7 Tanda Kamu Perlu Istirahat dari Rutinitas Sekarang Juga


Halosis.co.id, JakartaSebagai seorang pengusaha, kamu memang dituntut untuk bekerja keras. Target yang sudah kamu buat, pastinya memacumu untuk berusaha sekuat tenaga. Namun terkadang, tanpa disadari, karena terlalu keras bekerja, kamu lupa untuk istirahat. Hal ini membuatmu kelelahan, dan memberikan efek negatif pada tubuh dan kesehatanmu. Kalau kamu sudah mengalami 7 tanda di bawah ini, artinya sudah saatnya kamu untuk istirahat sejenak.

1. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Merasa lelah juga bisa membuatmu sering mengantuk.
Gambar: https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/why-does-type-2-diabetes-make-you-feel-tired/

Kalau kamu merasa lelah sepanjang waktu, tanpa tahu penyebabnya, mungkin kamu butuh istirahat. Selama ini mungkin kamu terlalu banyak menghabiskan waktu bekerja, sehingga waktu tidurmu sangat kurang. Kelelahan akibat kurang tidur ini lama-lama terakumulasi hingga kamu jadi merasa lelah setiap hari.

2. Sering Pusing atau Sakit Kepala

Sering pusing adalah tanda awal kamu kurang istirahat.
Gambar:https://www.tribunnews.com/tribunners/2018/08/28/kenali-penyebab-kepala-pusing-saat-asam-lambung

Sering merasa pusing atau sakit kepala bisa jadi disebabkan kamu kurang istirahat. Kalau kamu sering mengalaminya saat sedang kerja, mungkin kamu perlu meluangkan waktu untuk tidur panjang.

3. Mengalami Gangguan Pencernaan

Stres bisa bikin kamu bolak-balik kamar mandi.
Gambar: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3327269/jangan-diabaikan-5-macam-sakit-perut-pertanda-tubuhmu-bermasalah?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

Tanda lain, kamu butuh istirahat, adalah alami gangguan pencernaan. Stres sering kali membawa dampak gangguan pencernaan. Kalau kamu mulai sering bolak-balik kamar mandi, kamu harus hati-hati. Mungkin kamu sedang mengalami stres berat, sehingga tanpa kamu sadari, pencernaanmu jadi terganggu. 

4. Merasa 24 jam dalam Satu Hari Tidaklah Cukup

Kamu butuh 30 jam dalam sehari.
Gambar: https://www.eatthis.com/mcdonalds-hours/

Hati-hati, kalau kamu mulai berpikir 24 jam satu hari tidaklah cukup. Ini adalah sebuah tanda, kalau yang ada di pikiranmu hanya kerja, kerja, dan kerja. Kamu tidak bisa menikmati waktumu selama seharian, sehingga kamu merasa 24 jam itu kurang. 

5. Kehilangan Motivasi

Yang ada di pikiranmu cuma “yang penting kelar!”
Gambar: https://medium.com/@growingforward/losing-motivation-and-3-ways-to-recharge-6ffccd51c8bd

Tanda lainnya dari kamu butuh istirahat adalah kamu kehilangan motivasi. Setiap hari, kamu merasa, yang penting pekerjaanmu selesai. Kamu tidak lagi bersemangat dan bergairah untuk melakukan usahamu. Yang kamu pikirkan hanyalah, bagaimana semua yang kamu kerjakan harus selesai secepatnya. 

6. Tidak Punya Waktu untuk Keluarga

Keluargamu mulai kehilangan sosokmu.
Gambar: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/2016/09/23/fathers-underrepresented-in-childhood-obesity-research/

Tanda lainnya adalah kamu mulai mengabaikan keluargamu. Saking sibuknya dengan aktivitasmu, kamu tidak punya waktu bersama, bahkan hanya untuk mengobrol di sore hari dengan keluargamu. Sesampainya kamu di rumah, yang kamu inginkan hanyalah tidur. 

7. Mulai Kehilangan Kehidupan Sosial

Bahkan kamu kehilangan semangat untuk hobi yang paling kamu sukai.
Gambar: https://byrslf.co/advice-to-a-lonely-boy-in-montreal-93beedcf989e

Gejala terakhir, kamu butuh istirahat, adalah kamu mulai kehilangan kehidupan sosialmu. Kamu jadi jarang keluar bersama teman-temanmu. Bahkan kamu tidak lagi menjalankan hobimu. Setiap hari kamu habiskan dengan pekerjaan atau usahamu.


Itulah dia beberapa tanda, kalau kamu harus istirahat sejenak dari segala rutinitasmu saat ini. Kehidupan usaha dan kehidupan pribadi harus dijalani dengan seimbang. Terlalu banyak bekerja juga tidak baik untukmu. Luangkanlah waktu untuk menarik diri sejenak dari segala rutinitasmu. Pakai waktu tersebut untuk recharge kembali energimu. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat #berUsaha!



1 comment

  1. 7 Cara Jitu Tingkatkan Fokus Setiap Hari – Halosis Blog

    […] pastikan kamu beristirahat yang cukup. Tubuh dan pikiran sangat butuh waktu untuk beristirahat. Kurang tidur ataupun istirahat, secara otomatis kamu akan kurang bisa fokus terhadap apa yang kamu k…. Untuk kamu yang sering begadang, cobalah kurangi porsi begadang dan perbanyak istirahat. Pecinta […]

Leave a Reply