6 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Gratis

Halosis.co.id, Jakarta – Video adalah salah satu jenis konten andalan di media sosial. Agar konten videomu lebih menarik, sebaiknya video melalui tahap edit sebelum diunggah. Tahap edit ini berfungsi untuk memperbaiki dan menjadikan video terlihat lebih eye-catchy.

Ada banyak cara untuk mempermanis tampilan videomu dan membuatnya lebih jelas. Misalnya, dengan menambahkan beberapa teks penjelas, graphic element, atau musik latar. Kamu juga bisa membuat pencahayaan dalam videomu maksimal dengan mengedit brightness, lightness, dan shadownya.

Untuk mengedit video tersebut tentu kamu harus menggunakan aplikasi. Setiap aplikasi editor video memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar kamu bisa menentukan video editor mana yang kamu butuhkan, yuk, cek rekomendasi dari Halosis di bawah ini.


1. FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo adalah aplikasi edit video gratis yang bisa diakses baik melalui PC maupun handphone. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di playstore kalau kamu menggunakan android. Sedangkan untuk penggunaan melalui PC, kamu bisa download di sini.

Kamu bisa mengedit video dalam rasio standar yaitu 16:9, juga bisa menggunakan rasio 1:1 yang biasa digunakan untuk unggahan feed Instagram. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti penambahan teks, penambahan transisi, efek slow motion, cut and crop, serta filter. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Tersedia untuk berbagai platform, seperti android, iphone, serta PC
  • User interface yang digunakan seperti layaknya video editor profesional
  • Opsi untuk rasio video ada dalam berbagai pilihan

Namun, sayangnya ada beberapa fitur premium yang hanya bisa dibuka kalau kamu membayar. Kamu juga tidak bisa menghilangkan watermark jika menggunakan pilihan gratis.

2. Adobe Premiere Rush


Aplikasi Adobe Premiere Rush adalah aplikasi edit video untuk handphone yang terkenal dengan kecepatannya. Aplikasi ini dulunya dikenal sebagai Adobe Premiere Clip. Aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di playstore.

Salah satu yang membuat pengguna senang dengan aplikasi ini adalah karena tidak ada iklan dalam aplikasi ini. Karena, terkadang iklan yang ada dalam aplikasi mengganggu pengguna. Sehingga tak jarang pengguna jadi malas menggunakannya.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti menyatukan beberapa video dalam satu project, penambahan teks, efek transisi, filter, cut and crop, serta penambahan musik dan teks. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • User interfacenya yang ringan sehingga mudah untuk digunakan pemula
  • Ada fitur otomatisasi edit video dari beberapa video yang telah dipilih
  • Video yang sudah selesai diedit, bisa langsung dibagikan ke media sosial

Namun, untuk kamu yang ingin mengedit video secara vertikal, aplikasi ini mungkin akan cukup sulit untuk digunakan. Konsentrasi rasio editing di aplikasi ini adalah 16:9. Jadi untukmu yang ingin mengedit video untuk social media dengan rasio 1:1, aplikasi ini kurang cocok.

3. KineMaster


KineMaster adalah aplikasi edit video yang nyaman digunakan melalui handphone. Dengan berbagai fitur-fiturnya yang canggih, KineMaster jadi salah satu pilihan untuk mengedit video. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di playstore.

Aplikasi ini menyediakan opsi gratis dan berbayar. Sudah pasti, fitur-fitur yang ada pun jauh lebih lengkap jika berbayar. Meskipun begitu, opsi gratis untuk mengedit pun sudah cukup memuaskan.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini sama seperti aplikasi editor video pada umumnya, yaitu cut and paste, crop, efek, serta filter. Adapun kelebihan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Bisa mengimpor file dari berbagai media yang berbeda dengan mudah
  • Memiliki tampilan layaknya video editor profesional
  • Punya opsi chroma key untuk mengaktifkan fitur green screen, biasanya dibutuhkan untuk mengedit video gaming

Untuk kamu yang tidak mau ada watermark dalam videomu, kamu harus menggunakan pilihan yang berbayar. Kamu juga harus punya penyimpanan yang besar di handphone karena ukuran aplikasi ini terbilang cukup besar untuk aplikasi editor video android.


