23 Simbol Penting pada Packing dan Artinya (II)

Halosis.co.id, Jakarta – Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas simbol-simbol yang tertera pada packing atau pun paket pelanggan memiliki arti yang berbeda-beda. Simbol-simbol ini berfungsi untuk memberikan kurir dan penerima paket seputar isi dari paket ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca bagian pertama artikel ini di sini.

Yuk, simak kelanjutan arti dari simbol-simbol pada packing atau paket berikut ini!


13. Explosive/Mudah Meledak

Simbol ini menandakan bahwa barang di dalam paket mengandung bahan yang mudah meledak. Sebaiknya paket ini diberikan perhatian khusus karena berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Contoh-contoh baran yang mudah meledak adalah kembang api, petasan, aseton, juga alkohol.

Jadi, jika ada barang jualanmu yang termasuk memiliki bahan mudah meledak, sebaiknya gunakan simbol explosive/mudah meledak pada paketmu. Misalnya, kamu menjual remover nail polish yang mengandung aseton dan alkohol, maka sebaiknya gunakan simbol ini, agar kurir bisa lebih berhati-hati.


14. Temperature Limitation/Batas Suhu

Simbol temperature limitation/batas suhu merupakan simbol yang memberikan informasi bahwa barang dalam paket tersebut harus dijaga suhunya. Ada batas temperatur tertentu barang tersebut dapat disimpan. Biasanya dalam simbol ini ada angka yang menunjukkan berapa derajat celcius atau fahrenheit batas suhu barang tersebut.

Jika tidak ada keterangan berapa suhu tercantum yang diperbolehkan, maka kurir harus mengecek pada keterangan nota. Sebaiknya, sebagai online seller, kamu memberikan informasi yang jelas, jika kamu menggunakan simbol ini pada paketmu, pastikan batas suhunya sudah tercantum dengan jelas dan benar.


15. Keep Tidy/Jagalah Kebersihan

Bukan hanya sering ditemukan di tempat sampah atau tempat umum lainnya, simbol keep tidy/ jagalah kebersihan ini juga tak jarang ditemukan di beberapa paket. Tujuan dipasangnya simbol ini pada sebuah paket adalah untuk mengingatkan kepada pelanggan maupun kurir untuk selalu menjaga kebersihan.

Selain itu, simbol ini juga memberikan informasi bahwa sisa-sisa sampah pada kemasan atau paket harus dibuang pada tempat sampah. Dengan adanya simbol ini, diharapkan baik online seller, kurir, maupun pelanggan selalu menjaga kebersihan.


16. Center of Gravity/Pusat Gravitasi

Jika barang jualanmu merupakan barang besar atau berat, sebaiknya kamu menggunakan simbol center of gravity/ pusat gravitasi pada paketmu untuk memudahkan kurir saat mengangkat barang dan memperkirakan posisi pengangkatan agar seimbang. Sebagai contoh, kamu menjual furniture yang terbuat dari kayu atau yang memiliki beban berat, maka untuk memudahkan penyeimbangan pengangkatan barang oleh kurir, sebaiknya gunakan simbol ini pada paketmu.


17. Halal

Simbol selanjutnya adalah simbol halal yang memiliki arti bahwa barang dalam paket tersebut sudah dijamin halal dan sudah melalui uji MUI (Majelis Ulama Indonesia) sehingga aman. Biasanya, simbol ini menjadi sangat penting ketika membeli makanan atau minuman, pasalnya masyarakat Indonesia sangat memperhatikan keamanannya. Itu sebabnya, jika barang jualanmu berupa makanan atau minuman, sebaiknya gunakan simbol ini, tentunya sesuai dengan fakta yang ada dan dapat dibuktikan kebenarannya.

18. Contain Poison/Awas Beracun

Simbol contain poison/ awas beracun sangat penting digunakan pada paket yang berisi barang beracun. Barang yang beracun adalah pestisida, penyegar udara, dan peralatan masak anti lengket yang mengandung bahan kimia beracun, sehingga saat barang ini terbakar akan melepaskan gas beracun.

Jadi, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan apakah barangmu mengandung bahan beracun atau tidak. Jika iya, maka kamu harus menggunakan simbol ini pada paketmu agar terhindar dari hal buruk yang mungkin akan terjadi.


19. European Standard/Standar Eropa

Simbol ini sudah sangat familiar, terutama pada barang-barang elektronik dan mainan anak. Simbol standar eropa merupakan simbol yang memberikan informasi bahwa barang dalam paket sudah terbukti atau lulus uji keamanan di Negara Eropa.


20. Do not Hook/ Jangan Digancu

Untuk memberikan informasi kepada kurir agar paketmu tidak diangkat dengan di gancu, maka kamu harus menggunakan simbol ini pada paketmu. Simbol do not hook/jangan di gancu menandakan bahwa barang atau paketmu akan berkemungkinan rusak dan berlubang jika di gancu. Dengan begitu, paketmu akan tetap aman sampai di tangan pelanggan.


21. Environmentally Hazardous Product/Produk Berbahaya bagi Lingkungan

Simbol environmentally hazardous product/ produk berbahaya bagi lingkungan merupakan simbol yang memberikan informasi bahwa barang dalam paket mengandung bahan yang berbahaya bagi lingkungan. Barang-barang tersebut adalah pestisida, batu baterai, hairspray, deterjen, serta pembersih lantai. Barang-barang tersebut berbahaya bagi lingkungan karena limbahnya akan merusak lingkungan dan kesehatan. Itu sebabnya, jika barang jualanmu termasuk ke dalam produk berbahaya bagi lingkungan, gunakanlah simbol ini pada paketmu.


22. SNI

Simbol ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, simbol ini menunjukkan bahwa barang dalam paketmu sudah pasti aman, karena sudah melalui uji standar Nasional Indonesia. Untuk meyakinkan pelanggan bahwa barangmu aman, maka sebaiknya gunakan simbol ini pada paketmu. Tetapi, perlu diketahui bahwa informasi tersebut benar adanya dan dapat dibuktikan.


23.  Corrosive/ Korosi

Selanjutnya adalah simbol corrosive/ korosi yang menunjukkan bahwa barang dalam paket tersebut mengandung bahan yang dapat membuat korosi atau merusak struktur suatu objek, baik objek mati seperti besi, maupun makhluk hidup. Jenis barang yang mengandung bahan yang bisa membuat korosi adalah pemutih.


Ternyata, simbol pada paket itu penting ya, supaya paketmu bisa tetap aman dan terjaga. Selain itu, simbol juga bisa memudahkan kurir dan pelanggan.

Nah itu dia tadi, beberapa simbol pada paket beserta artinya yang harus kamu ketahui. Kamu bisa baca penjelasan simbol-simbol lain di artikel sebelumnya. Kalau kamu sudah paham, maka kamu bisa menggunakan simbol-simbol sesuai pada paketmu untuk memudahkan kurir dan pelanggan dalam menangkap informasi seputar barang dalam paketmu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply