lagi halnya jika paket tersebut berisi barang yang mudah terbakar, maka kurir harus menjauhkan paketnya dari sumber panas.

Supaya kamu bisa lebih familiar dan tidak bingung, yuk, kenali simbol-simbol yang sering digunakan beserta artinya berikut ini.

1. Fragile/Barang Pecah Belah

Simbol ini menunjukkan bahwa barang yang ada dalam paket tersebut adalah barang pecah belah. Barang tersebut biasanya berupa peralatan makan dan dapur, atau pajangan yang terbuat dari kaca.

Bayangkan, jika kurir tidak mengetahui isi paket tersebut adalah barang pecah belah, lalu barang tersebut disimpan sembarangan atau tidak sengaja terjatuh, maka pasti barang di dalamnya akan pecah, dan sudah pasti tidak menjadi utuh lagi. Kamu tentu tidak bisa membuat pelanggan kecewa dengan hal ini.

Maka dari itu, jika kamu mengirim barang pesanan pelanggan yang merupakan barang pecah belah, pakailah simbol ini pada paketmu agar kurir dapat lebih berhati-hati saat membawa paket ini. 


2. Keep Dry/Simpan di Tempat Sejuk

Jika kamu menjual kosmetik, atau tas dengan berbahan kulit, maka kamu wajib mengetahui simbol ini. Simbol keep dry berarti bahwa barang yang ada dalam paket harus terjaga suhunya. Barang-barang tersebut akan lebih awet jika disimpan di tempat yang benar dan sesuai.

Sebagai contoh, jika barang dalam paketmu berupa parfum, maka kamu harus menambahkan simbol ini pada paketmu. Pasalnya, suhu yang terlalu terik bisa merusak kandungan parfum dan membuat aromanya berkurang. Kamu harus menjaga produk seperti parfum tersimpan di empat yang gelap dan sejuk.


3. Handle with Care/Tangani dengan Hati-hati

Simbol selanjutnya yang sering kali ditemui pada paket adalah simbol handle with care/tangani dengan hati-hati. Simbol ini memberikan informasi bahwa barang yang ada di dalam paket adalah barang-barang yang memiliki resiko rusak yang tinggi. Barang-barang tersebut biasanya adalah barang pecah belah.

Oleh sebab itu, paket tersebut harus dibawa dengan sangat hati-hati, karena jika jatuh, tentu barang dalam paket tersebut akan rusak. Jadi, usahakan sebisa mungkin untuk menempelkan stiker ini di beberapa titik kemasan paket agar lebih mudah terlihat oleh kurir.


4. Maximum Stack/Tumpukan Maksimum

Simbol maximum stack/tumpukan maksimum adalah simbol yang menunjukkan bahwa paket dapat ditumpuk maksimal dalam jumlah tertentu. Sebagai contoh, pada gambar di atas, ada angka 8, itu berarti bahwa paket dapat ditumpuk maksimal 8 tumpukan untuk menjaga keamanan barang dalam paket tersebut.

Jika paket tersebut ditumpuk lebih dari 8 tumpukan, maka barang dalam paket beresiko tinggi akan rusak. Biasanya, barang-barang yang bisa ditumpuk dengan aman adalah baju, boneka, dan barang-barang yang tidak mudah rusak. Meskipun begitu, agar menjaga kondisi barang tetap bagus, sebaiknya tentukan batasan maksimum tumpukan, lalu gunakan simbol tersebut pada paketmu.


5. Do not Step on It/Jangan diinjak

Simbol selanjutnya adalah do not step on it/jangan diinjak yang merupakan simbol untuk memberitahu baik penerima maupun kurir bahwa paket tersebut tidak boleh diinjak, karena barang dalam paket tersebut akan rusak. Sebenarnya hampir semua paket berisi barang yang tidak boleh diinjak. Namun, sangat penting bagi kamu yang menjual barang-barang yang mudah rusak saat menerima tekanan menggunakan simbol ini.


6. Recycle/Daur Ulang

Simbol recycle/ daur ulang tampaknya sangat familiar dengan semua orang, tak terkecuali bagi online seller dan pelanggan. Pasalnya, simbol ini sering terdapat pada kemasan-kemasan makanan atau minuman. Simbol ini memberikan informasi bahwa barang dalam paket tersebut dapat didaur ulang.

Namun, simbol ini juga memiliki dua jenis dengan arti yang berbeda lho. Jika kamu melihat simbol recycle dengan panah berwarna hitam dan background putih, maka itu berarti barang tersebut merupakan kombinasi dari bahan baku baru dan bekas. Tetapi, jika sebaliknya, maka hal itu berarti barang tersebut 100% dapat didaur ulang.


7. Avoid Sun Beam/Jauhkan dari Sinar Matahari

Ada beberapa barang yang harus dijauhkan dari sinar matahari, itu sebabnya simbol avoid sun beam/ jauhkan dari sinar matahari sangat dibutuhkan agar informasi ini tersampaikan. Sebagai contoh, produk-produk kecantikan biasanya harus dijauhkan dari sinar matahari, karena dapat mendukung pertumbuhan bakteri pada barang tersebut.

Selain itu, sinar UV bisa merusak kandungan bahan aktif pada produk, misalnya produk kecantikan atau perawatan kulit yang khusus untuk digunakan pada malam hari, maka produk tersebut memiliki bahan aktif yang akan rusak jika terkena paparan sinar matahari. Beberapa bahan makanan pun bisa rusak kandungannya jika terpapar sinar matahari, seperti: madu, minyak zaitun, roti, bawang, dan lain-lain.

Sumber panas lainnya pun sebaiknya dihindari, karena barang yang ada di dalam paket bisa juga merupakan barang yang gampang meleleh, seperti coklat dan mentega. Nah, jika barang jualanmu termasuk barang yang tidak boleh terpapar sinar matahari atau sumber panas lainnya, maka sebaiknya kamu menggunakan simbol ini pada paketmu ya, agar barang dalam paketmu tetap aman dan tidak rusak.


8. No Stack/Barang Tidak Boleh Ditumpuk

Jika tadi ada simbol barang boleh ditumpuk dalam jumlah maksimum, simbol ini berarti bahwa barang tidak boleh ditumpuk sama sekali. Simbol no stack/barang tidak boleh ditumpuk sebaiknya digunakan pada paket yang berisi barang yang mudah rapuh atau rusak. Sebagai contoh, jika barang jualanmu adalah pajangan, bingkai, cermin, ataupun kaca, maka barang-barang tersebut sama sekali tidak boleh ditumpuk, karena tentu barangmu akan rusak. Jika barangmu rusak, maka pelanggan akan kecewa. Jika pelangganmu kecewa, tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan memberikan testimoni yang kurang baik pada toko online-mu.


9. Flammable/Mudah Terbakar

Barang yang mudah terbakar, tentu harus mendapat perlakuan khusus agar tidak terjadi dampak yang tidak diinginkan. Simbol flammable/ mudah terbakar menjadi sangat penting untuk memberikan informasi bagi penerima dan kurir. Barang-barang yang mudah terbakar adalah produk kesehatan kulit, produk kecantikan, hand sanitizer, aseton, bahkan bahan pencuci pakaian.

Jadi, kamu harus memastikan dan mengetahui bahwa barang jualanmu termasuk barang yang mudah terbakar atau tidak ya. Karena, paketmu akan mendapat perlakuan khusus saat kurir atau penerima mengetahui infromasi penting tentang barang jualanmu.


10. Side up/Petunjuk Bagian Atas

Sering melihat simbol di atas? Simbol tersebut merupakan simbol side up/ petunjuk bagian atas. Fungsi dari simbol ini adalah untuk memberikan informasi bahwa bagian mana yang merupakan bagian atas paket, dan bagian mana yang merupakan bagian bawah paket. Dengan adanya simbol ini, maka kurir jadi tahu bagaimana seharusnya meletakkan paket tersebut dengan benar sesuai petunjuk dan tidak terbalik.

Selain itu, bagi pelanggan, pelanggan juga jadi bisa mengetahui bagian mana untuk membuka paket dan tentunya memudahkan pelanggan untuk membuka paket dari arah yang benar. Untuk menghindari barang dalam paketmu jadi berantakan, kamu juga bisa menggunakan simbol ini pada paketmu. Dengan begitu, barang dalam paketmu akan tetap tertata dengan rapi saat sampai di tangan pelanggan.


11. Do not Dispose/Barang Tidak Boleh Dibuang Langsung ke Tempat Sampah

Tidak semua barang bisa langsung dibuang ke tempat sampah, ada beberapa barang yang memiliki resiko buruk jika langsung dibuang ke tempat sampah. Maka dari itu, jika barang jualanmu merupakan barang yang tidak boleh dibuang langsung ke tempat sampah, kamu harus menggunakan simbol ini pada paketmu. Tentu dengan tujuan, agar pelangganmu mengetahui informasi tersebut dan mengurangi resiko buruknya.

Beberapa barang yang tidak boleh dibuang langsung ke tempat sampah adalah cat minyak, karena mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan, obat yang sudah kadaluarsa juga sebaiknya tidak dibuang langsung ke tempat sampah, karena untuk menghindari adanya oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penyalahgunaan, sebaiknya jika ingin dibuang, jangan dalam kondisi yang utuh. Jika umumnya kamu hanya mendengar batu baterai saja yang tidak boleh dibuang langsung ke tempat sampah, sekarang kamu jadi tahu yang lainnya. 


12. First in First out/Terima Lebih dulu Jual Lebih dulu

Simbol first in first out (FIFO)/ terima lebih dulu jual lebih dulu adalah simbol yang menunjukkan bahwa barang yang diterima sebaiknya dijual terlebih dahulu, karena barang tersebut memiliki tanggal kadaluarsa. Arti lainnya, bahwa sebaiknya barang dalam paket tersebut segera digunakan dan perhatikan tanggal kadaluarsanya.


Ternyata, simbol pada paket itu penting supaya paketmu bisa tetap aman dan terjaga. Selain itu, simbol juga bisa memudahkan kurir dan pelanggan. Mau tahu kelanjutan arti simbol-simbol lainnya? Cek artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply