Jangan Habiskan Waktu Berhargamu Melakukan 7 Hal Ini

Semua orang diberikan 24 jam dalam satu hari, tapi tidak semua bisa menggunakannya dengan maksimal.
Gambar: https://www.nationalgeographic.com/science/2019/03/tired-of-daylight-saving-time-these-states-trying-to-end-clock-changes/

Halosis.co.id, JakartaSebagai seorang pelaku usaha online, kamu pastinya tahu, kalau waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Pepatah mengatakan, waktu adalah uang dan begitulah kenyataannya. Waktu adalah suatu hal yang sangat berharga, yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Namun secara tidak sadar, kamu mungkin melakukan hal-hal yang sangat membuang waktumu. Kalau kamu ingin menggunakan waktumu dengan sangat produktif, jangan habiskan waktumu untuk hal-hal di bawah ini. 

1. Bermalas-malasan

Malas bisa menjerumuskan kita pada kegagalan dan penyesalan.
Gambar: https://www.gulalives.co/ini-alasan-bermalas-malasan-saat-akhir-pekan-itu-tak-baik/

Hal pertama dan yang terutama, yang tidak boleh kamu lakukan sebagai pengusaha adalah bermalas-malasan. Tidur yang cukup dan beristirahat memanglah diperlukan. Namun kalau kamu sudah terlalu banyak tidur atau bersantai di rumah, kemampuanmu perlahan akan tumpul. Rasa malas bisa membuat orang kecanduan. Semakin sering kamu bermalas-malasan, semakin sulit untuk kembali menjalankan hari yang produktif. Kalau kamu tidak mau skillmu berkurang, asahlah setiap hari dan hindari bermalas-malasan.

2. Terlalu Memikirkan Kata Orang Lain

Jangan terlalu memikirkan omongan orang, yang tidak menafkahimu.
Gambar: https://www.psychologytoday.com/gb/blog/anger-in-the-age-entitlement/200904/how-deal-angry-partner 

Hal lain yang sebaiknya kamu hindari, adalah terlalu memikirkan kata orang lain. Mempertimbangkan perkataan orang lain atau menerima masukan dari orang lain adalah hal yang baik. Tapi terlalu memikirkan judgment orang lain tentang usahamu sangatlah membuang-buang waktu. Daripada kamu mengahabiskan waktumu untuk itu, lebih baik kamu melangkah maju dan melakukan hal yang lebih berguna.

3. Berlarut-larut dalam Kesedihan

Kamu boleh merasakan sedih, tapi jangan sampai berlarut-larut.
Gambar: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150505064043-255-51153/tiga-jenis-tangisan-dan-fungsinya-secara-ilmiah

Rasa sedih bisa menjadi salah satu distraksi besar yang akan mengganggu harimu. Perasaan sedih adalah salah satu perasaan yang paling menguras energi dan mempengaruhi psikologi seseorang. Ketika sedang sedih, kamu mungkin jadi tidak memiliki semangat untuk melakukan apapun. Jika sedih saja sudah menguras banyak waktu dan tenaga, bagaimana kalau kamu berlarut-larut dalam kesedihan? 

4. Bergosip

Kurangi ghibah dan perbanyak amal.
Gambar: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3743602/bahaya-gosip-di-kantor-membuat-karyawan-keluar-kerja

Aktivitas lainnya yang berbahaya dan akan mengganggu waktu produktif, adalah bergosip. Gosip atau nongkrong-nongkrong tidak jelas mungkin terlihat menyenangkan dan dianggap refreshing. Padahal sebenarnya, bergosip menghabiskan banyak sekali waktu dan tenaga. Bergosip bisa membuatmu lupa akan waktu. Daripada kamu sibuk menilai hidup orang lain, nilai dirimu sendiri terlebih dulu.

5. Mengurusi Masalah Orang Lain

Peduli boleh saja, tapi terlalu banyak ikut campur masalah orang, tidak baik.
Gambar: https://www.huffpost.com/entry/talking-with-hands-gestures_n_56afcfaae4b0b8d7c230414e

Miliarder dunia, Tim Cook (CEO Apple setelah Steve Jobs) memberikan nasihat, untuk tidak membuang waktu, mengurusi masalah orang lain. Terkadang, kepedulian kamu akan orang lain, membuatmu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengurusi masalah orang lain. Jangan terlalu ingin terlibat dengan permasalahan hidup orang lain. Kamu sendiri juga pastinya memiliki banyak masalah hidup. Karena itu, jangan tambah beban hidupmu dengan ikut campur terhadap masalah orang lain.

6. Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Kenyataannya, kamu tidak bisa membuat semua orang suka padamu.
Gambar: https://www.123rf.com/photo_17687428_kids-celebrating-birthday-party-with-clown.html

Hal yang mungkin sering kamu lakukan, tapi sebenarnya tidak baik, adalah berusaha menyenangkan semua orang. Pada dasarnya, sekeras apapun kamu berjuang, kamu tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Kamu harus menanamkan itu di pikiranmu. Pro dan kontra terhadapmu dan usahamu merupakan hal yang biasa. Daripada menghabiskan waktu untuk menyenangkan semua orang, lebih baik kamu menggunakan waktumu untuk mengupgrade skill dalam menjalankan usahamu. Kamu tidak diciptakan untuk memenuhi ekspektasi orang lain, tapi untuk memenuhi ekspektasi dirimu sendiri.

7. Menunggu Inspirasi Datang

Inspirasi tidak didapatkan dari menunggu, tapi dari mencari.
Gambar: https://glasscathedrals.com/portfolio/waiting-for-inspiration/

Hal lain yang sebaiknya kamu hindari adalah menunggu inspirasi datang. Inspirasi memang kadang sulit untuk didapatkan. Namun bukan berarti kamu bisa tenang-tenang dan tidak melakukan apa-apa sampai inspirasi datang. Untuk bisa mendapatkan sebuah inspirasi, kamu bisa melakukan banyak hal. Inspirasi tidak datang dengan sendirinya, tetapi karena dicari dan diusahakan. Karena itu, jangan buang waktumu hanya untuk menunggu inspirasi jatuh dari langit. Ciptakanlah inspirasimu sendiri.


Demikian beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari, agar tidak membuang-buang waktumu. Jauhi semua kegiatan yang bisa membatasi produktivitas. Namun kamu juga tetap harus ingat untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai kamu sakit, karena lupa makan atau lupa beristirahat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply