4 Tips Habiskan Weekend dengan Berkualitas

Halosis.co.id, Jakarta – Rasanya sangat senang jika kita sudah bertemu hari Jumat, itu artinya weekend sudah di depan mata. Tentu hal tersebut sangat ditunggu-tunggu, pasalnya waktu untuk beristirahat yang dimiliki jadi lebih banyak. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat agar bisa segar saat kembali untuk melakukan rutinitas hari kerja.

Selain digunakan untuk beristirahat, weekend-mu bisa jadi lebih berkualitas saat melakukan hal-hal yang menyenangkan atau yang tidak bisa leluasa kamu lakukan saat di hari kerja. Misalnya saja, di hari kerja kamu mungkin kesulitan untuk menyalurkan hobimu.

Selain itu, masih banyak hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi weekend-mu dan menjadikannya lebih berkualitas lho. Kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung simak tips-tipsnya berikut ini:


1. Refleksi dan Evaluasi Diri

Refleksi dan evaluasi diri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Namun melakukan refleksi memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit dilakukan di hari biasa karena banyaknya kesibukan sehari-hari. Karena itu, weekend jadi waktu yang tepat untuk bercermin dan melihat ke belakang untuk mengevaluasi dan mengapresiasi dirimu sendiri

Kamu bisa memulai evaluasi dari mengingat kembali apa saja yang menjadi kesalahan kita selama sepekan ini sebagai bahan pembelajaran dan perbaikan untuk diri sendiri. Bukan hanya itu saja, tapi ingat kembali juga hal-hal baik apa yang terjadi selama sepekan ini agar bisa lebih ditingkatkan lagi.

Setelah itu, kamu bisa menulis hal-hal apa saja yang seharusnya kamu lakukan. Ingat kembali apakah ada hal tertunda yang belum sempat dikerjakan? Dengan melakukan hal ini, bisa membantu kamu menjadi orang yang lebih baik lagi dari hari sebelumnya. Tidak lupa, tulis juga tujuan apa yang harus kamu capai di minggu yang akan datang. Ini akan mempermudah kamu memaksimalkan pekerjaanmu.


2. Quality Time dengan Orang Terdekat

Jika selama ini kamu sangat sibuk dengan pekerjaan atau rutinitasmu sehari-hari, weekend menjadi waktu yang sangat tepat untuk quality time dengan keluarga juga teman. Kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bercengkrama dengan mereka. Namun, di masa pandemi COVID-19 ini kamu mungkin tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar, tidak usah khawatir, kamu masih bisa bercengkrama dengan mereka melalui video call, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp bahkan google hangout atau zoom.

Setelah pandemi COVID-19 berakhir, kamu bisa memanfaatkannya dengan berkumpul, makan-makan, dan menonton bersama lho. Lakukan hal yang sulit untuk dilakukan saat di hari kerja. Saat kamu memilki quality time dengan keluarga atau teman, kamu bisa menambah energimu dan meningkatkan kembali kebahagiaanmu. Selain itu, kamu bisa menceritakan pada mereka apa yang selama sepekan ini menjadi kesulitanmu, dengan begitu kamu akan mendapat support dan semangat baru dari mereka. 


3. Maraton Film atau Drama

Gunakan waktu weekend-mu semaksimal mungkin untuk tidak memikirkan urusan pekerjaan, atau hal-hal yang menjadi rutinitasmu. Ambil waktu sejenak untuk tidak membuat otakmu kembali berpikir keras. Pikirkan hal-hal yang ringan, yang bisa menyegarkan kembali pikiranmu, misalnya dengan menonton film atau drama.

Selain berfungsi untuk menyegarkan pikiranmu, menonton film kamu juga bisa mendapatkan inspirasi atau ide baru melalui cerita yang kamu simak. Kamu mungkin bisa menonton film bergenre komedi untuk membangkitkan suasana hatimu, selain itu kamu bisa menonton juga film inspiratif, atau juga kamu bisa menonton film atau drama sesuai dengan genre yang kamu sukai.


4. Melakukan Hobi

Terjebak dalam rutinitas sehari-hari mungkin membuat kamu tidak bisa leluasa menyalurkan hobimu ya. Nah, weekend inilah saatnya kamu melakukan hobi yang dapat menyenangkan hatimu. Dengan melakukan hobi yang kamu suka, maka suasana hatimu akan meningkat dan tentunya bagus juga untuk kesehatan imun lho.

Selain itu, dengan menyalurkan hobimu, mungkin juga bisa sedikit membantu melepas beban pekerjaanmu, bahkan mungkin kamu bisa mendapatkan inspirasi baru saat melakukan hobimu.


Nah itu dia tadi tips-tips memiliki waktu weekend yang berkualitas. Gimana, sekarang kamu jadi bisa memanfaatkan weekend kamu besok supaya lebih berkualitas dan menyenangkan dong tentunya? Yang terpenting bagaimana kamu bisa keluar dari rutinitasmu yang melelahkan dan melakukan hal-hal yang bisa menyegarkan pikiran dan tubuhmu kembali.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply