Tips Membagi Waktu Untuk Jualan Online Bagi Karyawan

Halosis.co.id, Jakarta – Tidak sedikit orang yang memiliki bisnis sampingan selain bekerja di suatu perusahaan. Banyak yang menjalankan bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan atau bahkan keinginan hidup. Beberapa diantara mereka yang beruntung, mampu keluar dari pekerjaan mereka dan malah fokus ke bisnis online yang tadinya hanya sekedar bisnis sampingan itu. Sedangkan yang lainnya kesulitan membagi waktu antara pekerjaan, bisnis, dan waktu personal lainnya seperti waktu untuk keluarga dan liburan.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu dalam membagi waktu antara pekerjaan dan bisnis online sampingan.

Pembagian Waktu

Orang bekerja kantoran biasanya berkisar 6-8 jam sehari. Fokus lah pada pekerjaan dan tanggung jawab mu di kantor. Tapi jangan lupa luangkan 3-4 jam sehari untuk bisnis online. Waktu 3-4 jam ini dapat kamu selipkan sebelum ke kantor, pas jam makan siang, dan setelah jam kantor. Misalnya 90 menit sebelum ke kantor, 30 menit ketika makan siang, dan 2 jam setelah jam kantor.

Fokus dan Disiplin

Hal paling penting adalah eksekusi. Pembagian waktu hanyalah rencana awal yang akan sia-sia jika tidak ada eksekusi. Ketika waktunya fokus pada bisnis online mu, lakukanlah dengan fokus, melakukan packing dan membalas chat dari konsumer, lakukan dengan fokus dan tidak multi-tasking sehingga apa yang kamu kerjakan bisa selesai dengan cepat. Lakukand dengan disiplin dan jangan bosan kalau kamu melakukan hal-hal yang kiranya masih kecil, karena semua dimulai dari kecil.

Atur Weekend dengan Bijak

Anda memang ingin sukses secepat-cepatnya, tapi anda juga manusia. Manusia butuh waktu berlibur, menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga, mendapatkan hiburan yang layak anda dapatkan setelah seminggu bekerja. Maka aturlah weekend anda dengan bijak. Lakukan hal-hal yang memang simpel tapi berarti, misalnya seperti bangun lebih awal di hari libur. Orang cenderung bangun siang di hari libur sehingga mereka memulai hari lebih lambat di banding orang yang bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal, anda tetap dapat mengurus bisnis online anda dan menggunakan sisa waktu di hari libur anda untuk berlibur.

Kurangi tidur larut yang membuat anda menjadi tidak produktif keesokan harinya. Hal-hal simpel namun bermakna ini akan sangat berdampak pada hari libur anda!

Buat Proses Bisnis Online Se-Otomatis Mungkin

Dengan adanya website, marketplace, atau Halosis, akan sangat membantu anda dalam berjualan online. Dengan website dan marketplace, anda dapat mengatur semua transaksi jadi lebih rapi karena masuk melalui platform yang sudah ada. Dengan Halosis, juga anda akan mendapatkan fitur taking order otomatis sehingga frekuensi membalas chat konsumer anda bisa berkurang. Halosis mampu menyederhanakan proses jual beli sehingga lebih mudah bagi anda untuk merekap orderan yang masuk.

Jangan Lupakan Marketing

Marketing adalah satu bagian terpenting dalam bisnis apapun. Anda dapat gunakan FB ads, Google Ads, atau hanya sekedar bermain di sosial media seperti Instagram, jika anda tau mengelola IG dengan benar, tentu toko online anda akan berkembang. Tanpa marketing, bisnis bukanlah sebuah bisnis.

Semoga tips ini membantu semua online bisnis yang dikerjakan sampingan yaa….

Jangan lupa tag nama bisnis online mu di comment!

Leave a Reply