7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Gratis

Halosis.co.id, Jakarta – Dalam berjualan online, foto produk memegang peranan yang sangat besar untuk mempengaruhi minat pelanggan. Itu sebabnya, sebagai online seller kamu wajib mempercantik foto produkmu agar pelanggan tertarik akan produkmu.

Agar foto produk dapat terlihat semakin menarik, kamu bisa mempercantiknya dengan melakukan editing. Namun harus kamu pahami bahwa tujuan mengedit foto sebenarnya adalah untuk memperbaiki kualitas foto yang kurang sempurna seperti exposure, brightness, crop, highlight, shadow.

Editing foto bukan ditujukan untuk merubah foto secara keseluruhan sehingga terlihat berbeda jauh dengan produk aslinya. Jangan mengedit foto secara berlebihan karena bisa jadi bumerang untukmu sendiri. Pelanggan pastinya akan komplain atau merasa tidak puas kalau barang yang didapat tidak sesuai dengan foto produknya.

Saat ini mengedit foto semakin mudah dengan adanya aplikasi online gratis dan mudah digunakan. Untuk kamu yang masih awam dalam mengedit foto, kamu bisa mencoba 7 aplikasi edit foto rekomendasi dari Halosis berikut ini:


1. Snapseed

Aplikasi edit foto online gratis yang pertama adalah snapseed. Kaum milenial mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini karena hasil editannya yang estetik. Penggunaannya pun mudah dan punya banyak fitur yang bisa membuat foto produkmu semakin menarik, seperti tune image, details, curve, white balance, tonal contrast, crop, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengedit foto dalam format RAW. Jika kamu menggunakan DSLR atau mirrorless saat mengambil foto produk, biasanya kamu akan memiliki file dengan format RAW. Kamu tidak perlu mengubahnya dulu ke JPG atau JPEG untuk bisa mengedit dengan snapseed.

Selain itu, snapseed memiliki fitur tutorial untuk memberikan tips dan trik mengedit foto dengan baik, bahkan mengenai dunia fotografi. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara online melalui PC atau mendownload aplikasinya melalui handphone.


2. VSCO Cam

Aplikasi edit foto online gratis selanjutnya adalah VSCO Cam. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang tidak asing di kalangan milenial. Jika kamu menginginkan hasil foto instagramable, kamu wajib mencobanya. Sama seperti snapseed, VSCO juga memiliki banyak fitur, seperti exposure, contrast, straighten, clarity, sharpening, saturation, highlight save, shadow save, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa membagikan hasil foto editanmu langsung ke beberapa platform. Jadi, kamu tidak perlu ribet mendownload lalu mengirimnya ke platform yang kamu inginkan. Kamu bisa langsung membagikannya sesuai platform yang kamu inginkan.

Selain itu, VSCO cam juga memiliki kemampuan memotret dengan pengaturan kamera manual secara real-time. Jika kamu lebih suka memfoto produk menggunakan kamera manual (DSLR/ mirrorless), kamu bisa menjadikan aplikasi VSCO cam sebagai alternatifnya. Bermodalkan handphone dan aplikasi ini, kamu dapat memfoto dengan pengaturan yang ada di kamera manual, seperti ISO, shutter speed, white balance, serta fokus manual. Jadi, hasil fotomu sudah maksimal sebelum masuk ke dalam tahap pengeditan. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mendownloadnya melalui handphone.


3. Afterlight

Selanjutnya ada aplikasi bernama afterlight. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga terkenal di kalangan milenial karena punya filter-filter yang bisa mempercantik tampilan foto. Fitur yang tersedia untuk membuat foto produkmu semakin menarik, seperti tune image, details, curve, white balance, tonal contrast, crop, dan masih banyak lagi.

Kelebihan aplikasi afterlight adalah filter-filternya yang begitu banyak bisa digunakan secara bersamaan dan diatur sesuai keinginan. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mendownloadnya melalui handphone.


4. Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto online gratis berikutnya adalah adobe lightroom. Aplikasi ini sekarang tersedia versi handphone. Penggunaannya pun mudah karena sudah punya banyak, seperti: selective adjustment, perspective, bit depth, color depth, white balance, tune image, details, curve, white balance, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengedit foto dalam format RAW yang memungkinkan foto produkmu semakin terlihat clear dan detail. Selain itu, kamu bisa mengakses tutorial juga dalam aplikasi ini, dan kamu bisa mengcopy-paste preset yang ada untuk digunakan saat mengedit fotomu, bahkan kamu bisa membuat preset sendiri. Kamu juga bisa import foto banyak sekaligus, memilih banyak foto yang ingin diedit, lalu kamu tinggal paste preset yang sudah digunakan sebelumnya, sehingga mempercepat pekerjaanmu.

Selain itu, aplikasi ini memiliki cloud storage 100GB. Jadi foto yang sudah kamu edit bisa otomatis di upload ke cloud dengan kapasitas penyimpanan 100GB, sehingga memungkinkan kamu mengeditnya di perangkat lain. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mendownloadnya melalui handphone.


5. Adobe Photoshop Express

Selanjutnya ada adobe photoshop express yang merupakan aplikasi edit foto gratis. Mungkin kamu pernah mendengar aplikasi adobe photoshop, bedanya dengan aplikasi ini adalah aplikasi ini khusus untuk mengedit foto dengan lebih cepat karena tampilannya dibuat lebih sederhana. Fitur yang tersedia juga tak kalah banyak, seperti contrast, highlight, shadows, temperature, tint, vibrance, saturation, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi adobe photoshop express adalah fitur correct yang sangat mendetail. Aplikasi ini juga punya fitur auto exposure. Kamu yang masih awam dalam mengedit bisa menggunakan fitur ini agar hasil editan kamu bagus.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur reduce noise yang sangat berguna untuk menjadikan fotomu lebih clear, terutama jika kamu memfotonya menggunakan kamera handphone. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi dengan mendownloadnya melalui PC atau juga handphone.


6. Picsart

Aplikasi edit foto gratis berikutnya adalah picsart. Aplikasi yang sering digunakan di berbagai kalangan ini sangat mudah pemakaiannya. Itu sebabnya, aplikasi ini menjadi primadona bagi yang ingin mengedit foto dengan hasil bagus namun mudah. Ada banyak fitur yang tersedia seperti: crop, motion, curve, adjustment, perspective, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi picsart adalah kemudahannya dalam penggunaan, juga fitur-fitur lain yang begitu banyak, seperti fit image (disesuaikan ke ukuran 1:1, atau square, sehingga saat diunggah ke instagram, ukuran foto pas).

Selain itu, picsart memiliki fitur kolase untuk menggabungkan beberapa foto dalam satu frame. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara online dan gratis dengan mendownload aplikasinya melalui handphone.


7. Foodie

Aplikasi edit foto online gratis yang terakhir adalah foodie. Kamu yang suka seputar dunia kuliner, pasti tahu aplikasi ini dong. Aplikasi satu ini memang dirancang khusus untuk mengedit foto makanan. Penggunaannya pun mudah dan punya banyak filter yang disesuaikan untuk jenis makanan tertentu.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengedit foto makananmu sesuai jenisnya, sehingga bisa mendapatkan hasil editan terbaik. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat memberitahu pengguna jika ingin mengambil foto flat agar posisinya rata. Selain itu, foodie juga memiliki fitur blur otomatis. Kamera foodie akan mendeteksi mana yang termasuk makanan dan mana objek yang bukan makanan, sehingga objek yang bukan makanan akan terblur secara otomatis. Fungsi dari fitur ini tentu mempertajam visual makanan yang kamu foto.

Untuk kamu yang berjualan makanan, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk memfoto produkmu serta mengedit foto produkmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana, sangat membantu ya? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara online melalui PC atau mendownload aplikasinya melalui handphone.


Nah itu dia tadi, 7 aplikasi gratis edit foto untuk online seller biar foto produkmu makin menarik. Kalau foto produkmu sudah bagus dan eye-catchy, tentu pelanggan pun akan lebih mudha tertarik untuk melihatnya. Bukan hanya itu, skill mengedit foto dan rasa estetika dalam dirimu pun terbangun dan selalu diasah.

Jika kualitas foto produk sudah meningkat, jangan lupa juga untuk meningkatkan performa toko online-mu dengan aplikasi Halosis. Ada banyak fitur-fitur aplikasi Halosis yang bisa mempermudah jualan online, seperti manajemen order 24 jam, kelola stok otomatis, laporan penjualan, bahkan sampai buat promo otomatis. Kamu tertarik untuk berjualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, buat akun aplikasi Halosis segera!

Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak tentang aplikasi Halosis melalui website atau instagram Halosis.

Leave a Reply