4. PowerDirector

Aplikasi editor video selanjutnya adalah PowerDirector. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Kamu yang terbiasa mengedit video melalui handphone, aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi untuk mengedit karena sangat mudah digunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di playstore.

Aplikasi ini gratis dan sudah banyak direkomendasikan oleh beberapa YouTuber. Tampilan fiturnya cukup umum, yaitu menggunakan sistem timeline. Jadi, kamu bisa memasukkan video, audio, serta efek sekaligus.
Fitur-fitur dalam aplikasi ini adalah penambahan teks, audio, efek, serta filter. Cut and crop juga sudah termasuk dalam fiturnya. Kelebihan dari aplikasi PowerDirector adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan lebih dari 30 filter dan efek transisi yang bisa ditambahkan pada videomu
  • Bisa membuat video green screen
  • Ada tutorial penggunaan di setiap fitur yang ada
  • Punya kemampuan video editing hingga kualitas 4K

Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, watermark dalam aplikasi ini juga hanya bisa dihilangkan jika kamu mengambil pilihan berbayar. Untuk pilihan gratis, kamu tidak bisa menggunakan beberapa fitur.


5. Viva Video

Viva Video adalah salah satu aplikasi edit video yang sangat populer bagi para pengguna android. Aplikasi ini gratis. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui playstore.

Setelah kamu mengunduh aplikasi ini, penggunaannya bisa dilakukan secara offline. Tentu ini kabar baik bagi kamu yang ingin mengedit video tanpa menyedot kuota internetmu. Jadi, kamu cukup mengunduh sekali dan kamu bisa menggunakannya meskipun sedang offline.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini juga terbilang cukup lengkap, seperti crop and cut, penambahan teks, efek, filter, juga bisa membuat efek fast dan slow motion. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Mudah digunakan untuk pemula
  • Punya lebih dari 200 filter serta stiker yang bisa digunakan
  • Punya banyak pilihan subjudul animasi

Namun, musik latar gratis dalam aplikasi ini cukup terbatas. Selain itu, watermark bawaan dari aplikasi ini juga cukup besar dan sulit dihilangkan.


6. InShot

Aplikasi selanjutnya adalah InShot. Aplikasi editor video yang menjadi andalan para pengguna media sosial Instagram pasti familiar dengan aplikasi ini. Punya tampilan yang simple jadi daya tarik untuk para pemula yang ingin mencoba mengedit video dengan cepat dan mudah.

Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh di playstore. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan saat offline. Jadi, kamu tidak usah khawatir kalau kuota habis tapi ingin tetap mengedit video. Ukuran aplikasi ini juga terbilang ringan, jadi tidak menghabiskan banyak memori handphonemu.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini ada berbagai macam, seperti crop and cut, penambahan teks, emoji, serta efek. Kamu juga bisa menambahkan musik latar untuk videomu. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Ada banyak pilihan stiker dan efek
  • Bisa membuat video dengan latar belakang blur
  • Mendukung kebutuhan posting melalui Instagram baik feed maupun story
  • Punya banyak pilihan ratio, yang disesuaikan dengan kebutuhan platform, seperti 16:9 untuk Youtube, 1:1 untuk feed Instagram, 4:5 untuk IGTV, 1:2 untuk story Instagram, 9:16 untuk TikTok, serta pilihan lainnya

Namun, aplikasi ini membutuhkan ruang memori yang cukup besar untuk menyimpan video yang sudah diedit. Untuk beberapa kondisi, ada beberapa pengaturan juga yang cukup sulit digunakan.


Nah itu dia 6 aplikasi edit video rekomendasi dari Halosis. Tapi, bukan hanya konten video saja yang bisa dimaksimalkan dengan aplikasi. Penjualanmu juga bisa dimaksimalkan dengan aplikasi lho. Selain penjualan maksimal, jualan online-mu akan lebih mudah dan praktis kalau pakai aplikasi Halosis.

Beragam fitur aplikasi Halosis, seperti chatbot, laporan penjualan, hitung ongkir otomatis, bisa bantu kamu kelola toko online-mu lebih mudah. Jualan online bisa jadi lebih cepat dan efisien dengan aplikasi Halosis.

Kamu mau jualan online dengan lebih mudah dan praktis? Yuk, daftar aplikasi Halosis di sini.

Leave a Reply