5 Jenis Produk yang Paling Cocok Dipromosikan di Youtube

Youtube adalah situs video sharing terbesar di dunia.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=UMThQpj3Xis&t=30s

Halosis.co.id, Jakarta –  Saat ini, Youtube berada di urutan paling atas, media sosial teraktif di Indonesia. Lebih dari sekedar tempat untuk berbagi video, youtube kini menjadi sarana penyebarluasan informasi, bahkan ajang promosi. 

Tidak jarang youtuber atau vlogger menyisipkan endorsement dalam konten video di channel Youtube mereka. Endorsement dibungkus sedemikian rupa sehingga terlihat sangat natural dan tidak seperti ngiklan

Sebagai seorang pelaku usaha, kamu harus selalu up to date tentang trend di youtube dan bisa memanfaatkannya menjadi sebuah peluang. Apa saja sih produk-produk yang cocok dipromosikan melalui youtube? Simak review Halosis di bawah ini.

1. Produk Makanan

Sengaja menonton review makanan sambil makan, supaya merasa lebih berselera makan.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=bQ8YZPI4nH8

Produk pertama dan yang paling ramai dipromosikan di Youtube adalah produk makanan. Semenjak mukbang (eating show) booming di Korea Selatan, konten-konten video kuliner semakin menjamur di youtube. Banyak food vlogger yang meniru gaya video mukbang untuk mereview produk makanan. Video-video dengan gaya ini memiliki banyak banyak sekali viewers. Kebanyakan orang menonton video semacam ini sambil makan, dengan tujuan untuk menambah selera makan

Ada banyak cara untuk bisa mengendorse seorang youtuber atau food vlogger. Cara yang paling mudah, adalah dengan mengirimkan produk makanan dan meminta dibuatkan video reviewnya. Namun ada juga yang harus membayar sejumlah uang pada pemilik channel untuk mengiklankan produknya. Pemilihan channel youtube untuk bekerja sama bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

2. Produk Kecantikan Perempuan

Video tutorial makeup sangat banyak di Youtube.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=G2EDg0fCL5w

Selain makanan, produk kecantikan perempuan adalah yang paling sering dibahas di Youtube. Jumlah content creator segmentasi kecantikan juga tidak jauh berbeda dengan kuliner. Review produk-produk kecantikan untuk perempuan sangat banyak dicari di youtube. 

Sebelum membeli sebuah produk kecantikan, biasanya orang akan mencari review produknya lebih dulu di youtube. Review dari beauty vlogger saat ini menjadi salah satu opini penentu paling krusial, untuk membeli sebuah produk kecantikan. Orang-orang jauh lebih percaya pada produk yang sudah dicoba secara langsung, oleh orang lain.

3. Produk Gadget

Gadget addict pasti tontonannya juga seputar gadget.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=beYbVUc1ut4

Produk berikutnya yang juga banyak menerima perhatian dari pelaku Youtube adalah gadget. Kata “unboxing” pun awalnya populer dikalangan pecinta gadget dalam mereview sebuah gadget yang baru saja dibeli. 

Pada dasarnya, semua orang jauh lebih percaya terhadap produk yang sudah mereka lihat bekerja dengan baik di tangan orang lain. Kalau perempuan suka melihat review makeup atau skincare sebelum membeli, laki-laki pasti melihat review gadget. Apalagi gadget bukanlah produk yang bisa dibeli dengan harga murah. Jaman sekarang, tidak ada orang yang mau membeli kucing di dalam karung.

4. Jasa Tour & Travel

Kalau kamu hobi jalan-jalan, apalagi kalau gratis, mungkin kamu harus coba jadi travel vlogger.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=wF-D2ofzW4Y&t=2427s

Konten traveling juga jadi salah satu konten yang paling banyak dicari orang di youtube. Tidak heran, banyak jasa travel yang bekerjasama dengan travel vlogger untuk membuat konten jalan-jalan. Jasa tour & travel biasanya menyediakan tiket perjalanan dan travel service gratis untuk mengendorse seorang traveller

Sebagai gantinya, travel vlogger akan merekomendasikan jasa travel yang digunakan pada audience. Travel vlogger juga akan mereview service yang diberikan oleh jasa travel yang digunakan. Tak jarang, bahkan paket-paket wisata yang tersedia juga akan dipublikasikan oleh endorser

5. Produk Fashion

Bahkan sebelum beli baju, banyak orang yang cari reviewnya dulu.
Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=R6ARsIlOXRk

Produk terakhir dari daftar ini yang juga banyak dibuat di youtube adalah produk fashion. Barang-barang seperti baju, tas, sepatu, dan aksesoris (terutama untuk perempuan) ada banyak sekali di youtube. 

Trend konten video fashion yang lagi hits saat ini mengarah ke gaya unboxing atau shopping haul. Isi kontennya kurang lebih, youtuber atau fashion vlogger memberikan review untuk barang-barang yang baru saja dibeli.  


Demikian beberapa segmentasi konten yang sedang terkenal di youtube. Produk yang kamu jual masuk salah satu kategori di atas? Jangan sia-siakan kesempatan, dan cobalah beriklan di youtube. Kalau kamu belum punya budget untuk endorse youtuber, kamu bisa coba membuat channel youtube sendiri.  Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!



Leave a Reply