Jadi Seller Olshop Yang Makin Pro dengan Mengenali Istilah-Istilah Ini.

Halosis.co.id, Jakarta – Jaman dulu beken yang istilah-istilah bahasa untuk sms-an. Untuk tujuan menghemat karakter, banyak orang menyingkat kata demi kata sampai kadang orang bisa bingung untuk memahami arti kata yang dimaksud. Kini, dengan adanya chatting online menggunakan internet, dunia maya tidak memberikan batas karakter sekali pesan dikirimkan, tapi tetap saja ada muncul istilah-istilah baru yang mungkin tidak begitu familiar di telinga orang Indonesia, apalagi mereka yang baru saja terjun di dunia online bisnis.

Berikut adalah beberapa istilah yang harus kamu ketahui agar semakin pro dalam menjalankan bisnis online mu!

Buyer

Dalam bisnis online, istilah satu ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya pembeli. Biasanya digunakan dalam pesan-pesan seperti: Serious Buyer Only! Yang artinya, hanya untuk pembeli yang serius. Mungkin karena orang Indo banyak yang suka humor yaa…

Seller

Dalam jual beli online, Seller adalah lawan kata dari Buyer, yang artinya adalah penjual. Kata Seller sering digunakan misalnya, Trusted Seller, yang artinya menunjukan bahwa penjual ini terpercaya dan terjamin.

COD (Cash On Delivery)

Istilah ini sebenarnya lebih mengarah pada salah satu sistem jual beli online. Sistem jual beli ini digunakan oleh para penjual dan pembeli online dengan cara bertemu disuatu tempat untuk mengirimkan barang dan melakukan pembayaran cash. Dengan sistem ini, pembeli dapat mengecek kondisi barang sebelum melakukan pembayaran. Sekarang ini ada agen-agen distribusi yang menawarkan jasa COD, jadi COD dilakukan oleh pihak ketiga (third party) diluar dari penjual dan pembeli.

Resi

Resi adalah satu nomor bukti pengiriman barang melalui agen pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Sicepat, Pos Indonesia, dll. Nomor resi yang didapatkan penjual setelah mengirimkan barang melalui agen tersebut, biasanya di informasikan ke pembeli sebagai tanda bahwa barang sudah dikirim.

Booked / Booking

Booked adalah bahasa Inggris yang artinya barang sudah di pesan. Sedangkan Booking, juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya anda akan melakukan pemesanan untuk suatu barang atau jasa.

Sold & Out of Stock

Sold juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya barang sudah terjual, sedangkan out of stock artinya barang sudah kehabisan stok. Biasanya jika sudah ditulis Sold, maka artinya barang Out of Stock, atau sebaliknya.

Re-Stock

Banyak banget istilah yang diambil dari bahasa Inggirs, re-stock sendiri artinya barang sudah tersedia kembali. Jadi maksudnya adalah stok barang sudah ditambah.

Return / Refund

Return artinya adalah barang dikembalikan. Kalau dalam bahasa Indo, orang biasa menyebut retur. Sedangkan Refund artinya uang dikembalikan. Biasa terjadi ketika pembeli tidak puas dengan barang yang diterimanya.

Testimoni

Testimoni sebetulnya berasal dari bahasa Indonesia yang artinya kesan dan pesan. Biasanya seller yang ingin mendapat reputasi, suka meminta testimoni (kesan dan pesan) dari buyer-nya melalui chatting, setelah itu seller akan memposting testimoni tersebut dengan cara screenshot.

Reseller / Dropship

Salah satu sistem jualan online sebagai agen penjual yang menjual barang dari online shop yang sudah ada. Beda reseller dan dropship salah satunya adalah reseller memiliki stok barang dan harus mengirimkan barang sendiri, sedangkan dropship biasanya hanya fokus menjual, stok dan pengiriman dilakukan oleh online shop pertama. Panjang pembahasan soal 2 sistem jualan ini, jadi bisa dibahas di artikel lain.

PO / DP / FP

PO kependekan dari Pre Order, yang artinya melakukan pemesanan barang. Dengan Pre Order, berarti barang tidak ready stock (istilah lainnya yang artinya stok tidak ready). Sama halnya kalau pesan makanan, biasanya tidak ready stock karena harus menggunakan sistem PO.

DP kependekan dari Down Payment, tidak asing karena banyak digunakan di industri elektronik dan jual beli mobil. DP adalah uang muka atau uang tanda jadi. Sedangkan FP adalah Full Payment, ya artinya bayar full diawal.

Ongkir

Satu-satunya istilah yang tetap mempertahankan kekhas-an bahasa Indonesia, Ongkir adalah kependekan dari ongkos kirim. Hehehe…

Selamat membaca dan semoga semakin pro jadi pebisnis online!

Jangan lupa tag nama bisnis online mu di comment dan kasih tau dimana bisnis online mu bisa ditemukan oleh kami.. 🙂

Leave a Reply