4 Keuntungan Punya Website Toko Online Sendiri

Halosis.co.id, Jakarta – Saat ini platform untuk berjualan online sudah semakin beragam. Mulai dari marketplace, media sosial, maupun website. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kali ini, platform yang akan dibahas adalah website. Mungkin beberapa dari online seller ada yang sudah familiar dengan penggunaan website, ada juga yang belum. Untuk kamu yang belum familiar dengan website toko online, kamu bisa cek contoh-contoh website toko online berikut untuk mengetahui gambarannya: hanaru park, jasmine tease, brodo, oh, stef!.

Website menjadi salah satu platform yang bisa mencakup lebih banyak calon pelanggan, karena bisa diakses tanpa harus memiliki akun apapun, yang tentu akan membuat pelanggan lebih mudah untuk mengakses toko online-mu dan melihat-lihat produk jualanmu. Selain itu, adanya website membuat branding toko online-mu lebih terbangun. Pasalnya, sebuah website bisa didesain sesuai branding toko online-mu, berbeda dengan platform jual-beli online lainnya.

Bukan hanya itu saja, dengan memiliki website toko online sendiri juga kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya. Supaya kamu tahu apa saja keuntungannya, yuk, intip penjelasannya di bawah ini.


1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Setiap online seller tentu ingin toko online-nya dipercaya oleh pelanggan. Kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelangganmu dengan memiliki website toko online. Pasalnya, penggunaan platform website lebih prestise dan tentunya hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online-mu.

Dengan adanya website toko online, kamu pun dipermudah untuk membangun sebuah branding toko online-mu, karena kamu bisa membuat nama domain yang sesuai dengan toko online-mu, serta desain web yang dibuat berdasarkan branding toko online-mu. Sebagai contoh: jika nama toko online-mu adalah “bibob shop” maka kamu bisa membuat nama domain websitemu dengan nama toko online-mu.

Halaman websitemu pun bisa kamu desain sedemikian rupa sesuai dengan branding toko online-mu. Jika di marketplace atau media sosial kamu terbatas untuk memperlihatkan branding toko online-mu melalui penampilannya (mungkin hanya logo), maka di website kamu bebas berkreasi. Warna yang menjadi ciri khas toko online-mu bisa kamu gunakan sebagai warna halaman websitemu dan warna-warna senada atau pendukungnya bisa kamu gunakan juga, misal untuk font, menu bar, dan fitur lainnya.


2. Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Seperti yang sudah diketahui, bahwa siapa saja bisa mengakses website toko online-mu, tanpa terkecuali orang yang berada di luar negeri sekalipun. Selain itu, penggunaan website tidak dibatasi oleh adanya akun. Sehingga, orang-orang yang tidak memiliki akun masih bisa mengakses website toko online-mu untuk sekedar melihat-lihat produk jualanmu.

Hal inilah yang menjadi keuntungan untukmu jika memiliki website toko online karena jangkauan pelanggannya lebih luas. Bahkan kamu bisa menjangkau orang yang tidak termasuk ke dalam target audience-mu. Semakin kamu bisa luas menjangkau pelanggan, maka peluang peningkatan penjualan pun semakin besar


3. Memudahkan Pelanggan Bertransaksi

Tampilan dari website membuat pelanggan lebih mudah untuk melihat-lihat produk jualanmu. Adanya pengelompokkan setiap barang bisa mempermudah pelanggan untuk menemukan apa yang dicarinya. Hal ini juga membuat toko online-mu jadi lebih tertata dan rapi.

Pelanggan akan jadi lebih leluasa melihat produk jualanmu. Selain itu, transaksi di website toko online lebih mudah, karena semua informasi sudah lengkap. Ada panduan untuk bertransaksi beserta langkah-langkahnya. Harga yang tertera pada website pun sudah paten, sehingga pelanggan tidak perlu menanyakan lagi informasi mengenai harga.


4. Meningkatkan Penjualan

Dengan kemudahan-kemudahan yang ada menjadikan penggunaan platform website toko online bisa meningkatkan penjualanmu. Pasalnya, jika pelanggan dimudahkan untuk melakukan transaksi pembelian, maka hal tersebut bisa menjadi peluang peningkatan penjualanmu. Akses website yang tidak pernah berhenti selama 24 jam, tentu juga menjadi salah satu faktor penjualanmu bisa meningkat.

Pelanggan bisa mengakses website toko online-mu tanpa mengenal waktu. Kamu mungkin tidak pernah tahu kapan waktu yang pas untuk pelanggan ingin melakukan transaksi dan melihat toko online, karena setiap pelanggan memiliki jam yang berbeda-beda, tidak mungkin serentak dalam satu waktu. Tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan justru ingin melakukan transaksi di luar jam kerja, bahkan tengah malam. Itu sebabnya, penggunaan website meminimalisir pelanggan kabur karena jam operasional toko sudah lewat.


Nah itu dia tadi, keuntungan yang kamu dapatkan kalau punya website toko online sendiri. Ternyata mempunyai website toko online sendiri bukan hanya membuat branding semakin terbangun saja ya, tetapi pelanggan pun jadi lebih dimudahkan untuk mengakses toko online-mu dan melakukan transaksi pembelian dan meperbesar peluang melakukan repeat order

Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply