7 Hal Yang Bisa Dilakukan Online Seller Saat Mati Lampu

Mati lampu memang sangat mengganggu aktivitas. Namun sebenarnya, banyak juga yang bisa dilakukan ketika mati lampu.
Gambar: www.unsplash.com

Halosis.co.id Listrik padam adalah sebuah permasalahan, yang sangat menghambat aktivitas manusia. Sebagai manusia modern, yang tidak bisa lepas dari penggunaan listrik di hampir seluruh kegiatan, mati lampu tentunya membuatmu mati gaya. Sejak 4 Agustus lalu, listrik di daerah Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami gangguan

Untuk seorang online seller, yang bergantung pada gadget elektronik dan koneksi internet, mati lampu sangatlah berdampak buruk. Namun bukan berarti, sebagai online seller, kamu tidak bisa melakukan apa-apa saat tidak ada arus listrik. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat sedang mati lampu.

1. Mengambil Foto Produk

Gunakan pencahayaan alami, untuk hasil yang maksimal.
Gambar: www.unsplash.com

Saat mati lampu dan koneksi internet terganggu kamu mungkin bisa melakukan aktivitas lain, seperti mengambil foto produk. Siapkan kamera dan mulailah menambah stok foto produkmu. Kamu bisa mengandalkan pencahayaan alami, dari sinar matahari, atau bahkan mengambil foto di luar ruangan. Kamu yang tadinya tidak punya banyak waktu, bahkan untuk memfoto produk sendiri, bisa memanfaatkan waktu ini. 

2. Menghitung Stok Barang

Periksa dengan baik! Siapa tahu ada perbedaan antara pencatatan dengan stok sebenarnya di gudang.
Gambar: www.unsplash.com

Selain mengambil foto, kamu juga bisa menghitung stok barang yang kamu miliki. Mungkin kamu punya pencatatn stok yang sangat rapi, sehingga kamu jarang sekali menghitung stok barang. Namun ada baiknya, sesekali kamu mengecek gudang secara langsung, dan memeriksa total stok yang kamu miliki. Bisa saja ada ketidakcocokan antara pencatatan dengan stok asli yang ada di gudang. Dengan melihat secara langsung stok, kamu juga mungkin akan teringat akan stok-stok lama yang belum terjual.

3. Memasarkan Produk Secara Offline

Kenalkan barang jualan ke orang-orang terdekat, yang belum pernah kamu tawarkan.
Gambar: www.unsplash.com

Listrik mati menghambat memasarkan produk secara online? Mungkin sudah saatnya kamu berinteraksi dengan customer secara langsung! Kalau biasanya kamu melakukan pemasaran secara digital, sekarang, kamu bisa mencoba pemasaran secara offline. Kamu bisa memulainya dari yang paling sederhana, seperti menawarkan produk ke tetangga atau keluargamu.

4. Merapikan Catatan/Pembukuan

Catatan yang berantakan hanya akan membuat kamu pusing.
Gambar: www.unsplash.com

Selain itu, kamu juga bisa merapikan catatan atau pembukuan online shopmu. Saatnya merapikan catatan-catatan yang berantakan dan atau mendata pengeluaran-pengeluaran online shop yang belum tercatat. Sebaiknya seluruh penjualan dan biaya operasional olshopmu dicatat dengan rapi atau dibukukan. Ini akan mempermudahmu melakukan kontrol keuangan pada usaha onlinemu. Kamu juga bisa merapikan bon-bon yang menumpuk di dompetmu. Yang tidak penting, bisa kamu buang, dan yang penting bisa kamu satukan lalu simpan dengan rapi.

5. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Gantikan waktu untuk keluarga yang sering kamu gunakan mengurus olshopmu.
Gambar: www.unsplash.com

Cara lain untuk memanfaatkan waktu mati lampu adalah dengan menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena kesibukan menjalankan usaha, kamu mungkin kerap kali menomorduakan keluarga. Kamu jarang memiliki quality time bersama dengan anak-anakmu. Karena itu, gunakanlah waktu seperti ini untuk menggantikan momen-momen bersama keluarga yang tersita oleh kesibukanmu. Kamu bisa berbincang-bincang, bermain, atau berjalan-jalan ke luar, dengan keluargamu.

6. Berolahraga

Tetap jaga kesehatanmu dengan berolahraga.
Gambar: www.unsplash.com

Opsi lain, selain menghabiskan waktu dengan keluarga, adalah berolahraga. Kegiatan mengurus online shop selama ini mungkin membuatmu minim bergerak. Kamu bisa menggunakan waktu mati lampu ini, untuk menjaga kebugaran tubuhmu dengan berolahraga. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan! Hasil dari kerja kerasmu tidak akan berarti, kalau kamu sakit-sakitan.

7. Beristirahat

Pilihan yang paling mungkin dilakukan, diantara semua saran yang ada di artikel ini.
Gambar: www.unsplash.com

Pilihan terakhir, yang bisa kamu lakukan, kalau benar-benar malas melakukan apapun, adalah beristirahat. Kamu bisa menggunakan waktu tanpa listrik ini sebagai waktumu untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Tenangkan pikiran dan tubuhmu. 8 jam lebih tanpa listrik bisa digunakan untuk tidur, atau melakukan meditasi.


Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat listrik di kotamu sedang padam. Manfaatkanlah segala situasi (walau kurang menyenangkan), untuk sesuatu hal yang berguna. Namun, tetaplah berhati-hati saat listrik rumahmu padam, karena semakin besar risiko terjadi tindak kriminalitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat #berUsaha.



Leave a Reply