Tips Jadikan Katalog Instagram Lebih Menarik

Halosis.co.id, Jakarta – Katalog produk adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan sebelum membeli produkmu. Banyak pelanggan yang lebih suka memilih produk melalui katalog karena biasanya menampilkan produk lebih jelas dan tidak tertutupi konten lain.

Selain itu, dengan adanya katalog produk, foto produkmu jadi lebih tertata rapi dalam satu tempat. Saat ini, katalog produk yang lebih familiar dalam kalangan pelanggan adalah e-catalogue atau katalog digital. Selain mengurangi biaya produksi untuk percetakan, kelebihan dari katalog digital adalah bisa dibagikan di platform apapun dengan mudah  (sharable).

Biasanya katalog produk hanya berisikan foto produk yang diambil dengan background putih dan pencahayaan yang terang. Namun sebenarnya kamu masih bisa membuat katalog produkmu lebih menarik dan tidak biasa. Bagaimana caranya? Simak tips membuat katalog toko online-mu di instagram lebih menarik di bawah ini.


1. Riset dan Cari Referensi

Sebelum membuat katalog, sebaiknya kamu melakukan riset jenis katalog terlebih dulu. Cari tahu, warna dan tampilan seperti apa yang disukai target audience-mu. Tulislah apa saja yang kamu butuhkan dalam katalogmu sesuai dengan insight yang kamu dapatkan dari target audience-mu.

Setelah melakukan riset, mulailah untuk mencari referensi. Referensi sangat dibutuhkan agar hasil katalogmu jadi lebih maksimal. Kamu bisa mencari-cari referensi katalog di berbagai jenis platform, seperti google atau pinterest dengan kata kunci terkait. Semakin banyak referensi yang kamu cari dan dapatkan, maka akan semakin banyak pula ide-ide yang bermunculan yang bisa kamu gunakan.


2. Pilih Foto yang Paling Menarik

Foto produk merupakan kunci utama yang dibutuhkan dalam sebuah katalog produk. Itu sebabnya, kamu harus memastikan bahwa foto produkmu sudah menarik. Foto produk yang menarik akan meyakinkan pelanggan bahwa toko online-mu memiliki nilai yang baik. Untuk membuat foto produk yang menarik, kamu harus memperhatikan beberapa hal, seperti: lighting, angle foto, elemen pendukung, setting-an foto, background, serta kameranya.

Bukan hanya itu saja, untuk hasil yang maksimal, kamu harus mengedit foto produkmu agar terlihat lebih menarik. Untuk mengedit foto produkmu, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto. Dengan menggunakan aplikasi edit foto, membantu kamu mempercantik tampilan foto produkmu, apa yang sekiranya harus dihilangkan, dipertajam, atau dipotong.

Sebaiknya dalam mengedit foto produk, gunakan basic tools, seperti: exposure, brightness, highlight, crop, shadow, dan tools lain yang membantu penegasan cahaya, ataupun menghilangkan noise. Tidak disarankan untuk menggunakan filter, karena akan membuat foto produkmu tidak sesuai dengan aslinya, tentu hal tersebut bisa membuat pelanggan curiga dan berpikir bahwa toko online-mu adalah penipu.


3. Buatlah Desain Katalog Unik

Jika kamu mau mengunggah katalog toko online-mu ini di platform instagram, maka buatlah visual-visual yang menarik dalam katalog tersebut. Manjakan pelanggan dengan visual menarik dari katalog toko online-mu karena desain katalog merupakan hal penting kedua yang harus kamu perhatikan setelah foto produk.

Selain desain yang unik, kamu tetap harus memperhatikan informasi dalam katalognya, seperti ukuran barang, harga, varian warna, atau varian rasa, dan informasi lainnya terkait produk. Informasi-informasi tersebut sangatlah penting karena akan membantu pelanggan mengetahui detail produk jualanmu dan memudahkan pelanggan untuk menimbang pembelian. Kejelasan informasi sangat penting, karena pelanggan akan malas jika melihat informasi yang tertera tidak lengkap.

Desain katalog toko online-mu bukan hanya perlu memperhatikan estetika saja, tetapi juga harus memudahkan pelanggan melihat detail produkmu. Menggunakan desain yang terlalu rumit dibaca dan dilihat pada akhirnya akan bermasalah baik untuk pelanggan maupun online seller itu sendiri. Bagi pelanggan, mereka akan kesulitan melihat informasi yang jelas, bagi online seller tentu akan membuat toko online-mu mungkin akan kurang diminati pelanggan.


4. Menggunakan Aplikasi Editing untuk Hasil Akhir

Untuk menghasilkan katalog yang menarik dan berkualitas, gunakanlah aplikasi editing. Penggunaan aplikasi editing ini bertujuan untuk menjadikan kumpulan foto produkmu menjadi sebuah katalog yang menarik. Kamu bisa menyusun foto-foto produkmu serta elemen pendukung lainnya untuk dijadikan katalog.

Kamu bisa melakukannya secara manual. Jika kamu sudah tidak asing menggunakan software design, kamu bisa menggunakan aplikasi adobe illustrator atau adobe photoshop. Sedangkan, jika kamu belum familiar, kamu bisa menggunakan aplikasi online seperti: anyflip, publitas, flipsnack, serta flipHTML5. Untuk hasil yang sempurna dan clear, sebaiknya filemu diexport ke format PDF.


Nah itu dia tadi, tips membuat katalog toko online di instagram jadi lebih menarik. Kalau katalog toko online-mu menarik, pelanggan lebih mudah tertarik untuk melihat, dan peluang penjualan akan terbuka semakin lebar. Yang terpenting adalah bagaimana kamu mengemas informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan dalam katalogmu dengan tampilan yang lebih menarik.

Semoga tips ini bermanfaat. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tips-tips seputar jualan online, kamu bisa nih follow instagram Halosis @halosisofficial.

Leave a Reply