Tips Singkat Memulai Bisnis Online

Halosis.co.id, Jakarta – Banyak orang bermimpi memiliki bisnisnya sendiri. Banyak orang yang berharap bisa keluar dari pekerjaannya untuk memulai bisnis dan membangun perusahaannya sendiri. Tapi tidak semua yang benar-benar melakukannya, keluar dari pekerjaannya dan memulai usaha dari kecil. Bukan karena masalah modal, tapi karena masalah keseriusan dalam berbisnis. Karena keluar dari pekerjaan seakan keluar dari zona nyaman yang tidak mudah bagi banyak orang. Jangan kira berbisnis itu mudah, karena berbisnis jauh lebih sulit ketimbang hanya mengikuti peraturan yang sudah ada di sebuah perusahaan.

Nah sebelum kamu betul-betul matang untuk menjalankan bisnis dan keluar dari perusahaan yang sekarang, ada baiknya melakukan beberapa tips dibawah ini.

Tentukan Ide Usaha

Ide usaha memang mungkin terdengar mudah, tapi ide usaha ada kunci awal dalam menjalankan bisnis. Dalam menentukan ide usaha, coba pelajari sekitar kamu, cari ide yang sesuai dengan gaya hidup dan karakter kamu. Juga lihat potensi untuk berkembangnya ide usaha tersebut.

Menentukan Jumlah Investasi

Tidak hanya investasi dalam bentuk uang, tapi juga investasi dalam bentuk waktu dan tenaga. Seberapa banyak fokus waktu yang akan kamu luangkan untuk ide bisnis ini? Setelah komitmen-komitmen mengenai waktu dan tenaga sudah ditentukan, barulah dapat mengukur investasi uang. Sebenarnya investasi uang untuk bisnis online jaman sekarang pun tidak perlu besar. Karena dengan online, semua dapat dimulai dengan gratis.

Pemilik Adalah Karyawan

Kamu pikir jika kamu keluar dari pekerjaan mu sekarang dan memulai bisnis, kamu akan bebas dari status karyawan? Tidak.. Karena berbisnis itu artinya memperkerjakan diri sendiri sebelum mempekerjakan orang lain. Jadilah karyawan bagi bisnis anda sendiri sebelum mulai mencari karyawan lain. Jadilah karyawan terbaik untuk bisnis kamu.

Waktu Adalah Uang

Disiplin waktu juga merupakan kunci yang penting dalam menjalankan bisnis. Kamu tidak dapat santai-santai karena waktu terus berjalan dan tidak berhenti. Ketika kamu berhenti melakukan pekerjaan untuk bisnis mu, waktu terus berjalan. Jadi gunakan waktu dengan bijak.

Timing

Ide bisnis yang baik tidak akan bekerja dan berjalan jika tidak dilaksanakan dengan timing yang pas. Seluruh hal dalam menjalankan bisnis adalah tentang timing. Ada waktu untuk berusaha keras, ada waktu untuk menuai, ada waktu untuk bekerja sendiri, ada waktu untuk mulai merekrut karyawan. Timing penting untuk kelancaran bisnis kamu.

Keinginan Untuk Belajar

Kamu mungkin ahli dalam satu bidang tertentu di perusahaan besar, seperti keuangan, marketing, dll. Tapi ketika kamu berbisnis, kamu harus memiliki kemampuan dan keinginan untuk belajar. Belajar menganalisa kebutuhan pasar, strategi pricing, strategi marketing, perencanaan keuangan, pengelolaan aset dan hutang, dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang jamannya serba mudah dengan teknologi, jika kamu ingin berkembang, cobalah membuka diri pada hal-hal baru seperti teknologi, IT dan hal-hal berbasis online lainnya.

Demikian tips singkat Halosis dalam memulai bisnis online. Semoga bermanfaat!

Bisnis jangan ditanya tapi dimulai yaa… hehehe

Leave a Reply